Penyebab kucing makan anaknya – Sebagian besar dari induk kucing akan merawat kitten dan menjaganya dengan sepenuh hati, sehingga kitten mereka dapat tumbuh dengan cara yang benar sehingga kitten bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik, namun sebagian lagi malah menelantarkan anak kucingnya serta pada sebagian kasus malah memakan anaknya. Dalam artikel ini kami aka lebih membahas kepada kucing yang memakan anaknya serta membahasnya hingga detail, lalu apa saja penyebab kucing makan anaknya?

Perilaku kucing yang seperti diatas tidak ada kaitannya sama sekali dengan pemilk, ini sudah menjadi siklus alami, namun walaupun siklus alami, kamu tetap bisa memahami alasannya dan tentunya juga bisa mengambil beberapa langkah untuk mencegahnya.

5 Alasan Penyebab Ibu Kucing makan anaknya

  • Stillborn
  • Birth Defects
  • Mercy
  • Threatened
  • Mainourished

1. Stillborn Kittens

Stillborn adalah keadaan dimana anak kucing yang terlahir keluar dengan keadaan mati, pada prinsip alami ketika ibu kucing memakan anaknya karena anak yang keluar mati adalah karena ketika ia memakannya, akan memberikan nutrisi yang bisa ia pakai untuk anak lainnya yang masih hidup melalui asi.

2. Cacat Lahir

Ini adalah alasan yang seringkali terjadi bagi seorang ibu kucing memakan anaknya, namun walaupun ini adalah alasan utama, tidak semua ibu dari kucing melakukan ini karena sebagiannya akan membiarkan anak kucing tumbuh dan berkembang meskipun hampir bisa dipastikan bahwa ia tidak akan mengurusnya, walaupun hingga urutan nomer 2 mencerminkan bahwa ibu kucing hanya ingin mengurus anak yang baik-baik saja bukan berarti kucing bukan penyayang ya guys, ini adalah naluri alamiah.

3. Karena Takut

Alasan belas kasihan adalah hal yang paling mudah untuk dicegah, induk kucing pada dasarnya akan memakan anak-anak mereka ketika mereka meyakini bahwa ada banyak pemangsa diluar sana, jadi pastikan bahwa ketika kamu memelihara kucing yang sedang hamil untuk selalu memastikan bahwa mereka selalu dalam keadaan aman karena ketika mereka merasa tidak aman, bisa saja ibu kucing memakan anaknya bisa terjadi.

Untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi aman, kamu bisa menyiapkan tempat untuknya yang hangat dan jauh dari kebisingan.

4. Ancaman

Ketika ia akan melahirkan sebaiknya kamu membatasi hewan lain melewati tempat tinggalnya, termasuk peliharaan lain yang juga sebenarnya sudah akrab dengan mereka karena ketika kucing sedang melahirkan, ia menjadi sensitif dan banyal hal bisa saja menjadi ancaman, Ketika anak kucing sudah tidak disusui lagi, ini adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan dengan peliharaan lain, karena umur sapih adalah usia yang tepat karena mereka sudah tidak mungkin dimakan induknya.

5. Kurang Gizi

Ibu yang memiliki kondisi kurang baik pada dasarnya akan melahirkan anak dengan gizi yang juga kurang baik, sehingga kamu harus memberikannya suplemen jika dirasa memang dibutuhkan, dampak panjangnya ketika ibu kurang gizi adalah mereka bisa saja melakukan penolakan terhadap anak yang dilahirkan sehingga induknya bisa memakan anaknya, jadi memastikan bahwa nutrisi dan gizi dari ibu kucing selalu terpenuhi juga sangatlah penting.

Perilaku yang wajar dilakukan oleh ibu kucing

  • Melakukan perpindahan lokasi anak dengan cara menggigit
  • Rejection
  • Mengabaikan kucing
  • Agresif terhadap sekitar

Akankah wajar ibu kucing makan anaknya?

Jika kamu masih bertanya tentang hal di atas, jawabannya adalah iya, karena ada saat dan keadaan yang mengharuskan induk kucing memakan anaknya, walaupun ini terlihat sangat mengerikan, ada banyak alasan yang sebelumnya sudah dikelaskan diatas, intinya prioritas alam hewan tampaknya adalah bahwa si ibu tidak bisa mengorbankan keselamatan dan kesehatannya sendiri.

Meskipun ini tampak sangat mengkhawatirkan dan menjengkelkan, ini sangat jarang terjadi namun ketika ini terjadi dimohon untuk tidak panik dan bisa cek 5 poin di atas. Seekor induk kucing lebih cenderung untuk meninggalkan dan memindahkan anaknya daripada memakannya, ini juga kemungkinan besar terjadi ada kucing liar yang kekurangan makanan.

Apakah kucing lelaki akan memakan kittens juga?

Ini adalah kasus yang sangat jarang meskipun ada yang terjadi, dan hanya akan terjadi pada keadaan yang sangatlah ekstrem, berikut adalah alasannya :

  1. Seekor kucing jantan tanpa naluri keibuan melihat bahwa kitten tersebut adalah mangsa
  2. Kucing jangan liar bisa memakan anak kucing karena metode pengendalian jumlah kelompok
  3. Kucing jantan dapat menunjukan perilaku untuk terlihat dominan
  4. Saat menyusui kucing betina tidak mau kawin, sehingga anaknya dimakan

Kesimpulan

Kesimpulan yang kami berikan dalam kasus ini adalah, sudah sangat lazim dan wajar bahwa seekor ibu kucing makan anaknya, karena memang ada alasan alamiah dibalik itu, sebagai pemilik kamu tidak bisa mengendalikan sepenuhnya, namun kamu bisa mencegahnya dengan membaca 5 point diatas.

Terimakasih,

Altarra.