Vaksin anjing memainkan peran yang sangat penting dari faktor perlindungan anjing dari banyak sekali penyakit berbahaya hingga penyakit yang bisa dikatakan fatal. Jika kita berkaca kepada negara US bahkan hingga memberlakukan peraturan untuk mewajibkan semua anjing yang dipelihara untuk mendapatkan vaksin anjing guna melindungi anjing dan juga lindungan dari banyak penyakit menular yang berbahaya.

Pada Georgia Veterinary Associates mereka telah menghabiskan banyak sekali waktu bahkan hingga puluhan tahun untuk melakukan sosialisasi kepada manusia tentang pentingnya dari vaksin anjing, pemberian informasi yang mereka galakan termasuk dengan vaksin apa yang diperlukan dan bagaimana vaksin tersebut harus mendapatkan waktu yang tepat.

Apa itu vaksin anjing dan mengapa penting?

Vaksin dapat membantu mempersiapkan sistem kekebalan anjing guna melakukan pertahanan diri dari setiap invasi yang dilakukan oleh organisme lain pembawa penyakit. Dalam kandungannya terdapat banyak sekali zat antigen yang dapat meniru organisme penyebab penyakit dalam kekebalan imun peliharaan.

Tujuan vaksin pada anak anjing adalah untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dengan membuatnya mengenali terhadap zat antigen didalam dirinya, dengan cara ini jika ada seekor anjing yang mengalami penyakit keras sistem akan mengenali kekebalannya sehingga vaksin begitu amat penting karena bisa mencegah penularan penyakit.

Macam-Macam Vaksin Anjing

Vaksinasi sangatlah penting dan dianggap sebagai sarana pencegahan utama secara universal dalam penyebaran penyakit serius pada binatang anjing, karena penyakit tersebut juga bisa ditularkan kepada manusia dan hewan lainnya maka dari itu vaccine sangatlah penting, dan berikut adalah macam-macam vaksin anjing :

  • Canine Parvovirus
  • Canine Distemper
  • Hepatitis
  • Rabies

    Non Core vaksin meliputi
  • Bordetella
  • Canine Influenza
  • Lyme Vaksin
  • Leptospirosis

Vaksinasi rabies diwajibkan oleh negara amerika serikat pada beberapa negara bagian termasuk negara bagian GA. Dalam kasus ini pemilik harus secara rutin serta teratur melakukan vaksinasi rabies pada anjing tetapi kerangka waktu spesifik kapan anjing tersebut harus di vaccine adalah ketika mereka sudah berumur 16 Minggu dan vaksinasi rabies baik pula untuk anjing dewasa.

Dalam gambar di atas, dijelaskan waktu yang tepat untuk melaukan vaksinasi dengan tipe vaksinasi apa yang selayaknya diberikan guna mencegah keadaan tidak di inginkan, dan yang harus diperhatikan adalah selain vaksin 6-8 minggu, ada pula vaksin 10-12 minggu hingga vaksin yang harus dilakukan secara teratur dan setiap 3 tahun sekali, dan berikut adalah penjelasan timelapsenya :

  • 6-8 Minggu
    Bordatella, Leptospira, Lyme, H3N8, H3N2
  • 10-12 Minggu
    H3N8, H3N2, DHPP Shot 2, Leptospira, Lume, Rabies
  • 14-16 Minggu
    Dhpp Shot 3
  • Annually
    Bordatella, Lyme, H3N8, H3N2, Rabies
  • Setiap 3 tahun sekali
    DHPP Booster

Apakah vaksin adalah sesuatu yang opsional?

Meskipun pencegahan pada anak anjing sangat penting untuk kesehatan dan juga kesejahteraan hidup mereka serta lingkungan, tidak setiap puppies dan adult memerlukan vaksinasi karena ada faktor yang membuat anjing tidak bisa diberikan vaksin :

  1. Usia
  2. Riwayat kesehatan
  3. Lingkungan hidup
  4. Kebiasaan pergi dengan pemilik
  5. Gaya hidup dari anjing

Efek Samping dan resiko

Efek samping dan resiko terhadap metode ini adalah tidak sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan. Reaksi yang merugikan hasil dari vaksinasi anjing seringkali memang terjadi, namun seperti halnya obat atau metode pengobatan imunisasi, vaccine pada puppes akan menyebabkan beberapa efek samping minor.

Berikut adalah gejala atau efek samping dari melakukan vaksin pada binatang peliharaan anjing :

  1. Demam
  2. Kelesuan pada tubuh
  3. Menghilangkan selera untuk makan
  4. Terdapat pembengkakan pada bagian wajah dan juga kaki
  5. Gatal pada beberapa bagian tubuh
  6. Muntah disertai dengan diare
  7. Nyeri dan bengkak pada area suntik

Seperti halnya yang didapatkan manusia ketika hendak melakukan metode ini, gejala ringan pasti dengan mudah harus diabaikan karena apa yang dihasilkan dari vaccine jauh lebih besar dibandingkan manfaatnya.


Pengalaman penulis tentang vaksinasi hewan

Fikiran yang pertama kali keluar dari kepala saya ketika hendak harus melakukan vaksinasi pada hewan peliharaan adalah sebuah pertanyaan, apa vaksin ini penting? akhirnya karena saya penuh dengan pertanyaan, saya memutskan untuk mencari tahu apa dan mengapa harus saya melakukan metode ini.

Satu minggu mempelajari dari google dan juga forum, akhirnya saya mendapatkan pemahaman bahwa diluar sana banyak sekali anjing telantar yang tidak mendapatkan perhatian karena tidak memiliki pemilik harus mati dijalan karena penyakit penyakit mematikan, setelah mengetahui fakta tersebut akhirnya sayapun mendapatkan pencerahan bahwa penyakit yang dilawan oleh vaksin bukan sekedar penyakit namun sangatlah menyakitkan.

Akhirnya setelah yakin dengan metode vaksin anjing, sayapun membawa peliharaan saya ke vet, dan lalu muncul kekhawatiran kedua bahwa akan berdampak kepada anjing yang akan rewel dalam semalam pasca melakukan vaccine, akhirnya resiko tersbutpun saya lawan dan pada malam harinya walau ia sedikit mengalami demam tapi syukurnya keesokan hari tubuhnya sudah kembali normal, dan semenjak itu saya sangat percaya dengan vaccine karena kesehatan hewan peliharaanpun juga kian tumbuh dan kuat.