Dalam memilih Makanan Anjing, ada banyak sekali pertimbangan yang kamu harus ambil, dimulai dari bahan yang di pakai dan juga faktor biologis dari hewan kesayangan kamu. Mungkin kamu akan sedikit bingung sebelum menentukan, karena ada banyak sekali merk makanan anjing yang dijual di petshop-petshop, kami ingin membantu kamu dalam memutuskan, kami telah merangkum beberapa bahan baku atau material yang perlu di perhatikan dalam menentukan makanan Anjing terbaik untuk hewan kesayangan kamu :

Bahan Baku Utama Makanan Anjing Terbaik :

1. Daging

Daging merupakan bahan baku yang paling penting dalam pembuatan pakan anjing dari 10 yang kami sudah rangkum, Daging merupakan sumber protein yang sangat di butuhkan oleh anjing, beberapa daging biasanya di pakai guna mejadi bahan pakan makanan, di antaranya, ayam, sapi, kambing, ikan,, kelinci, daging rusa, kamu bisa memilih daging apa yang hendak akan di pakai karena selalu tersedia di bagian belakang label, yang pasti jangan beli produk yang tidak mencantumkan daging sebagai sumber bahan utama pembuatan makanan.

2. Daging Sapi

Di atas kami memberi tahu bahwa ada banyak sekali jenis daging yang di jadikan bahan baku, namun daging yang terbaik adalah daging sapi, hal tersebut karena Daging sapi merupakan sumber protein yang sangat tinggi.

Kami memiliki perhitungan seperti berikut, jika daging sudah di gabungkan dengan tepung untuk menjadi makanan kering, tingkat kelembabannya akan turun hingga menjadi 10%, pada saat ini karena sudah terkandung tepung, maka kadar proteinnya tersisa 65% dan lemak 12%, pemilihan daging apa juga perlu di perhatikan karena kadar protein akan turun ketika sudah bertemu tepung.

3. Karbohidrat dan Biji-Bijian

Karbohidrat dan Biji-Bijian juga merupakan bahan baku yang penting karena bisa sangat bermanfaat, faktor utamanya adalah karena Karbohidrat sangat menyediakan banyak energi dan biji-bijian sangat berguna bagi pencernaan anjing, yang harus di perhatikan adalah kandungan dari gandum, jagung dan kacang polong harus lebih sedikit daripada bahan utama Daging.

4. Sayuran

Meskipun sayuran bukanlah yang harus dan perlu di makan oleh anjing, namun sayuran ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan anjing kita, di dalam sayuran terdapat banyak potasium yang berguna, terdapat Vitamin B serta terdapat Beta-Karoten yang berguna memerangi kanker dalam tubuhnya

5. Buah

Beberapa buah bisa di jadikan bahan baku yang baik, buah tersebut adalah Blueberry dan Apel, kedua buah ini merupakan sumber serat, Vitamin C dan aktisioksidan yang sangat luar biasa, sedangkan buah cranberry bisa membantu dalam infeksi saluran kemih dan menjaga kesehatan gigi. Jadi kamu tidak perlu panik ya guys ketika kamu melihat ada bahan baku buah dalam makanan Anjing favorit kamu.

6. Lemak

Lemak bagi manusia adalah bahan yang sangat di hindari tubuh, begitupun dengan Anjing, namun dengan takaran yang terpat, lemak sangatlah di perlukan untuk sel dan pencernaan yang lancar, dengan adanya lemak, hewan kita lebih bisa menyerap vitamin tertentu, lemak yang baik adalah Omega-3 dan Omega-6.

7. Vitamin

Vitamin juga di perlukan untuk hewan kesayangan, zat ini mampu memperlancar proses metabolisme dan menambah imun dari tubuh, dalam macam-macam vitamin yang terkandung, kamu harus pastikan bahwa Vitamin B harus ada di urutan paling atas, biasanya di bentuk dalam biotin, piridoksin, riboflavin, tiamin, dan beda karoten. Vitamin penting lainnya adalah Vitamin A untuk kulit dan Vitamin E untuk imun.

