Sebenarnya mata kucing berair itu bagus, kenapa? karena air mata pada hewan ini diproduksi guna melindungi matanya dari debu yang ada, namun ada kalanya air mata pada kucing juga merupakan tanda bahwa mereka memiliki penyakit, jika air yang dikeluarkan oleh hewan ini lebih dari biasanya dan dibarengi dengan kotoran yang berlebih serta warna mata yang berubah menjadi merah.

Kucing dengan konjungtivitas yang serupa dengan bentuk mata kelinci merupakan salah satu tanda bahwa mereka memiliki infeksi mata, konjungtivitas sendiri adalah infeksi yang paling sering ditemukan pada kucing dan juga kelinci, pada keadaan tersebut infeksi akan menyebabkan radang pada membran yang menutupi permukaan bagian dalam kelopak mata dan bagian putih itu sendiri.

Selain dari ciri diatas, ciri lainnya yang paling terlihat dan bisa dijadikan acuan bahwa hewan peliharaanmu sedang mengalami infeksi adalah ketika mata mereka bengkak dan juga berwarna merah. Konjungtivitis sendiri akan memberikan ketidaknyamanan yang luar biasa bagi kucing yang juga disertai dengan rasa sakit.

Jika kita sebagai pemilik tidak merespon penyakit ini dengan benar, kerusakan mata yang mereka alami bisa menjadi meluas dan tambah parah, dengan dampak terparah adalah bisa mengalami kebutaan permanen, oleh karena itu jangan remehkan mata kucing berair, karena bisa jadi itu adalah tanda dari konjungtivitas.

Penyebab mata kucing berair

Penyebab utama dari infeksi mata adalah karena adanya cedera pada mata atau karena adanya benda asing yang masuk kedalam mata seperti kotoran atau pasir. Khusus untuk kitten, mereka bisa terkena infeksi karena kotoran pada kemaluan ibunya, hal tersebut karena kemaluan dari induk kucing mengandung banyak sekali kotoran dan kitten bisa saja bermain diarea tersebut.

Penyakit dan juga virus juga dapat menyebabkan infeksi pada mata kucing sehingga mata kucing berair, misalnya bakteri klamidofilosis dan juga seperti yang disebutkan tadi karena konjungtivitis.

Jika kucingmu mengeluarkan cairan yang berwarna hijau dan juga kuning, itu sudah jelas karena di timbulkan karena bakteri. Bagi kucing mata berair juga bisa menjadi tanda penyakit lain seperti adanya infeksi pernafasan atau yang lebih parah adalah karena flu kucing yang diakibatkan oleh caliciviris dan juga herpervirus pada kucing.

Mata yang berair dalam jumlah yang tidak sedikit sering disebut dalam istilah medis dengan sebutan epifora. Epifora sendiri akan terjadi ketika terdapat masalah dari mata dan juga saluran hidung sehingga produksi air dari hewan ini menjadi lebih banyak dibandingkan biasanya.

Kucing dengan hidung yang pesek sangatlah rentan terhadap epifora terutama pada beberapa ras yang termasuk dalam golongan brachycephalic seperti kucing ras persia, hal ini bisa terjadi karena struktur tulang dari ras ini sangat kecil pada bagian hidung sehingga saluran pernafasannya terganggu yang mengakibatkan kepada produksi berlebih pada air matanya.

Alergi juga bisa menyebabkan infeksi pada mata kucing, dan beberapa bahan yang bisa menyebabkan alergi adalah :

  • Serbuk sari
  • Jamur
  • Obat-obatan
  • Debu
  • Obatan penghilang kutu kucing
  • Perfume manusia

Penyembuhan yang bisa dilakukan

Penyebab mata kucing berair sangatlah banyak, sehingga itu diagnosa oleh yang ahli sangatlah diperlukan guna mendapatkan penanganan yang sesuai, kami merekomendasikan untuk kalian jangan sembarang memberikan obat mata apalagi obat mata manusia kepada hewan karena kandungannya bisa jadi tidak cocok dan bisa memperburuk keadaan.

Sebagai pemilik sudah sepatutnya kita menjaga dan memperhatikan keadaan dari hewan peliharaan kita, oleh karena itu ketika kamu rasa kucing dirumahmu mengalami beberapa ciri yang sudah kami sebutkan diatas, sebaiknya kamu langsung memberikan mereka penanganan dengan membawanya ke dokter hewan terdekat guna mendapatkan pertolongan secepat mungkin.