Makanan Kucing dengan kualitas terbaik merupakan faktor utama dari kesehatan dan pertumbuhan kucingmu, pemilihan brand dan bahan pembuatan yang tepat dapat menjadi kunci sukses penting mengapa kucingmu dapat tumbuh gemuk dan sehat seperti yang di harapkan oleh setiap pemilik hewan peliharaan.

Dalam artikel ini kami akan mengupas sangat tuntas dan detail tentang Makanan Kucing terbaik, untuk hasil yang lebih detail kalian bisa memakai navigasi yang akan mengarahkan langsung kamu kepada halaman yang ingin kamu pelajari lebih dalam.

Kombinasi Bahan Makanan Kucing dengan nutrisi yang seimbang

Sumber Protein merupakan aspek terpenting dalam bahan-bahan yang di pakai untuk di jadikan pakan hewan, protein harus memiliki kadar yang jelas dan seimbang guna menuntun binatang kita kepada pola hidup yang sehat dan baik. Terkecuali ketika hewan kamu harus melakukan Diet karena ada gangguan pada kesehatannya, Jumlah protein disini tidaklah menjadi faktor utama, karena yang paling utama dalam kasus ini adalah jumlah kalori.

Berikut kami berikan Bahan makanan kucing terbaik dengan nutrisi yang seimbang :

  1. Daging
    Bahan satu ini sangatlah penting untuk kucing, alasan pertamanya adalah karena daging memiliki banyak sekali protein didalamnya, terlebih pada bagian hati ayam dan jantung ayam, pada kedua bagian ini juga terdapat banyak taurin yang berguna untuk kucing.
  2. Karbohidrat
    Kucing merupakan hewan karnivora yang wajib memakan daging agar bisa berkembang dengan baik, lalu kenapa karbohidrat yang bertentangan dengan daging bisa masuk dalam daftar? terlebih beberapa jenis karbohidrat tidak bisa di terima dengan baik oleh pencernaan kucing.

    Fakta yang ada dilapangan menyebutkan bahwa ternyata semua makanan kering yang dijual di pasaran ternyata memakai Karbohidrat dalam pembuatannya guna menyatukan beberapa unsur lainnya, dalam kasus ini Karbohidrat dijadikan pengisi yang bisa mengikat bahan makanan lain, jadi jangan kasih kucingmu makan nasi polos ya teman, karena itu tidak baik, yang kami maksud disini adalah karbo yang bisa meningkatkan fungsi protein seperti jagung dan gandung yang sudah di olah.
  3. Lemak
    Lemak juga di butuhkan sebagai bahan campuran Makanan Kucing terbaik, lemak yang baik biasanya di dapatkan dari minyak bunga matahari atau dari Omega-3. Tidak semua lemak itu baik, jadi kamu harus perhatikan label di belakang makanan kering pilhanmu, apa jenis yang mereka pakai adalah lemak premium atau lemak dari ayam yang bahkan bisa berpengaruh buruh bagi kesehatan.
  4. Vitamin & Mineral
    Vitamin yang sangat baik guna di pakai menjadi makanan kucing di antaranya adalah Vitamin C (Kalsium Askorbat) dan juga Vitamin E (Alfa Tokoferol) yang sangat baik untuk bulunya agar bisa berkilau dan kuat.

    Disini kami memberitahu bahwa salah satu faktor pentingnya adalah Vitamin, namun jangan sekali-kali ya teman kamu membeli bulk vitamin C di apotik dan memberi kucingmu langsung vitamin jadi. Kenapa tidak boleh? karena takaran yang salah hanya akan membuat vitamin tidak bisa dicerna dan dikenal sebagai racun nantinya.
  5. Taurin
    Taurin merupakan salah satu jenis asam amino yang bisa diproduksi oleh manusia, berbeda dengan manusia yang bisa memproduksinya secara alami, Kucing tidak bisa melakukannya, maka dari itu mereka membutuhkan makanan dengan sumper taurin di dalamnya, kekurangan Taurin bisa berpengaruh kepada produksi melanin yang pada akhirnya bisa mengakibatkan mata odd eyed dan juga tuli.

    Tidak ada jenis taurin baik yang bisa dijelaskan secara spesifik, namun kamu tidak perlu khawatir karena rata-rata para produsen makanan kucing di Indonesia sudah menambahkan taurin dalam salah satu bahan pembuatannya.

