Kura-Kura brazil atau yang juga dikenal sebagai Red Eared Sliders merupakan hewan yang aktif dan membutuhkan tempat tinggal yang cukup luas daripada yang seringkali difikirkan oleh seseorang, selain tempat yang besar, hewan ini juga memerlukan cahaya matahari guna bisa tumbuh dengan baik.

Kurang lebihnya ini adalah gambar apa yang kamu butuhkan ketika hendak memelihara kura-kura brazil, dimana terdapat akuarium dengan ukuran besar, terdapat pencahayaan dan yang terpenting adalah makanan yang baik dan jangan terlalu banyak karena hanya membuat air menjadi keruh.

Memilih Kura-Kura Brazil yang sehat

Sebelum kamu membawa pulang Kura-Kura brazil atau red eared slider ada beberapa hal yang pastinya harus kamu periksa terhadap tubuhnya, karena pemeriksaan akan membuat kamu tau betul keadaan yang akan kamu pelihara, jadi kamu sebelum memutuskan untuk adopsi, baiknya kamu mencari tau apa saja indikator kura kura yang sehat sebagai acuan kamu memilih yang mana yang akan di adopsi.

Kamu bisa melihat sekitaran mata, cangkang dan juga bagaimana cara mereka berenang didalam air, dan apakah mereka terlihat sangat aktif atau tidak, ada beberapa indikator utama sebenarnya yang kamu bisa perhatikan dalam melihat kesehatannya.

Mencarikan Tempat TInggal yang cocok

Akuarium kecil sebenarnya bagus saja, namun kamu merekomendasikan yang besar agar ia bisa aktif bergerak, kalau volume air, kami menyarankan akuariumnya terdiri dari 100 galon air. Pemilik yang kreatif akan mencampurkan berbagai macam hiasan dalam akuariumnya, dan jika kamu memiliki kolam diluar rumah, baiknya kolam tersebut ada didalam pagar agar tidak hilang dicuri orang dan kamu tentu saja bisa mengontrolnya.

Kualitas dari air harus dipertahankan dimanapun kamu menyimpan kura-kura brazil ini, kamu perlu menambahkan panas tambahan guna memberikan sinar UVB ke hewan ini jikala memang keadaan tidak memungkinkan akuariumnya terpapar sinar matahari langsung.

Makanan yang tepat untuk kura-kura brazil

Meskipun selera hewan ini cenderung berubah ubah saat mereka menginjak umur dewasa dimana ada peralihan dari diet ke herbivora, kura-kura dari segala usia harus diberikan berbagai jenis makanan yang bahan dasarnya adalah hewan dan tumbuhan, dalam kasus ini kamu bisa memberikannya pelet penyu untuk menjadi dasar tumbuh kembangnya yang baik.

Ada beberapa hal dasar yang sebenarnya bisa kamu lakukan untuk memastikan bahwa pembersihan makanan mudah yang mana dampaknya penyu akan sehat, saran dari kami adalah kamu bisa memberi makan mereka diluar rumahnya atau diluar akuarium, ini sangat bisa dilakukan karena hewan ini tidak harus selamanya didalam air sehingga kualitas dari airnya selalu terjaga dan kamu tidak memerlukan effort yang jauh lebih banyak untuk menguras air tersebut.

Prey Item

  • Jangkrik
  • Cacing lilin
  • Ulat sutera
  • Siput air
  • Cacing darah
  • Udang

Kura kura yang lebih besar dan dewasa dapat ditawari barang yang lebih besar seperti berudu atau ikan, jadi sesuaikan dengan ukuran tubuhnya.

Sayuran

  • Sawi-Sawian
  • Kangkung
  • Bok Choy
  • Selada kelapa
  • Wortel
  • Kacang Hijau

Tanaman Aquatic

  • Eceng Gondok
  • Selada air
  • gulma
  • Azolla
  • katak kecil

Jadwal makan penyu jenis ini hanya memerlukan sekali setiap tiga harinya dan sementara yang lain akan lebih memilih untuk tetap memberikan makanan setiap harinya dengan porsi yang sangat sedikit. Namun tidak perduli terhadap jadwal yang dipilih yang penting adalah tidak memberikan makan mereka terhadap banyak karena ketika ia banyak mengandung lemak mereka akan mudah terkena penyakit, mereka adalah hewan yang rakus jadi nafsu makannya akan sangat tinggi, jadi kamu harus mengontrolnya.

Mereka adalah herbivora, jadi jika mereka kelihatannya terlalu lapar, cobalah untuk memberi makan lebih banyak sayuran hijau dan akuatik daripada pelet atau makanan yang mengandung daging.

Jumlah makanan yang kamu makan sedikit tergantung pada ukuran kura-kura yang kamu miliki, aturan praktis yang baik adalah memberi makan kepada mereka sebanyak apapun itu namun waktunya 15 menit, jika kamu memberi makan kura-kura dalam wadah yang terpisah, lebih pastikan kamu memantaunya jangan biarkan ia makan lebih banyak.

Kesehatan Red Eared Slider

Kondisi lingkungan dan pola makan diet yang tidak tepat adalah dasar dari penyakit paling umum terhadap hewan ini, penyebabnya pola makan yang salah biasanya akan menghasilkan penyakit tulang metabolik atau yang biasa dikenal sebagai MBD dan juga kekurangan vitamin A.

Reproduksi Kura-Kura Brazil

Red Eared Slider tidak mudah untuk melakukan reproduksi sampai mereka rasa kematangan seksualnya sudah terpenuhi, pada fase ini kura-kura jantan akan memiliki ekor yang panjang dan cakar cukup tajam, sementara untuk kura-kura betina akan memiliki ekor yang pendek namun terlihat gempal.

Beberapa orang tidak mengetahui cara mengindentifikasi kelamin dengan benar hingga salah satunya bertelur, namun disini saya jelaskan cara mudah mengetahuinya adalah melalui ekor, dimana jantan akan memiliki ekor jauh lebih panjang, jika dalam fase bertelur beberapa betina akan mempertahankan telur mereka daripada menjatuhkannya kedalam air karena mereka pasti akan memili sarang.