Kucing tanpa bulu atau kucing sphynx sangatlah vokal dibandingkan dengan jenis kucingnya, terlihat seakan tanpa bulu di tubuhnya, kucing jenis ini ternyata memiliki sifat yang sangat penyayang dan sangat loyal. Pesonanya yang sangat besar karena beda dengan jenis kebanyakan membuat artis papan atas seperti Raditya Dhika memelihara satu dari jenis ini.

Kucing tanpa bulu ini sebenanrya memiliki bulu mikro yang ketika di dekati baru terlihat secara samar-samar, kulit mereka terdiri dari mantel bulu satu lapis yang membuatnya tidak bisa seringkali kamu mandikan karena bisa berdampak kurang baik bagi kesehatannya, bisa dibilang dari segi perawatan karena ras ini cukuplah mudah untuk diurus, kamu tidak perlu melakukan sisir, akan jarang melakukan mandi, perawatan dominantnya adalah memberikan makanan kucing dan membersihkan litterbox kucing saja.

Sejarah kucing tanpa bulu

Kucing tanpa bulu atau sphynx merupakan ras yang merupakan hasil dari mutasi genetik tidak sengaja. Mutasi genetik ini bermula dari kucing yang bernama Elizabeth, Elizabeth sendiri merupakan kucing kampung dari salah satu kota di kanada. Tidak melakukan persilangan dengan ras manapun, Elizabeth melahirkan anak kucing yang lahir tanpa bulu dan dinamakan Prone.

Tahu apa yang sedang ia alami merupakan hal tidak biasa, pemilik dari prone akhirnya memutuskan untuk memperbanyak kucing ras ini, pada saat memperbanyak keturunan prone, sang pemilik akhirnya juga menyematkan persilangan dengan kucing devon rex agar gen rambutnya tidak menjadi resesif, walaupun tidak semua keturunannya pada saat itu berhasil tidak memiliki bulu, namun persilangan yang berhasilnya akhirnya bisa dikembang biakanan kini sudah menjadi ras yang cukup stabil.

Pada tahun 1970-an dimana masa bahwa binatang kucing sedang naik daun, organisasi yang bernama TICA atau The International Cat Association akhirnya memutuskan bahwa kucing ras ini merupakan ras yang unik dan diakui oleh organisasi tersebut.

Ciri-ciri dan sifat kucing tanpa bulu

Kucing yang memiliki ukuran pada kisaran 6 hingga 12 Pounds ini memiliki sifat yang sangatlah manja dan suka diperhatikan, jika memang sudah sangat dekat dengan pemiliknya, kucing ini akan mengikuti sang pemiliknya walaupun sang pemilik hanya ingin ke dapur, demi mendapatkan perhatian dari manusia, ras ini akan melakukan hal apapun meskipun hal yang dilakukan terlihat konyol.

Jika ia sudah memberikan seluruh tenaganya untuk mendapatkan perhatian dari sang pemilik namun si pemilik tetap saja cuek, mereka akan menjadi sosok yang energik dan terlihat tidak bisa diam, tidak bisa diam dari ras ini yang terkadang menjadi masalah karena tak jarang kelincahan dan kekonyolnya menjatuhkan barang barang seperti gelar yang ditaruh diatas meja.

Ras ini termasuk ras yang pintar oleh karena itu sebaiknya kamu membelikan mereka mainan kucing agar ketika kamu tidak ada waktu untuk bermain, mereka bisa bermain sendiri. Mainan kucing yang mereka suka biasanya merupakan mainan yang lebih mengacu kepada asah otak seperti puzzle dan dorongan untuk kucing.

Karena kucing tanpa bulu ini memili mantel yang satu lapis, oleh karena itu kamu sebagai pemilik harus menjaga suhu ruangan dan tubuhnya agar selalu ada pada kondisi terbaik karena ras ini sangat tidak bisa terkena dingin dan akan menjadi rentan sakit jika kamu menempatkannya dalam suhu yang salah atau merawatnya dengan cara yang salah.

Fakta menarik

  1. Kucing ini sangat ramah terhadap lingkungan
  2. Sangat benci sendirian dirumah
  3. Tidak Suka Dingin
  4. Merupakan Kucing indoor
  5. Merupakan Hypoallergenic
  6. Mudah mendapatkan sunburn
  7. Kucing jenis ini tidak butuh mandi yang sering
  8. Karena populasinya sedikit sehingga harganya mahal
  9. Merupakan kucing terapi yang baik
  10. Sangat terasosiasi dengan mesir dan banyak hal mistis

Kesimpulan

Jika mengacu kepada fakta menarik kucing tanpa bulu diatas, kesimpulan ang bisa di ambil adalah bahwa ras ini sangat ramah meskipun dengan orang baru sekalipun, selain ramah ras ini juga sangat benci untuk sendirian dirumah dan akan cenderung meiliki sifat destruktif jika seringkali ditinggal dirumah sendirian.

Karena mantel bulunya yang sangat tipis, jenis ras ini jadi sedikit tidak kuat terhadap rasa dingin entah dari cuaca ataupun karena air, oleh karena itu sebaiknya kamu terus menjaga suhu dan mengatur intensitas mandinya ya guys.

Karena kucng ras ini sangatlah manja serta memiliki fisik yang kurang tahan banting seperti kucing kampung oleh karena itu kami sangat menyarankan kamu untuk menjadikan ras ini sebagai ras indoor karena memang tubuh dan gaya hidupnya tidak cocok untuk diluar ruangan

kucing tanpa bulu 1
kucing tanpa bulu 2