8. Mineral dan Nutrisi

Bahan Baku makanan anjing terbaik yang harus ada selanjutnya adalah Mineral dan Nutrisi, kedua zat ini cukup penting, biasanya mineral terkandung dalam seng, sedangkan zat besi ada dalam kandungan kalium dan juga kalsium, kedua bahan ini berguna untuk transportasi asam lemak yang memproses energi.

9. Pengawet

Kamu pasti bingung kenapa kami menyantumkan pengawet dalam 10 Bahan baku makanan anjing terbaik. Pengawet akan membantu kesegaran makanan Anjing, yang akan berdampak kepada selera makan hewan kesayangan kita, yang harus di perhatikan adalah cari bahan pengawet seperti Tokoferol dan asam askorbat dari kedua bahan ini dari alam, kamu harus sangat hindari pengawet dari BHA dan BHT karena bisa menjadi faktor kanker utama dari hewan favorit kamu.

10. Air

Yang terakhir dari 10 Bahan baku makanan anjing terbaik adalah air, air merupakan faktor yang cukup penting untuk hewan kesayangan kita karena akan mencegah mereka untuk dehidrasi, jadi kamu bisa mencari kelembaban yang tinggi karena di dalam kelembaban yang tinggi sudah terdapat air.

Rekomendasi Makanan Anjing terbaik di Indonesia

1. Pro plan

Makanan anjing terbaik pro plan

Pro plan di kenal oleh banyak pemilik binatang sebagai makanan hewan dengan gizi dan nutrisi paling seimbang di antara merk lainnya, mereka memiliki moto bahwa makanan hewan yang mereka sediakan harus membantu hewan tersebut agar menjadi lebih sehat, energik dan tangguh serta mampu merawat kulit, bulu dan struktur tulang yang sehat.


Bahan utama dari Pembuatan pakan dari Proplan adalah :

AyamNasi MerahCorn Gluten Meal
Pearled BarleyGlucosamineEgg Product
Animal Fat PresOat MealFish Meal
Brewers DriedDried beet pulpNatural Flavor
Fish OilCalciumPotassium
SaltL-LysineSweet Potatoes
Blueberry PomacCalcium CarbonateVitamin E
ZincCholineVitamin A

2. Royal Canin

Makanan anjing royal canin

Royal Canin mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, Royal Canin merupakan merek penyedia Makanan Anjing terbaik di dunia, rata-rata dari bahan baku makanan ini terdapat 50 bahan penting yang di butuhkan untuk hewan kesayangan kamu, mereka memiliki komitmen untuk selalu menjaga pertembuhuhan hewan, menjadi sumber energi yang cukup, mencegah penyakit dan memjadi sumber nutrisi utama.

Royal Canin menyediakan dua jenis tipe Makanan anjing, yang terdiri dari makanan kering dan makanan basah, masing masing dari tipe ini memiliki banyak sekali varian yang bisa di sesuaikan dengan kondisi dan ciri hewan kesayangan kamu, yang sangat terkenal adalah Royal canin Veterinary Diet Recovery, Royal Canin Starter Mousse Canned Dog Food, Royal Canin Vererinary Diet Renal yang di khususkan untuk Anjing sakit.


Bahan utama pembuatan pakan Royal Canin adalah :

Brewer RiceChikenOat Groats
WheatsChicken FatCorn Gluten
WheatDried PlainNatural Flavors
Fish OilVegetable OilSalt
PotassiumCholine ChlorideBitamins
PolyphosphateBiotinVitamin A
CiacinPyridoxineVitamin B6.B1,B12
Vitamin D3L-LysineZinc
CalciumMeatMinerals

3. Alpo

makanan anjing terbaik Alpo

Makanan Anjing Alpo mengedepankan Aroma dan rasa akan daging yang sangat kuat sehingga meningkatkan safsu makan, Alpo juga terkenal dengan proteinnya yan sangat berkualitas, mereka memiliki 23 vitamin yang di siapkan untuk menjaga semua hal baik dalam hewan kesayangan kamu.

