Informasi Utama Kucing Sphynx

Ukuran Laki-Laki : <12 Pounds

Ukuran Perempuan : <11 Pounds

Warna Mata : Bervariasi

Lama Hidup : 9-15 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Tinggi

Panjang Bulu : Sangat Pendek

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, TICA, FIFe


Deskripsi Kucing Sphynx

Kucing Sphynx merupakan salah satu ras kucing yang paling terkenal di Indonesia, mereka memiliki tubuh dengan ukuran yang sedang jika dibandingkan dengan kebanyakan ras dan ciri utama dari kucing ini adalah mereka tidak memiliki bulu dan berkulit keriput sehingga menampilkan penampilan yang sangat unik untuk sebuah ukuran kucing, walaupun berukuran sedang, mereka bisa dikatakan termasuk hewan yang cukup berat? kenapa karena otot dari ras ini padat sehingga menambah volume dari berat badannya.

Kepala dari kucing ini berbentuk segitiga dengan mata yang cenderung lebar, mereka juga memiliki tulang pipi yang menonjol seperti halnya kucing yang kurus, telinga dari kucing ini cukup besar sehingga sekilas kita seperti melihat telinga yang dimiliki oleh kelelawar.

Jika dilihat sekilas dari jarak yang cukup jauh, kamu pasti mengatakan bahwa Sphynx merupakan kucing botak, namun ternyata pendapat tersebut adalah salah, karena faktanya kucing jenis ras ini memiliki bulu, namun sangatlah tipis sehingga jika hanya dilihat dari jarak yang cukup jauh, kamu tidak akan menemukan bulunya.

Sejarah Kucing Sphynx

Kucing Sphynx merupakan kucing yang sebenarnya tidak diharapkan untuk ada, mereka hadir berawal dari ketidak sengajaan persis seperti halnya kucing scottish fold dan kucing ragdoll, sebuah mutasi genetik menyebabkan kucing ini menjadi tidak berbulu, pada saat itu ada seseorang yang bernama elizabeth berasal dari toronto melakukan perkawinan terhadap kucingnya yang bernama prune, pada saat itu prune di silangkan dengan ras domestik berwarna dan hitam, hasil dari persilangannya menghasilkan dua anak kucing yang ternyata terdapat kelainan genetik.

Melihat bahwa hasil persilangan yang ia lakukan menghasilkan sesuatu yang baru dan unik akhirnya ia pada tahun 1970 terus memperbanyak keturunan dari ras ini, peternak lain yang melihat fenomena ini terus meneliti kenapa kucing sphynx bisa tidak memiliki bulu dan bersifat resesif, hingga sampai-sampai beberapa peternah hingga mencoba mengawinkannya dengan ras kucing devon rex yang mempunyai bulu keriting.

Penamaan kucing Sphynx memiliki referensi dari patung batu kapur raksasa yang ada dinegara mesir, dan disetujui oleh organisasi cat fancies association, dan hingga sekarang kami mencatat bahwa hampir semua organisasi setuju dengan pernyataan CFA, dan mendaftarkan ras ini dengan nama Kucing Sphynx.

Karakteristik Kucing Sphynx

Kucing Sphynx memiliki karakteristik yang sangat dekat dengan perhatian manusia, ia akan dengan senang hati mengikuti langkahmu meskipun langkahmu hanya untuk mengambil minum atau duduk, ia adalah jenis kucing yang akan melakukan itu. Jika setelah lama ia mengikuti gerakmu namun kamu masih tidak memperhatikan, ia biasanya akan melakukan sedikit aksi aksi kecil guna menarik perhatian dari pemiliknya, seakan mereka ingin berkata “lihat aku, main yuk”.

Kucing jenis ini termasuk ras yang sangat suka dengan ketinggian, jadi jangan kaget jika kamu melihat dirinya mengumpat di atas lemari atau atas plafon rumah, yang penting adalah ketika kamu memelihara kucing ini, kamu harus memastikan bahwa tidak ada barang pecah di atas meja atau lemari, karena dengan sikapnya yang senang sekali di atas ketinggian, mereka bisa menjatuhkan barangmu kapan saja.

Kucing ini juga merupakan kucing yang sangat bersosialisasi persis seperti kucing persia, berbeda dengan ras cornish rex yang hanya ingin bermain dengan sejenisnya, kucing ini malah sebaliknya, ia adalah ras yang bersahabat meskipun dengan anjing sekalipun sehingga sangat cocok jika kamu ingin memiliki 2 jenis kucing sekaligus didalam rumah.

Cara merawat kucing Sphynx

Ciri fisiknya yang tidak memiliki bulu seperti kucing pada umumnya, membuat hewan ini sangatlah mudah untuk dirawat, mereka juga tidak takut dengan air dan cenderung akan menikmati sesi mandi. Dengan sifat dan fisiknya yang seperti ini, kami menyimpulkan bahwa yang terpenting adalah mereka selalu diajak main, disayang dan diberikan makanan kucing yang baik. Berikut adalah list cara merawat kucing sphynx :

  • Lakukan mandi 2 bulan sekali, jangan terlalu sering karena kulitnya sangat tipis sehingga bisa membuatnya sakit jika terlalu sering dimandikan
  • Sediakan Litterbox guna keperluanya melakukan buang air
  • Ajak selalu bermain dan jangan ditinggal sendirian
  • Sediakan vitamin kucing
  • Berikan vaksin kucing secara teratur

Foto Kucing

Video Kucing