Sakit mata pada kucing biasanya ditandai dari kelopak yang selalu mengeluarkan air, atau intensitas kedipan yang sering dan jauh lebih banyak dari biasanya serta kucing terasa lemas dengan warna mata yang berubah warna. Jika kalian melihat bahwa peliharaan kalian mengalami beberapa ciri diatas, kamu sepertinya harus sedikit lebih waspada karena yang tadi disebut merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri dan virus yang menyerang bagian mata.

Penyebab Infeksi Mata pada Kucing

Sebenarnya banyak sekali penyebab yang bisa mempengaruhi kesehatan dari mata kucing, salah satu yang paling sering adalah disebabkan oleh infeksi. Setiap kucing yang mengalami penyakit pada matanya, dapat menularkan penyakit tersebut kepada kucing lain yang sehat hanya dengan melakukan kontak mata, oleh karena itu jangan bawa kucing yang sedang sakit keantara kumpulan kucing lain ya karena bisa menyebabkan wabah.

Pada kucing yang umurnya jauh dibawah kucing dewasa, bakteri dan juga virus biasanya disebabkan oleh Chlamydia dan juga Mycoplasma serta Herpervirus tipe 1, namun sering juga virus seperti calicivirus menjadi penyebab dari sakit mata pada kucing. Kucing muda atau kitten lebih mudah terserang virus-virus diatas karena kucing muda belum memiliki kekebalan tubuh yang sekuat dengan kucing dewasa.

Kucing yang umurnya sudah di atas 3 tahun, mereka cenderung memiliki kesehatan yang lebih kuat dan juga stabil, jadi ketika tiba tiba kamu lihat terjadi infeksi pada matanya yang secara tiba tiba, bisa jadi disebabkan oleh penakit autoimun, virus sistemin, FeLV, FIV. Beda umur beda virus yang menyebabkan inveksi, sehingga penanganan terbaik harus dilakukan oleh dokter yang sebelumnya telah melakukan diagnosa.

Ciri-Ciri Sakit mata pada kucing

Sebagai pemilik seharusnya kamu hafal dengan ciri-ciri sakit mata pada kucing guna mengetahui langkah tindakan antisipasi yang tepat tanpa panik, berikut adalah ciri-cirinya :

  • Bagian putih mata yang memerah
  • Sering mengedipkan mata
  • Terdapat tonjolan pada mata
  • Mengedipkan mata terasa sakit
  • Menjadi lemas dan enggan untuk banyak bergerak
  • Mata yang berair

Selain ciri-ciri diatas, ada tanda klinis lain yang bisa mengindikasikan bahwa kucing kamu sedang mengalami sakit mata, biasanya tanda klinis lain tersebut meliputi infeksi saluran pernafasan atas, sering bersin, Cairan yang keluar dari hidung. Walaupun terkesan jauh dengan penyakit mata, nyatanya gangguan pada pernafasan sangat berpengaruh dengan kesehatan mata karena mereka memiliki rongga yang sama sehingga saling terkait.

Diagnosis Infeksi Mata kucing Oleh Dokter Hewan

Jika kamu ingin mendapatkan hasil diagnosa yang sangat akurat sebaiknya kamu mengunjungi dokter hewan, karena dengan adanya alat penunjang, diagnosa akan semakin tepat dan cepat, biasanya dokter hewan akan melakukan evaluasi pada mata untuk melihat apakah ada trauma atau virus didalamnya, lalu yang biasanya dilakukan adalah mencari tanda-tanda sistemik pada infeksi saluran pernafasan atas, dan yang terakhir adalah dengan mengevaluasi keseluruhan struktur mata.

Dokter hewan akan menggunakan swab kecil yang dipakai guna mengikis sel darah dari daerah yang terkena peradangan, jika hasil semua dirasa baik namun gejala yang ditimbulkan ada dan terasa, biasanya dokter hewan akan memberikan rekomendasi untuk melakukan cek pemeriksaan darah.

Prognisis sakit mata pada kucing

Prognisis untuk infeksi bisa dikatakan merupakan tindakan yang sangat baik, infeksi bakteri biasanya melakukan respon dengan pengobatan yang cepat, sehingga ketika prognisis dilakukan dengan sangat benar, bisa secara cepat mengobati penyakit pada kucing.

Jika infeksi yang dilakukan oleh beberapa masalah sekundner seperti FIV, Neoplasma, Cacat anatomi biasanya dokter akan merekomendasikan prognisis dalam waktu yang cukup panjang, namun kamu tidak perlu khawatir, karena ketika seluruh prosesnya selesai, kamu akan mendapatkan kucing yang sehat seperti semula kala.

Perawatan yang bisa kamu lakukan

Sakit mata pada kucing bisa diobati dengan pemberian antibiotik dalam porsi yang pas dan sesuai, biasanya ketika kamu dari dokter hewan, dokter akan bentuk salep, Walaupun biasanya sakit mata pada kucing bisa sembuh sendiri, tapi untuk kesehatan dan pencegahan penyakit yang lebih serius, baiknya pemberian antibiotik dan membawanya ke vet tetap harus dilakukan

sakit mata pada kucing