Selain makanan Kering, Alpo juga memiliki makanan basah dengan variasi yang cukup banyak sehingga kamu bisa sesuaikan dengan keadaan Anjing kamu, dengan gizi yang tepat dan aroma yang sangat mirip daging, Alpo terkanal akan meningkatkan nafsu makan namun juga di lengkapi dengan gizi yang baik.


Bahan utama pembuatan makanan anjing Alpo :

MeatBone MealGround Yellow Corn
Beef TallowSoybean MealCorn Gluten
EggChicken FlavorPotassium
Animal DigestSaltRed 40
Choline ChlorideFerrous SulfateZinc Sulfate
Vitamin ECitamin AVitamin B12
Vitamin D-3Garlic OilCalcium
Folic AcidBiotinNiacin

4. Pedigree

Makanan anjing terbaik pedigree

Pedigree merupakan merk yang biasa dan sering kita temui di pasar modern, ini adalah merk yang populer untuk di tempatkan disana, walaupun begitu kandungan yang pedigree berikan termasuk dalam nutrisi yang cukup yang bisa membantu merawat binatang kesayangan kamu.

Pedigree memberikan Minyak nabati, menurut mereka Minyak nabati adalah sumber asam linoleat yang sangat berguna bagi kulit dan bisa memberikan dampak berkilau bagi binatang, merea juga memperhatikan pada bagian sistem pencernaan.

Kamu jangan khawatir dengan Pedigree, mereka sudah mendapatkan sertifikat dan mendapatkan persetujuan dari AAFCO jadi semua nutrisi dan gizinya sesuai.


Bahan Baku pembuatan pakan Anjing Pedigree :

MeatBone MealGround Corn
Corn Gluten MealAnimal FatSoybean Meal
Natural FlavorChicken MealSalt
Vitamin EVitamin VVitaminD3
BHAFolic AcidCalcium
Zinc SulfateBrewers RiceNiacin
Dried CarrotSodiumDried Peas
SoybeanYellow 5Yellow 6

5. Science Diet

Jika kamu ingin memberikan kelezatan dan juga nutrisi yang seimbang, jawabannya adalah Science Diet, bahan pembuatan yang di pakai terbuat dari daging ayam, domba dan salmon, mereka referensi kami, makanan dari Science Diet di periksa dari mulai pembuatan sehingga tidak semua bagian dari bahan baku di pakai.

Untuk perihal makanan basah, Science Hill menyediakan makanan yang di peruntukan untuk pencernaan, ketika hewan kamu sedang dalam masalah seperti muntah, atau sembelit dan dieare, Science Hill merupakan pilihan yang sangat tepat.


ChickenGrain WheatGrain Sorghum
Grain CornBrocolliCarrots
Vitamin EVitamin AVitamin B12
Vitamin D3Chicken MealChicken Fat
Chicken LiverPork FlavourNiacin
SaltCalciumFolid Acid
Zinc OxideTaurineOat Fiber

6. Dr Tim’s

Makanan anjing DR Tim

Formula makanan Anjing Dr Tim’s mengambil bahan baku yang memusatkan kepada proteiun hewani dan tepung ayam, secara keseluruhan pakan Dr Tim mengandung 33% protein, 22% Lemak dan 36% Karbonhidrat.

