Aquarium air tawar – Memelihara ikan di rumah merupakan salah satu hal yang menarik dan unik untuk dilakukan oleh setiap orang. Terlebih cara memelihara ikan menjadi hal yang terbilang cukup mudah dan simpel jika dibandingkan dengan memelihara binatang peliharaan lainnya, mulai dari pemberian makan hingga perawatan. Berbicara mengenai memelihara ikan, maka kurang tepat rasanya jika tanpa membicarakan aquarium, dan salah satu aquarium yang bisa digunakan adalah aquarium air tawar.

Banyak jenis aquarium yang dijual di pasaran, mulai dari harga yang murah hingga yang mahal. Tergantung ukuran dan jenis atau desain dari aquarium tersebut. Namun tidak jarang juga yang akhirnya memilih membuat aquarium sendiri. Membuat aquarium sendiri memang dapat dikatakan mudah jika Anda tahu bagaimana cara dan proses yang benar, berikut ini beberapa langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Pembuatan Aquarium Air Tawar

1. Pembersihan

Pastikan terlebih dahulu aquarium air tawar yang Anda buat tersebut bersih dan tidak memiliki lubang sama sekali. Ini merupakan antisipasi sejak awal sebelum pada akhirnya aquarium tidak mengalami kebocoran. Pastikan Anda menelitinya dari setiap sudut yang bisa Anda lihat, sebelumnya juga pastikan bersihkan setiap sudut aquarium tersebut agar benar-benar tidak ada kotoran sedikitpun, sebab aquarium merupakan benda yang akan dipajang di salah satu sudut rumah yang akan menambah keindahan tersendiri.

2. Masukkan air tawar,

Tahap kedua dari proses pembuatan aquarium adalah dengan memasukkan air tawar pada aquarium tersebut. Pastikan aquarium benar-benar bersih dan tuangkan air tawar secukupnya. Selain itu Anda juga harus memastikan penataan beberapa barang benar-benar tertata dengan rapi. Ini akan berpengaruh pada tampilan aquarium apakah terlihat indah atau tidak. Proportionalities pun diperlukan dalam hal ini.

3. Masukkan pasir dan bebatuan

Setelah aquarium diisi air bersih maka tahap selanjutnya adalah memasukkan bebatuan serta pasir. Usahakan perhatikan detail peletakan yang tepat misalnya saja dengan teknik semakin ke atas semakin besar sehingga akan terlihat keindahannya. Namun Anda juga dapat memastikan bahwa teknik lain pun dapat disesuaikan berdasarkan kriteria atau selera Anda.

4. Masukkan tanaman

Jika pasir dan beberapa bebatuan telah Anda masukkan ke dalam aquarium maka proses selanjutnya adalah penanaman pohon-pohon pada pasir tersebut. Pilihlah beberapa jenis tanaman yang mungkin sesuai selera Anda. Letakkan di beberapa sudut yang menurut Anda tepat.

Jangan sampai terlalu penuh atau mungkin terlalu kosong, sebab ini akan mengurangi tingkat proportionalities peletakan dan tidak akan nampak indah. Anda dapat mencari tutorial atau beberapa tips peletakan tanaman yang baik pada sebuah aquarium sehingga dapat memastikan aquarium terlihat dengan indah.

5. Isi air bersih

Inilah tahap terakhir dari pembuatan aquarium air tawar yakni memasukkan air bersih. Pastikan Anda meletakkannya dengan cara yang benar, jangan sampai terburu-buru sehingga menyebabkan air menjadi keruh, bila perlu gunakan alat bantu tertentu yang dapat meletakkan air bersih dengan cara yang tepat.

Sebab jika Anda salah meletakkannya maka tidak hanya akan berdampak pada keruh nya air yang ada dalam aquarium namun juga akan mengakibatkan beberapa komponen yang ada pada aquarium tersebut menjadi rusak berantakan. Ini membutuhkan proses ketelatenan yang tepat sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang baik dalam membuat aquarium yang indah.

Pastikan beberapa langkah tersebut Anda ikuti dengan benar dan berurutan serta Anda juga dapat mencari beberapa referensi atau bahan lainnya terkait pembuatan aquarium yang menarik.


Keuntungan membuat Aquarium Sendiri

Nah, kalau kamu membuat Aquarium sendiri memang effortnya cukup besar, namun dibandingkan dengan effortnya, ternyata juga banyak sekali loh keuntungan yang bisa didapatkan, mau tau apa keuntungannya?? berikut ya :

1. Bisa Sesuaikan Model dengan keinginan

Nah ini dia yang gabisa didapatkan ketika kamu membeli yang sudah jadi, yes! dengan kamu membuat sendiri, berarti kamu akan melakukan perakitan dari awal, ketika perakitan dikerjakan dari awal, tandanya kamu bebas berekspresi tentang bagaimana nantinya Aquarium ini akan jadi, untuk dijadikan bahan rekomendasi, di akhir dari artikel ini kami sudah siapkan ya guys contoh contohnya.

2. Lebih murah pake banget!

Keuntungan yang kedua ketika kamu ingin membuat aquarium sendiri adalah harganya yang akan lebih murah, kamu bahkan bisa mendapatkan 2 aquarium sekaligus dengan modal hanya 600rb loh, kenapa murah? ya jelas karena semuanya kamu lakukan sendiri, jadi walaupun ada lelah, yang penting murah hehhee.

3. Ukurannya bisa macam-macam, bisa disesuaikan dengan ruanganmu

Setiap rumah pastinya memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda, nah ini terkadang menjadi masalah baru ketika kamu hendak ingin menaruh aquarium air tawar dirumah, kenapa? karena umumnya ketika kamu membeli, bentuk yang disandingkan hanya berbentuk persegi panjang, ini seringkali mala menjadi blunder untukmu.

Dengan membuat aquarium sendiri, kamu bisa menyesuaikan bentuk dan ukuran dengan apa yang dibutuhkan oleh rumahmu, jadi tidak ada lagi sisi-sisi yang tidak sesuai, seperti yang kita ketahui seringnya penempatan aquarium didalam rumah untuk kegunaan estetika interior, nah ketika ukurannya malah tidak sesuai dengan bentuk ruangan apa akan tetap menjadi estetika?

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa didapatkan adalah semua harus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhanmu, paling simple adalah kalau kamu ada banyak uang, kamu bisa langsung membeli dengan kriteria custom sehingga bentuknya bisa sesuai ruangan dan juga pastinya akan sesuai dengan keinginan.

Jika ternyata uangmu terbatas, saran kami jika memang kebutuhannya mengharuskan untuk memakai aquarium yang bentuknya berkelok, jangan memaksakan untuk membeli yang persegi panjang, karena akan hanya mengurangi estetika rumah saja dan baiknya kamu membuatnya sendiri karena lebih murah dan hasilnya bisa sesuai dengan keinginan.

Video Cara membuat Aquascape / Aquarium Air Tawar