Pakan berdasarkan Umur

Tidak semua umur kucing bisa memakan makanan yang sama, beda umur beda pula makanan yang cocok untuk dimakan, hal tersebut dipengaruhi oleh faktor dimana sistem pencernaan hewan ini yang kian lama kian tumbuh dan juga karena kekuatan gigi dari hewan ini yang semakin dewasa semakin mengalami kekuatan.

Kami disini membaginya menjadi tiga klasifikasi, Kitten dimana umur masih dibawah satu tahun, Adult ketika hewan berada pada umur 1 hingga 7 tahun dan yang terakhir adalah Older Cats yang memiliki umur lebih dari 7 tahun.

Pemilihan makanan kucing sesuai dengan umurnya sangat di perlukan, terlebih untuk memastikan bahwa kesehatannya selalu terjaga dengan sangat baik,

  • Kitten
    Untuk makanan kucing yang di khususkan untuk kitten biasanya diformulasikan khusus untuk pertumbuhan dan energi agar kelincahannya bisa seimbang dengan protein yang ada, strukturnya biasanya lebih lembut dan kecil
  • Adult
    Khusus untuk adult diformulasikan lebih kepada nutrisi yang tepat dan juga seimbang, jumlah yang di berikan juga tidak banyak, karena yang terpenting adalah kandungan di dalamnya guna membuatnya tetap sehat
  • Older
    Karena umur mereka yang sudah termasuk tua, mereka membutuhkan kandungan spesial yang bisa mengurangi resiko pada kesehatannya terutama terhadap pencernaan dan organ dalamnya,

Jenis-Jenis Makanan Kucing

Sebenarnya ada 3 jenis Makanan kucing yang bisa dimakan untuk keperluan sehari-hari, salah satunya adalah makanan homemade yang jelas mudah dibuat namun bisa memenuhi kebutuhan hariannya, dan berikut adalah Jenis-Jenis makanan kucing :

  1. Makanan Kering
    Makanan kucing kering biasanya terlihat seperti makanan biskuit yang di kemas dengan kecil-kecil, biasanya dibuat dalam ukuran yang bervariasi dimulai dari 250 gram hingga 8 kilo gram

    Jenis pakan ini mengandung banyak air, biasanya ada di kisaran 11%, air tersebut tidak serta merta terlihat basah, karena air sudah di campurkan ke dalam adonan. Cara membuatnya hampir sama seperti ketika membuat roti, dimana adonan di campur lalu di panggang di potong sesuai dengan ukuran yang di inginkan.

    Ada 2 corak dari kibble, yang familiar adalah yang berbentuk bundar, struktur bundar dipilih sejatinya karena memang paling cocok untuk dikunyah oleh hewan jenis ini, namun beberapa makanan non premium malah membuatnya menjadi macam-macam, mungkin untuk menarik perhatian pembeli, namun itu tidak penting, karena bentuk bundar dan kecil adalah yang terbaik.

    Makanan jenis ini bisa disebut lengkap, namun juga bisa di sebut Komplementer, yang lengkap seharusnya adalah makanan yang memberikan semua nutrisi baik. Jenis ini akan lebih baik jika kamu bisa menggabungkannya dengan makanan cemilan lain, akan jauh lebih jika cemilannya adalah jenis makanan basah karena kedua komponennya akan saling melengkapi.

    Ketika kamu memberikan Makanan kucing kering sebagai pakan utama, hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah dengan selalu memeriksa persediaan air, air sangat di perlukan karena ketika mengkonsumsi pakan jenis ini, ia akan cenderung mudah mengalami sakit perut karena kurangnya air.
  2. Makanan Basah
    Jenis basah dari pakan kucing memiliki kandungan air yang sangat dominan, ada dikisaran 70% hingga 85% yang di campur oleh bahan bahan mentah jadi lalu di masukan kedalam kaleng persis sama seperti ikan sardeinese di kemas dan disajikan.

    Ciri khas dari makanan ini adalah menyediakan daging dengan bau yang sangat menyengat, bau ini sangat merespon nafsu makan dari sang kucing,ketika kamu hendak membukanya, kucingmu pasti akan mendekat dengan seketika karena terpancing oleh baunya.