Type : Butir kering

Baik Digunakan Untuk : Untuk Adult, Anjing berukuran besar & kecil

Ingredients : Chicken Meal, Brown Rice, Chicken Fat, Whole oat groats, Dried beet pulp


7. Instinct Original

Instinct Original makanan anjing

Mereka menggunakan Daging sapi asli untuk memenuhi protein yang ada, di tambah dengan tepung ayam dan tepung ikan membuatnya menjadi makanan kucing terbaik dari sisi keseimbangan. Resep dari pakan ini jika di kalkukasikan akan menghasilkan 40% Protein, 21% Lemak dan 31% Karbohidrat

5 Bahan baku utama : Daging, Tepung Ayam, Tepung ikan, Kacang-kacangan, dan lemak ayam

Baik di makan oleh : Semua anjing

Tipe : Grain- Free


8. Victor Hi Pro Plus

Pakan Victor Hi-Pro Plus mengambil protein hewani dari daging sapi dan perasa sapi asli sehingga sangat menambah nafsu makan dari Anjing, secara kalkukasi kandungan yang di dapat dari pakan ini adalah 33% Proteoin, 22% Lemak dan 37% Karohidrat.

5 Bahan Baku Utama : Daging sapi, Grain Sorghum, Lemak Ayam, Daging Babi, daging ayam

Tipe : Butiran

Baik di makan oleh : Anjing tipe kecil hingga medium


9. Annamaet Ultra

annamaet ultra dog food

Annamat Ultra memaai bahan baku utama daging ayam dalam memenuhi sumper proteinnya, dalam kalkukasi kami, produk ini mengandung 36% Protein, 22% Lemak dan 34% Karbohidrat.

5 Bahan Baku Utama : Daging Ayam, Brown Rice, Lemak Ayam, Whole dry eggs, Herring Meal

Type : Grain-Inclusive

Baik dimakan oleh : Semua jenis anjing


10. Canidae pure real salmon

Canidae pure real salmon mendapatkan protein dalam kandungannya dari ikan Salom, dengan kalkukasi protein dan kandungan lainnya sebanyak 36% Protein, 20% Lemak dan 36% Karbohidrat.

5 Bahan baku Utama : Salmon, Tepung salmon, Menhaden fish meal, Kentang, dan peas

Type : Grain-Free

Baik di makan Oleh : Hanya untuk Anjing Dewasa


Faktor Penting Lain sebelum menentukan Apa Pakan Anjing Terbaik

Selain faktor bahan baku dan faktor kecocokan dengan sang anjing, sebenarnya ada faktor lain yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan pakan apa yang akan di beri ke hewan kesayangan, faktor-faktor tersebut adalah hal yang bersifat long-term karena melibatkan kepuasan pelayanan, kami sudah merangkum faktor tersebut di bawah ini :

1. Transparansi terhadap Pelanggan

Mungkin kamu bingung kenapa Transparansi begitu penting dalam menentukan Makanan hewan terbaik, transparansi akan mendukung yang namanya produk recall dimana tidak akan ada produk yang kadaluarsa beredar, tidak ada informasi penulisan gizi yang salah, dan tidak akan ada kecurangan lainnya dari pihak distributor.

2. Pilih brand yang berkomunikasi dengan pelanggan

Hampir semua merk yang beredar di Indonesia memberikan layanan tanya pelanggan pada akun media social mereka, ini sangat penting mengingat bahwa banyak sekali kasus dimana hewan kamu tidak suka akan rasa makanan tertentu, adanya kanal yang memungkinkan kamu berkomunikasi langsung dengan pihak brand membuatmu bisa berkonsultasi dan mendapatkan rasa yang disukai oleh hewan kesayangan kamu.

3. Cek Kesehatan Anjing anda kepada Vet

Tidak semua harus mengikuti saran ini, saran ini hanya kami khususkan kepada kamu yang memiliki Anjing dengan penyakit tertentu, penyakit dari anjing terkadang mendorong adanya alergi terhadap makanan, maka dari itu sebaiknya jika kamu rasa bahwa hewan kamu sedang mengalami masalah, ganti makanan yang biasa kamu pakai sesuai dengan rekomendasi Vet.

4. Pilih Makanan Anjing yang memiliki kandungan lengkap

Kandungan yang lengkap akan mempengaruhi kesehatan dari peliharaan kamu, jangan salah pilih, pastikan yang kamu pilih merupakan makanan dengan nutrisi dan protein yang paling baik, di bawah kami sudah review dan mendapatkan hasil, pakan apa yang terbaik.