Obat Flu Kucing – Kucing adalah hewan yang memiliki kelemahan kesehatan pada bagian hidung dan juga pencernaannya, oleh karna itu tak ayal bahwa binatang satu ini sangat rentan untuk terkena penyakit seperti flu, diare atau ganggung pada ususnya. Sebagai pemilik sebaiknya kamu mengetahui penanganan yang paling terbaik agar kedepannya ketika peliharaanmu mengalami kasus serupa, kamu sudah tau cara mengantisipasinya.

Flu Pada kucing memiliki dampak yang sama seperti flu pada manusia dimana akan menyebabkan hidung mengeluarkan air hingga sakit tenggorokan, pada sebagian kasus bahkan flu kucing dapat menyebabkan nyeri pada sendi dan demam.

Jika kucingmu kucing dewasa, seharusnya kamu tidak harus mengambil pusing karena kucing dewasa punya zat alami yang mampu melawan virus flu itu tersebut, namun ketika dirasa sakitnya sudah cukup parah penanganan pertamanya adalah dengan memberinya obat flu kucing atau membawanya ke dokter.

Dibawah ini kami memberikan 2 Rekomendasi obat flu kucing yang bisa kamu pakai sebagai pengobatan ketika flu menghampiri hewan peliharaanmu, pastikan penggunaan obatnya sesuai dosis yang tertera dibelakang bungkus ya guys, karena pemberian obat yang berlebih merupakan langkah yang juga kurang baik karena bisa menyebabkan masalah baru.

1. Coldy Obat Flu Kucing

Yang satu ini namanya Coldy, harganya cukup murah sekitar 20rbaan di marketplace online, coldy ini bisa dikatakan merupakan obat yang cukup laris untuk menangani flu, coldy sendiri sebenarnya adalah antibiotik yang porsinya disesuaikan untuk kucing sehingga sangat aman untuk di konsumsi.

Pemakaian dari Coldy sendiri tidak boleh over dosis, berikut adalah dosis yang dianjurkan :

  • Kucing dewasa kamu memerlukan 8 Hingga 12 Tetes Sehari
  • Kucing berukuran sedang <1 Tahun kamu memerlukan 6 Hingga 8 Tetes sehari
  • Dan untuk kitten kamu hanya memerlukan 4 Hingga 6 tetes seharinya

Jika diberikan dengan benar dan nafsu makan dari hewan peliharaanmu masih ada, seharusnya peliharaanmu bisa pulih dalam waktu kurang dari 1 minggu.

2. Stop Flu

Obat yang kedua dari namanya saja sudah jelas terpampang yaitu “Stop Flu” dengan gambar kucing ditengahnya, Obat Stop Flu merupakan alternatif ketika kamu sulit menemukan obat merk Coldy, kandungan dari obat satu ini sebenarnya sama saja seperti coldy, yang membedakan adalah produsennya.

Kandungan yang dipakai untuk membuat Stop Flu terbuat dari antibiotik dan beberapa vitamin kucing sehingga juga bisa dipakai untuk meningkatkan nafsu makan dari hewan peliharaanmu.

Harga dari obat satu ini juga cukup murah, harnya dibawah 30rb dan ada efek vitaminnya sehingga sangat worth lah guna menyembuhkan kucingmu yang sedang sakit atau untuk meningkatkan nafsu makan yang kadang juga menimpa hewan berbulu satu ini.


Setelah mengetahui obat yang sekiranya pas, langkah selanjutnya yang harus kamu pelajari adalah mencari tahu, penyebab-penyebab apa saja yang bisa menyebabkan kesehatan dari kucingmu bisa terganggu.

Penyebab Flu pada Kucing

Penyebab penyakit ini bisa menginfeksi kucing ada sangat banyak sebabnya, berikut adalah Listnya :

  • Dimandikan namun tidak dikeringkan
  • Kurangnya minum
  • Lingkungan yang kotor
  • Makanan kucing yang tidak sehat
  • Suhu ruangan yang tidak sesuai

Selain dari beberapa penyebab diatas, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh virus-virus tertentu, dan berikut adalah virusnya :

FHV Virus, FHV virus dapat menyebabkan penyakit yang juga mengancam jiwa dari peliharaanmu, mereka dapat menyebabkan komplikasi secara jangka panjang, memberikan dampak yang buruh terhadap penglihatan yang ciri-cirinya serupa dengan Flu.

FCV Virus ini adalah virus yang seringkali menjadi faktor utama kenapa kucing terkena Flu, gejalanya biasanya dimulai dari suhu yang meningkat, ketika terkena FCV kamu bisa memberikan obat coldy dan stop flu karena memang kedua obat tersebut sangat cocok untuk menangkal virus FCV.

Chlamydophola merupakan penyebab flu lainnya, gejala ketika terkena virus chlamydophola adalah mata yang memereah, kurangnya nafsu makan dan juga seringkali menyebabkan nafsu makan yang menurun.

Penanganan tanpa menggunakan Obat

Obat Flu Kucing memang memberikan dampaknya tersendiri, dan terkadang dampak tersebut yang dijadikan alasan bagi para pemilik untuk tidak memberikan obat kepada hewan kesayannya, namun namanya sakit harus tetap mendapatkan penanganan walaupun tanpa obat, berikut kami sudah merangkum beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai penanganan flu pada binatang satu ini.

  • Menjaga si kucing untuk selalu bersikap tenang dan nyaman dengan lingkungan, pastikan pula mereka mendapatkan akses yang cepat ke litter box dan makanan kucing.
  • Tempat tidur yang baik juga merupakan faktor guna meningkatkan imun.
  • Meminimalkan stress, untuk panduan stress pada kucing klik disini : Link Stress pada kucing
  • Membersihkan mata juga merupakan salah satu pengobatan alami bagi flu.
  • Ketika sudah tersebumat, bawa mereka ke tempat yang beruap.
  • Memberikan makanan kucing dengan kualitas baik.
  • Selalu dipastikan agar air minumnya terjaga dengan sempurna
  • Menggunakan antibiotik alami seperti catnip
  • Berikan vitamin kucing

Kesimpulan :

Kesimpulan dari kami adalah pencegahan juga sama pentingnya seperti pengobatan sehingga kamu harus secara konsisten memastikan bahwa lingkungannya selalu bersih dan kucingmu mendapatkan akses yang cepat terhadap makanan atau litterboxnya.

Ketika memang dihadapkan bahwa kucingmu sudah terkena penyakit, kamu bisa membawanya ke dokter hewan atau memberikannya 2 obat di atas, jika dikira masih belum ampuh jangan ragu untuk segera membawanya ke dokter hewan ya guys.

Yang terakhir harus kamu lakukan adalah untuk selalu memberikan makanan berkualitas sebagai alat memperkuat imun yang mereka miliki.