Seperti yang kita ketahui sebagai pemilik dari Kucing, hewan ini termasuk dalam hewan yang bersih, itu sebabnya kehadiran Litter Box kucing atau kotak kotoran sangatlah krusial dan menjadi aspek yang harus di punyai sebelum kamu memutuskan untuk mengadopsi hewan ini.

Indra penciuman kucing 14 kali lebih kuat daripada indra kita, itu membuatnya akan mudah menemukan dimana Litter box mereka berada, dan juga akan memastikan bahwa kucing kamu nantinya tidak akan buang air di sembarangan tempat.

Lokasi Penyimpanan Litter Box Kucing itu Penting

Lokasi sangat penting disini, penempatan kotak kotoran haru di letakan di area yang tenang, jangan kamu letakan di depan kompor atau depan kipas anjing yang masing masingnya memiliki suara dan sering di lalui oleh orang orang.

Dapat di ketahui dengan seksama bahwa anak kucing dan kucing yang sudah sangat berumur pastinya akan mengalami kesulitan dalam memanjat anak tangga, jadi ketika kamu akan menyimpan Litter Box Kucing, pastikan juga bahwa lokasi tersebut dapat ia jangkau dengan mudah.

Idealnya, harus ada minimal satu kotak kotoran di setiap rumahnya, akan lebih baik jika satu kotak kotoran di khususkan untuk satu kucing saja, Litter box kucing harus di bersihkan setidaknya dua kali dalam sehari, ketika membersihkan kami menyarankan untuk membuang semua pasir yang ada dengan pasir yang baru.

Alasan Mengapa kamu harus memakai pasir di dalam Litter Box Kucing

  • Pasir memiliki struktur untuk meniru kondisi yang mereka gunakan untuk melakukan buang air ketika berada di alam liar. Karena itu ini sangat berguna, apalagi ketika kamu hendak mengadopsi kucing Kampung, jadi kamu bisa memberikan pengalaman yang hampir sama kepada mereka.
  • Pasir memiliki harga yang tidak terlalu mahal di bandingkan alat lain untuk mengisi kotak kotoran
  • Pasir memiliki banyak varian, bahkan kamu bisa menemukan pasir yang memiliki aroma sangat manis
  • Pasir ada yang di lengkapi dengan struktur anti terhadap air, sehingga ia akan mengumpalkan kotoran kucing sehingga tidak akan berbau dan mudah untuk di bersihkan
  • Akan membuat kucing kamu tetap sehat karena virus tokso datang dari kotoran yang jorok

Ketika hendak mengisi Litter Box kucing, isilah kotak tersebut dengan ukuran sekitar 2-3 inci terlebih dahulu, jangan terlalu banyak karena akan menghilangkan landasan untuk cakaran dari hewan ini.

Hal terpenting adalah dengan selalu membersihkan Kotak kotoran sesegera mungkin sebelum penuh terisi, tindakan yang cepat akan mendapatkan banyak sekali manfaat seperti terhindar dari bau, terhindar dari penyakit dan juga lebih mudah di bersihkan karena tidak ada sesuatu yang menumpuk.

4 Bahan pengganti pasir yang bisa di buat dirumah

  1. Koran yang di hancurkan hingga kecil, koran bisa di jadikan solusi untuk pengganti pasir kucing karena koran merupakan salah satu bahan yang paling mudah untuk digunakan dalam kotak kotoran, tidak memiliki efek samping dan mudah untuk dibuat.
  2. Gunakan Serutakan kayu, jika kamu memiliki banyak serutan kayu, kamu bisa menggantinya dengan pasir guna meminimalisir pengeluaran
  3. Gunakan bebatuan kecil juga bisa di gunakan, alasannya adalah karena mudah di dapat dan harganya murah, namun yang perlu di perhatikan adalah selalu mencucinya sebelum memakainya.
  4. Pasir zeolit bisa di jadikan pengganti pasir aroma karena memiliki struktur yang sama seperti pasir aroma namun harganya jauh lebih murah

Cara melatih kucing menggunakan Litter Box

Setelah para cat lovers mengetahui lokasi terbaik guna menempatkan litterbox, pasir yang tepat untuk ditaruh dilitterbox, pada section kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara melatih yang benar agar sang kucing mau buang air di Litter box dengan terbiasa, karena sebenar apapun kamu menaruh alat ini dan sebagus apapun pasir yang digunakan ketika si meong tidak mau menggunakannya, alat ini akan tetap tidak berguna.

Berikut adalah cara yang kamu bisa prakterkan dirumah :

  1. Catat jam berapa kucingmu biasa buang air
  2. Berikan makan 1 jam sebelum jam kebiasaan mereka buang air
  3. Dijam mereka biasa buang air kamu sebaiknya memperhatikan gerak gerik dari si meong
  4. Ketika melihat mereka hendak ingin buang air, langsung gendong mereka dan bawa ke litter box
  5. Lakukan point nomer 4 secara berulang dan ketika mereka selesai buang air, jangan lupa beri hadiah
  6. Ketika mereka sedang membangkang segeralah semprotkan atau cipratkan air untuk efek jera.

Hal diatas merupakan cara yang terbaik yang pernah saya lakukan, dengan cara ini kamu akan mampu memberikan pelajaran kepada kucing tanpa merasa menekan mereka secara personal sehingga para meong ini akan dengan senang hati mengikuti permintaan dan pembelajaran yang kita berikan.

Dalam beberapa kasus mungkin kamu akan lebih sulit untuk mengatur kucingmu agar bisa dengan rutin melakukan buang air di litter box, tapi dengan kesabaran dari sang pemilik, saya pribadi yakin semua kucing akan bisa di didik seperti halnya manusia, jadi jangan pernah putus asa dan selalu semangat ya cat lovers, semoga artikel dan cara yang kami tampilkan bisa membantu.

Kesimpulan

Kesimpulan dari Artikel Liter Box kucing adalah, kamu harus memiliki setidaknya satu Litter Box untuk satu rumah, akan lebih baik jika satu kotak kotoran untuk satu kucing sehingga akan lebih bersih dan mudah di bersihkan. Kamu setidaknya harus membersihkan minimal 2 kali dalam sehari, karena jika tidak akan ada tumbukan kotoran yang bisa membuat ia enggan untuk buang air, dan juga akan berdampak kepada susahnya kotak kotoran untuk di bersihkan.

Jika kamu tidak memiliki biaya lebih untuk memakai pasir dalam Litter box kucing, kamu bisa menggantinya dengan beberapa bahan yang kami sudah jelaskan di atas, jadi harga bukanlah alasan untuk kebersihan, sedangkan niat dan usaha yang menjadi alasan tersebut.