Informasi Utama Kucing Turkish Van

Ukuran Laki-Laki : 4.5kg – 5.5kg

Ukuran Perempuan : 3.1kg – 4.5kg

Warna Mata : Kuning Terang atau Biru

Lama Hidup : 13 – 17 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Tinggi

Panjang Bulu : Semi Long Hair

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, FIFe, TICA, WCF

Deskripsi Tentang Kucing Turkish Van

Kucing Turkish Van merupakan salah satu jenis kucing yang pertumbuhannya tidak secepat hewan lainnya, jika kita mengacu kepada jenis lain seperti ragdoll yang akan mencapai usia kematangan pada umur 3 tahun, Kucing Turkish Van baru mencapai usia kematangannya di umur 5 Tahun.

Mantel Bulu mereka akan tumbuh setelah mereka mencapai usia kematangan atau dewasa, setelah tumbuh sempurna, mantel bulunya akan terlihat mewah, lengkap dengan berkilaunya ras asli dari turki.

Kucing Turkish Van tergolong sebagai Kucing yang besar, ia sangat energik dan memiliki imunitas terhadap penyakit yang tergolong tinggi. Jika sebagaian kucing sangat takut dengan air, Nenek moyang dari ras ini justru merupakan perenang yang sangat hebat, nenek moyangnya sangat lincah di air maupun darat.

Dengan latar belakang yang memang menyukai air, kamu sebenarnya bisa kembali mengeluarkan sifat asli dari ras ini dengan mengajarkannya dan mendekatkan ras ini dengan air semenjak mereka masih dalam kategori kitten. Mantel bulu yang lembut dan juga dua lapis ini ternyata adalah proses genetik yang membuatnya menjadi lihai ketika berada di air.

Mereka memiliki tanda-tanda yang biasa di sebut oleh para breeders dengan Pola Van, sebuah pola yang merupakan karakteristik utama dari ras ini, Pola Van merupakan tanda yang mengelilingi tubuh dari ras ini, tanda tersebut biasanya ada pada wajah dan ekornya, namun beberapa ras ini juga memiliki tanpda bulai di sekitar bahu, pola van adalah pola warna merah dan coklat yang mengisi tempat di antara warna putih yang ada.

Kucing Turkish Van bisa memiliki pola van karena adanya Gen Piebald di dalam diirnya, Gen Piebald sendiri merupakan Gen yang memungkinkan hewan atau manusia untuk menghasilan area tubuh yang tidak terpecah-pecah dalam kaitan warna.

Terlepas dari gen dan pola yang di maksudkan, kombinasi warna dan struktur tubuh dari ras ini sangatlah mempesona, sekilas memperlihatkan keanggunan dan ketangguhan secara bersamaan.

Selain bulunya yang indah, kucing Turkish van juga di karuniai dengan sepasang bola mata yang indah, yang paling banyak adalah dengan mata keduanya warna biru, namun ada yang kedua matanya berwarna kuning, dan bahkan dalam sebagian kecil kasus mereka bermata Odd Eye, yang berarti terdapat kombinasi Biru dan Kuning di antara kedua matanya.

Sejarah Kucing Turkish Van

Sejah Kucing Turkish Van sudah dimulai dari ratusan tahun lamanya, karena itu sejarah mengatakan bahwa ras ini merupakan tipe langka yang berasar dari Zaman kuno, sedangkan Van di ambil dari istilah yang di pakai di negara asalnya yaitu (Irak, Iran, Uni Soviet dan juga Turki).

CFA mengatakan bahwa Van adalah istilah yang sangat umum di pakai oleh masyarakat setempat kepada sejumlah kota, desa atau bahkan sebuah danau. Jadi di ke-empat negara tersebut, masyarakatnya sering menggunakan kata Van untuk di jadikan sebuah tanda, jika di Indonesia mungkin bisa seperti Perempatan jalan atau simpang jalan.

Nama awal dari ras ini adalah Vancat, Vancat sendiri berasal karena di lokasi Van dari ke-empat negara di atas banyak terdapat Kucing ras ini berkeliaran dimana mana, maka CFApun tidak heran kenapa mereka menamainya dengan sebutan Vancat.

Organisasi TICA mengatakan bahwa sejarah kucing turkish van sudah dimulai dari lima ribu tahun yang lalu, sedikit bertentangan dengan CFA yang mengatakan beberapa ratus tahun saja.