    Ada beberapa perbedaan bahan pembuatan makanan kucing basah dan makanan kucing kering, jenis basah lebih mengandung banyak protein karena di kemas seperti lauk jadi, jenis basah juga memberikan lebih banyak lemak dibandingkan oleh jenis kering, jadi pastikan kamu harus berfikir 2 kali ketika hendak ingin memberika pakan basah dikala program diet sedang dilakukan.

    Meskipun memiliki air yang cukup tinggi didalam kandungannya, kamu tidak akan serta merta melihat cairan di dalam makanannya, hal tersebut karena air yang sangat banyak itu sudah di olah sedimikian rupa dan terbentuk seperti jeli yang membuatnya mudah di distribusikan dan juga mengawetkan.

    Merk Makanan kucing basah cenderung akan sangat mudah basi, itu karena mereka tidak memiliki pengawet di dalam pembuatannya, sekali kamu membuka kaleng, dalam kisaran minggu makanan itu akan menjadi bau, jadi pastikan setelah membukanya kamu harus mengemasnya dengan rapat dan masukan kedalam kulkas.
  3. Makanan HomeMade
    Yang terakhir adalah Merk Makanan kucing HomeMade, saya pribadi sering sekali memberikan variasi makanan agar mereka tidak mudah bosan terhadap apa yang ia santap, rasio pemberian jenis homemade sebainya dilakukan setidaknya seminggu hingga sebulan sekali, jangan terlalu sering pula karena akan memakan cost yang lebih besar.

    Saya sering sekali memberinya tuna yang sudah direbus ditambahkan merah telur, mungkin tidak semua kucing akan suka, namun kamu bisa menyiatainya dengan memberikan perasa di atasnya untuk meningkatkan nafsu makannya.

    Selain kombinasi telur dan tuna kamu juga bisa memberikannya ayam dengan minyak omega serta dengan vitamin. Sebenarnya apapun bisa kamu campurkan asalkan kucing kita suka dan perhitungan nutrisinya benar.

Merk Makanan Kucing Terbaik & Terkenal

Di Indonesia banyak sekali merk makanan kucing bermunculan, bagi pemilik pemula ini akan sangat membingungkan karena biasanya iklan dari mereka hanya menampilan yang baik-baiknya saja sehingga bisa dibilang menjebak para pemilik pemula. Harga yang sangat beragam juga mempengaruhi faktor keputusan pembelian dari merk makanan kucing.

Jika ingin melakukan kupas detail pastinya akan sangat panjang, karena masing masing dari brand memiliki banyak produk yang secara khusus di desain guna menyesuaikan kebutuhan, bahkan ada merk makanan kucing yang menawarkan produk sesuai dengan ras yang ada.

Kamu tidak perlu khawatir untuk memilik merk makanan kucing terbaik, kami disini telah merangkumnya untuk kalian semua, dengan filter harga dan juga kandungan didalamnya, kami berusaha untuk memberikan penilaian yang sangat objective karena kami tidak terikat oleh brand manapun, dan berikut adalah Merk Makanan kucing terbaik dan terkenal di Indonesia :

  1. Royal Canin

    makanan kucing terbaik

    Merk Royal Canin menjadi pilihan terbaik disini, saya secara pribadipun memberikan beberapa jenis kucing saya dengan pakan merk ini, walaupun harganya terbilang yang termahal dibandingkan yang lain, macam dari pakan Royal Canin sangatlah beragam yang membuat saya pribadi bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan.

    Dikenal dengan keunggulannya di bidang bulu, saya merasakan bahwa itu benar adanya, merk royal canin sangat baik bulu karena membuatnya menjadi lebih berkilau, lebih lebat dan tidak mudah rontoh, jika kamu memili kucing ras persia longhair, kami menyarankan untuk memakai merk ini.
  2. Pro Plan

    makanan kucing terbaik

    Banyak dari website yang melakukan review mencantumkan Pro Plan produk dari Purina ini dalam urutan 3 atau 4 makanan kucing terbaik, namun kami menyangkalnya karena menurut kami, kandungan protein dan nutrisi yang mereka miliki sangatlah baik untuk pertumbuhan kucing.

