Penyebab kucing mencret seringkali disebabkan oleh hal-hal kecil, bisa karena mereka memakan makanan yang tidak seharusnya, bisa juga karena lingkungan yang kotor sehingga perutnya menjadi tidak bersih, namun bisa juga karena kucing menjilat bulunya sendiri dan tanpa disengaja bulunya menyentuh zat kimia seperti yang terkandung dalam kapur, sabun atau semacamnya.

Kapan kucing yang mengalami diare perlu dibawa ke dokter hewan?

Sebelum kamu memutuskan untuk membawanya ke dokter hewan, kami menyarankan kamu untuk melakukan pengkajian sebelumnya, apakah dalam keadaan yang parah atau dalam keadan yang biasa saja, memang boleh jika kamu ingin melakukan perawatan dirumah saja karena sepertinya diare bukan hal yang serius, namun sekali lagi, penyebab kucing mencret itu banyak sekali sehingga ditakutkan kucingmu mengalami keracunan atau peradangan bagian dalam sehingga membutuhkan dokter hewan sebagai penanganan.

Berikut adalah situasi serius diare pada kucing yang butuh penanganan dokter hewan :

  1. Kucing masih sangat muda
  2. Kucingmu sudah sangat tua
  3. Diare yang dibarengi dengan muntah
  4. Diare yang dibarengi dengan lesu dan kesakitan pada area tertentu
  5. Frekuensi diare yang sangat sering
  6. Mencret yang di barengi dengan darah atau cairan gelap

Ketika kucing kamu mengalami tanda diatas, kami menyarankan untuk segera membawanya ke dokter secepat mungkin, karena yang kami sebutkan di atas sudah termasuk keadaan serius yang membutuhkan penanganan,terlebih jika diare yang dihasilkan dibarengi dengan gejala lain seperti muntah dan lesu, karena itu menjadi salah satu tanpa penyakit lain sehingga bisa dikatakan cukup parah.

Penyebab kucing Mencret :

  1. Makanan Kucing yang tidak cocok
  2. Kucing kurang serat
  3. Kucing mengalami keracunan
  4. Terjatuh dari ketinggian sehingga mengalami kerusakan bagian dalam
  5. Kurang minum atau dehidrasi
  6. Kucing mengalami Stress

Penyebab diatas merupakan penyebab yang paling sering ditemui oleh vet ketika hendak memeriksa keadaan kucing, jadi dari 5 penyebab diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa kucing sangat sensitif dari masalah pencernaannya, mereka tidak bisa merespon sesuatu yang sifatnya perubahan cepat dan juga membutuhkan asupan serat yang cukup sehingga kami menyarankan untuk kamu memberikan makanan kucing yang memiliki serat didalamnya, kamu juga harus selalu memberikan air minum disebelah cat bowl terlebih makanan yang kamu berikan adalah makanan kering.

Cara mengobati kucing diare

Dari ke-enam penyebab kucing mencret sebenarnya masing masing dari point diatas ada cara penangannya sendiri, sehingga ketika saat itu terjadi kamu bisa melakukan hal ini agar dapat mengobati dengan cepat tanpa harus membawanya ke vet, namun jangan pernah diamkan keadaan diare karena sangat bisa berakibat fatal, atau jika kamu sudah mengikuti saran dibawah ini namun tidak berhasil silahkan bawa hewan kesayangan kamu itu ke dokter hewan guna mendapatkan penanganan medis sehingga bisa cepat pulih.

  1. Ganti Makanan kucing kamu
    Ketika diare dari si kucing kamu rasa sudah diluar dari waktu wajar, hal pertama yang kamu bisa lakukan adalah dengan mengganti makanan kucingnya dengan makanan kucing lain, terlebih kalau kamu baru saja mengganti makanannya, bisa jadi besar diare disebabkan oleh hal tersebut. Diare yang berlangsung lama bisa membuat infeksi usus dan juga lipidosis hati, sehingga kamu harus sangat memperhatikan makanannya.
  2. Memberinya serat tambahan
    Serat sangatlah mudah dicerna dalam pencernaan, jika kucingmu mengalami diare namun
  3. secara bersamaan juga mengeluarkan banyak kotoran, diet serat patutlah di coba karena ini sangat baik guna melancarkan apa yang ada didalam perut kucing, kamu tidak perlu mencari serat mentah, kamu bisa melihat label makanan kucing dan cari yang mengandung tulisan serat di atas 3 persen, karena diatas 3 persen itu sudah sangat cukup bagi kucing untuk ukuran 1000 mg
  4. Beri Asupan Elektrolit
    Kucing yang mengalami diare sangat perlu mengonsumsi air yang bisa mencegah dehidrasi, biarkan mangkuknya penuh terisi dengan air segar dan untuk memberinya elektrolit kamu bisa menambahkannya kaldu ayam atau sapi, makanan kaleng juga memiliki banyak elektrolit untuk kesehatan usus kucing jadi kamu bisa menggunakannya untuk sementara waktu.
  5. Probiotik
    Populasi bakteri yang sehat dalam saluran usus kucing juga diperlukan guna membuat pencernaan menjadi normal kembali, obat yang bisa dipakai oleh kucing adalah suplemen yang mengandung probiotik karena elemen ini bisa mengembalikan populasi bakteri dalam usus kedalam kadar yang lebih normal.
  6. Obat Anti-Diare
    Sebagai besar obat anti-diare yang dikhususkan untuk kucing dibuat tanpa penawasan dokter hewan, ini sebenarnya cukup berbahaya, namun kamu bisa memberinya obat kaolin-pektin karena ini adalah obat yang direkomendasikan dokter hewan saya dengan catatan ini adalah obat yang paling aman, kamu bisa memberinya 1 sendok teh per 5 pound berat badan kucing.

Setelah kamu sudah melakukan semua cara guna menghentikan diare atau kamu sudah melakukan pencegahan terhadap penyebab kucing mencret namun semuanya tidak berhasil kami sangat menyarankan untuk kamu membawanya ke dokter hewan karena kami khawatirkan penyakit datang dari hal yang lebih serius.

6 Penyebab kucing mencret

Video Penyebab Kucing mencret