Kepopuleran dari Kucing Turkish Van dimulai pada tahun 1950, pada saat itu spesies pertama dari ras ini di bawa ke Eropa oleh dua orang Fotografer yang sangat menyukai Kucing, pada saat itu ia membawa sepasang, laki-laki dan perempuan.

Berawal dari 2 ekor, pada tahun 1970an, ras ini menjadi sangat populer di Amerika, dan akhirnya pada tahun 1980 hingga 1990 banyak sekali organisasi melakukan registrasi terhadap ras ini.

Karakteristik Kucing Turkish Van

Karateristik Kucing Turkish Van adalah sosok yang penuh akan semangat serta sangat menyenangkan, mereka adalah tipe yang membutuhkan banyak perhatian dari pemilik, jika kamu merupakan pemilik yang memiliki banyak waktu, jenis dari ras ini sangatlah cocok untuk kamu pelihara.

Struktur kakinya yang sangat kuat membuat mereka juga di kenal sebagai pelompat yang baik. Seperti apa yang TICA pernah jelaskan bahwa “Struktur dari kaki belakangnya sangat kuat, yang berarti mereka adalah pelompat dan pemanjat yang hebat, jadi ketika dirumah kalian jangan kaget ketika melihat kucing turkish van kamu berada di atas lemari atau mengumpat di loteng, karena memanjat merupakan salah satu karakteristik utamanya.

Jenis dari ras ini memiliki karakteristik yang agresif ketika buntutnya di pegang dalam waktu yang lama atau di tarik, Mereka juga merupakan jenis ras yang bisa di gabungkan dengan anjing, namun sebelumnya kamu harus membiasakannya sejak mereka masih kitten.

Warna Bulu dan Grooming

Secara genetik, jenis dari ras ini adalah kucing dengan bercak putih yang sangat besar, jadi yang menjadi latar belakang dari warna bulunya adalah pola van yang berwarna hitam dan kuning, dan bercaknya berwarna putih yang sangat besar, hal tersebut di akibatkan oleh gen Piebald yang mereka miliki.

Warna yang terlihat pada ras atau trak ini meliputi, merah, cream, coklat, dan biru, kulit hidung mereka di berkati dengan warna merah muda seperti halnya bantalan telapak kakinya.

Mereka memiliki kepala yang besar dan berbentuk wedge dengan moncong bundar, mereka juga memiliki telinga yang besar dengan ujung yang agak membulat. Mereka memilii mata bundar dengan warna biru, kuning ataupun odd eye.

Seperti halnya binatang yang hidup dalam iklim yang cukup keras, ia di anugrahi dengan tubuh yang kuat dengan dada dan bahu yang lebar serta kaki yang panjang dan berotot.

Warna Ras Resmi :

  • Merah
  • Cream
  • Hitam
  • Biru
  • Putih

Cara merawat kucing Turkish Van

Cara merawat kucing turkish van yang di kenal memiliki mantel satu lapis dengan tekstur yang halus dan tidak adanya bulu yang mengumpal membuatnya mudah untuk di rawat, kamu hanya perlu menyisir setidaknya satu minggu sekali atau ketika hujan datang.

Ada musim dimana ia akan merontokan banyak bulunya, pada musim gugur bulu lamanya akan rontok untuk di gantikan bulu baru, semakin tua kucing ras ini, ia akan membutuhkan perhatian yang lebih pula, hal tersebut karena ia mulai tidak bisa untuk merawat tubunya sendiri jadi membutuhkan bantuan kamu.

Sikat gigi mungkin di perlukan untuk mencegah penyakit periodontal, kamu bisa menyikatnya setiap minggu sekali. Cara merawat kucing turkish van lainnya adalah dengan rutin menggunting kukunya, jangan biarkan kukunya panjang karena jika kita melihat tulisan di atas, ras ini termasuk ras yang suka memanjat.

Hal terpenting lainya dalam cara merawat kucing turkish van adalah dengan memeriksa telinganya setiap minggu, jika memang kotor kamu harus membersihkannya dengan bola kapas yang di campurkan 50% cuka sari apel dan 50% air hangat.

Agar Cara merawat kucing turkish yang di atas bisa berkerja maksimal, pastikan bahwa hewan lucu ini selalu di dalam ruangan, agar terhindar dari kotoran yang sewaktu-waktu bisa menodai bercak putih besar dalam bulunya.

Foto Kucing

Video Kucing