Landak semut merupakan peliharaan yang cukup unik, merea berpenampilan lucu, namun memiliki bagian yang mungkin sebagian orang akan takuti. Mereka bisa makan layaknya makanan hewan lainnya, bahkan landak semut bisa memakan makanan kucing.

Hewan yang terkenal karena permainan video games bernama sonic ini, kini sedang mengalami kenaikan trend di Indonesia, banyak dari para pemiliknya mengaku tertarik untuk menjadikan hewan ini sebagai peliharaan karena mudah untuk di rawat, unik dan juga bisa di bawa kemana-mana.

Statistik Landak Semut

Nama latin : African Pygmy Hedgehog

Ukuran : 3 Hingga 5 Inci

Lama Hidup : 3-6 Tahun


Seperti nama latinnya yang bernama African Pygmy Hedgehog, Landak semut merupakan binatang asli Afrika, mereka merupakan saudara jauh dari dua spesies landak lainnya yaitu Four-toed dan Aljazair.

Keluarga jauhnya yang bertempat di hutan liat, setiap harinya harus jalan menempuh puluhan kilo untuk mencari makanan, kawanan liarnya banyak sekali di temukan kawasan Gambia, Mozambik, somalia dan beberapa negara afrika lainnya.

Terdapat perbedaan makanan antara Landak Semut yang di pelihara dengan landak liar, di lokasi hutan dimana ia tinggal, landak sering sekali makan dengan memangsa serangga kecil seperti belatung, siput, laba-laba dan beberapa vertebrata kecil lainnya.

Tips Diet untuk Landak Semut

Tidak seperti kebanyakan hewan yang bisa di masukan ke dalam saku lainnya, hewan ini di anggap sebagai pemakan serangga dan makhluk-makhluk kecil lainnya, mereka termasuk ke dalam binatang yang memiliki selera dan cukup pemilih dalam hal makanan.

Cacing dan jangkrik adalah makanan yang menjadi favorit hewan ini ketika mereka berada di penangkaran, namun yang terbaik tetaplah makanan kering kucing, karena memiliki nutrisi yang tinggi sehingga sangat menyehatkan bagi hewan ini.

Di atas kami menyebutkan makanan kucing cukup baik bagi hewan ini, namun beberapa orang tidak berpendapat demikian karena menurut mereka, makanan kucing tidak mengandung darah dan kitin di dalam pengolahannya.

Mereka yang tidak sependapat dengan makanan kucing memberikan saran untuk memberikannya makanan bernama Kibble, Kibble di percaya sudah di formulasikan dengan bahan baku serangga dan juga vitamin serta mineral, jadi sangat cocok untuk hewan landak semut.

Di Indonesia sendiri, Kibble sangatlah sulit untuk di dapatkan, sehingga pilihan lainnya adalah kamu hendak memberi serangga hidup atau tetap pada saran kami dengan memberikan makanan kitten kucing.

Menjadikan Binatang ini sebagai hewan peliharaan

Kandang yang biasa di berikan untuk marmut dan juga hamster bisa pula di jadikan tempat kandang bagi Landak Semut, ukurannya yang sama menjadikannya alasan bahwa mereka bisa berbagi kandang.

Kandang yang baik untuk binatang ini baiknya tidak di dasari oleh kawat yang memiliki rongga, kakinya yang kecil membuatnya bisa saja masuk ke dalam rongga tersebut sehingga bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan kakinya.

Tempat tidur yang kami rekomendasikan adalah yang memakai bahan lembut seperti bahan kertas atau handuk yang di ganti secara teratur, apapun itu yang terpenting bisa membuatnya nyaman, hal tersebut karena ia termasuk binatang yang sensitif terhadap tempat tinggal.

Roda Lari yang biasa di pakai untuk hamster juga baik untuknya, mereka cukup suka akan olahraga sehingga roda lari yang di masukan ke dalam kandang merupakan pilihan yang cukup baik.

Landak semut termasuk hewan yang cukup aktif di malam hari, mereka bisa saja berjalan sejauh beberapa mil ketika malam hari di atas roda, dan yang unik adalah, ketika ia kurang akan olahraga, mereka akan depresi dan bisa menjadi tidak nafsu akan makan yang pada akhirnya akan berdampak pada kesehatannya.

Kesehatan Landak Semut

Kesehatan Landak semut biasanya ada pada giginya yang cukup rentan akan penyakit, lalu disusul dengan masalah kulit dan juga kutu, parasit usus dan tumor juga menjadi masalah kesehatan yang sering di temui oleh hewan jenis ini.

Spaying dan juga Neutering sangat di rekomendasikan untuk menghindari penyakit serius pada binatang ini. Pemeriksaan gigi juga harus di lakukan secara menyeluruh dan konsisten karena seperti yang sudah di mention di atas, penyakit gigi merupakan masalah utama bagi Binatang berbulu tajam ini.

Jika ia kehilangan banyak bulu tajamnya itu adalah hal yang cukup normal, namun ketika volume yang hilang di rasa cukup banyak hingga meninggalkan bercak seperti botak mungkin saja hewan peliharaan kamu satu ini terkena Infestasi parasit. Jika mereka sudah banyak kehilangan bulu belakangnya, hendaklah bawa mereka ke dokter hewan guna mendapatkan penanganan terbaik.

Galeri Foto Landak Semut :

Video :