    Merk Pro Plan seringkali dikenal mempunyai formula untuk menggemukan dan membantu pencernaan, menurut saya pribadi itu sangatlah benar, saya memberikan makanan Pro Plan untuk dua kucing persian exotic short-hair, dan dengan makanan ini, posturnya yang bulat semakin terlihat dan sampai saat ini belum merasakan adanya masalah pencernaan.
  3. Equilibrio

    makanan kucing terbaik

    Equilibrio adalah pilihan yang menurut kami bijak ketika dirasa keuangan sedang tidak sehat namun ingin memberikan makanan kucing dengan kualitas yang terbaik.

    Equilibrio memiliki formula yang sangat terkenal bisa meminimalisir hairball pada kucing, formula bahan bakunya banyak mengandung serat yang sangat berguna bagi kucing dalam hal pencernaan, ketika menggunakan pakan ini kotoran dari kucingpun akan sedikit lebih wangi dibandingkan biasanya.
  4. Hill’s Science Diet



    Hills Science adalah solusi jika dimana Equilibrio tidak disukai, kandungan yang diberikan oleh science diet sangat bagus untuk kucing yang pada dasarnya sudah memiliki berat badan yang cukup.

    Mereka memakai bahan baku yang di khususkan untuk diet, sangat sedikit lemak dan karbo di dalam pakan ini, jika berbicara perihal protein mungkin seharusnya Hills ada di urutan ke2, namun formulanya yang biasanya di gunakan untuk diet kurang cocok bagi saya karena banyak dari pemilik pasti ingin berat dari hewannya selalu tumbuh.
  5. BlackWood cat food



    Blackwood masuk kedalam 5 besar makanan kucing terbaik karena memang struktur kunyahnya cukup cocok untuk kitten, nutrisi yang ia berikan juga cukup seimbang sehingga bisa membantu pertumbuhan kitten.

    Walaupun di khususkan untuk kitten, namun jangan lupa, merk seperti pro plan, royal canin serta equilibrio serta Hills science juga punya produk untuk kitten dengan formula yang lebih bagus menurut saya.
  6. Maxi



    Tidak begitu kami rekomendasikan, namun termasuk kedalam pilihan yang bisa di coba jikala budget tidak bisa membeli pro plan dan royal canin namun si kucing tidak suka akan rasa yang di berikan oleh Equilibrio.

    Digadang-Gadang memiliki kadar protein hingga 32 persen, dan kandungan yang terdiri dari omega 3 dan 6, kami merasa bahwa penggabungan tuna dan ayam tidaklah tepat dalam makanan kucing, karena ada banyak sekali kandungan yang lebih selaras dibandingkan menggabungkan dua sumber protein secara bersamaan.
  7. Frieskies



    Saya pribadi memberikan pakan Frieskies untuk kucing domestik yang sering berkeliaran dirumah, harganya yang tidak begitu mahal, dan wangi yang sangat mencolok bisa menjadi alternatif yang baik untuk dipakai menjadi pakan domestik cat.

    Bukan bermaksud rasis dengan merekomendaiskan Frieskies untuk kucing domestik, namun karena kandungan yang di berikan frieskies masih kurang jika diberikan ke ras lainnya.
  8. Princess Cat Food

    makanan kucing terbaik

    Saya tidak ingin mengulas banyak tentang pakan ini karena takut dinggap haters, yang jelas jika kalian memiliki budget lebih, kami merekomendasikan produk pada urutan 1 hingga 5, namun jika keadaan mendesak dan hanya ada ini yang di pasaran, cukup bijak saya rasa untuk membelinya daripada membeli brand yang tidak ada di dalam daftar ini.
  9. Whiskas

    makanan kucing terbaik

    Sangat populer di indonesia karena memiliki strategi marketing dan pendekatan yang bagus serta jalur distribusi yang kemana-mana adalah keunggulan dari pakan jenis ini.

    Harganya yang murah dan memiliki rasa yang enak untuk kucing merupakan kelebihan lainnya rasi merk Whiskas.
  10. Me-O

    makanan kucing terbaik

    Me-O Merupakan pakan terakhir dalam daftar makanan kucing terbaik, berada di urutan 10, bukan berarti kami tidak merekomendasikan pakan ini, sekali lagi, semuanya harus di sesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget, jika memiliki budget, bijak sepertinya membeli daftar merk dari urutan satu hingga 5.