Informasi Utama Kucing Somali


Ukuran Laki-Laki : 3kg – 6kg

Ukuran Perempuan : 2.75kg – 5.5kg

Warna Mata : Hijau dan Emas

Lama Hidup : 9 – 13 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Sedang

Panjang Bulu : Panjang

Karateristik Bulu : Lembut

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, TICA


Deskripsi Kucing Somali

Kucing Somali merupakan salah satu jenis kucing yang memiliki ukuran tubuh sedang dengan otot yang cukup kekar dan berkembang dengan sangat baik.

Jika kamu mempunyai pendapat bahwa Kucing Somali berasal dari somalia mungkin itu ada benarnya (akan di bahas detail dibagian sejarah), karena kami melihat adanya kesamaan sifat di beberapa aspek di antara kebiasaan orang somali dengan kucing jenis ras ini, contohnya adalah mereka sama sama moderat dalam hampir semua aspek.

Karakteristik utama dari jenis ras ini adalah mereka memiliki kemiringan yang cukup lembut di antara kepalanya yang berbentuk segitiga, kepalanya yang cukup besar jatuh melunglai ke bawah bagian depan yang membuatnya terkesan seperti waspada dan cerdas.

Telinganya yang jatuh kebawah bagian depan di penuhi dengan bulu jumbai yang cukup berlebihan, jenis bulu dari jenis ini sangat lembut dan ekornya memiliki bulu yang jika sekolas diperhatikan mirip seperti rubah.

Mereka tampak istimewa pada bagian warna, ada kesan spesial di dalamnya, mereka di anugrahi dengan warna gelap yang lebih menonjol di garis tulang belakangnya, warna pada tubuhnya semakin cerah mendekati leher dan bagian bawah kucingnya.

Sejarah Kucing Somali

Kucing Somali pada dasarnya merupakan jenis lain dari kucing Abyssinian, mereka berbulu cukup panjang (namun tidak kami masukan dalam kelas long hair), yang di kembangkan di inggris raya yang kemudian di bawa ke daerah militer Abyssinia oleh Lord Robert Napier ketika hendak melakukan ekspansi Militer.

Kucing Jenis ras Somali yang pada saat itu di bawa oleh Lord Robert Napier bernama Zulu, Zulu pada dasarnya merupakan jenis yang indah yang merupakan cikal bakal dari jenis ras Kucing Somalia dan jenis Kucing Abyssinian.

Pola unik melapisi mantel bulu dari kucing Somali, ketika di lihat sekilas, bisa di katakan hampir mirip dengan mantel bulu dari kelinci liar. yang menarik dari sejarah kucing Somali adalah pada saat itu zulu tidak di kombinasikan dengan cara serius, Zulu di biarkan mengawini beberapa jenis kucing secara acak, dan yang terbaik adalah jenis dari ras abys dan somali yang kita kenal sekarang.

Ketika proses perkawinan Zulu, menghasilkan dua jenis kucing, yaitu berbulu panjang dan berbulu pendek, untuk yang berbulu panjang kita bisa kenal dengan ras Abyssinian sedangkan yang medium adalah Kucing Somali.

Menurut sejarah Kucing Somali, Pada tahun 1960, ras perkawinan yang gagal hasil perkawinan zulu, di bawa oleh peternakan dan di kembang biakan, dan disinilah proses naiknya popularitas kucing ras ini kian tumbuh.

Karakteristik Kucing Somali

Karakteristik Kucing somali sangat menggambarkan bahwa mereka adalah hewan yang aktif, mereka sangat suka bermain dan juga melompat, terlepas dari itu, ia adalah ras yang bisa di cari ketika ada dirumah.

Jenis ras ini mencintai binatang lain, mereka adalah ras dengan tingkat sosial yang tinggi, namun mereka tidak ketergantungan dengan diri kamu, karena ia bisa bermain dengan mainannya sendiri selama berjam-jam.

Seperti dengan saudara dekatnya, ia menjalani kehidupan dengan memanjat lokasi yang lebih tinggi, mereka melompat dan mereka sangat suka untuk berlarian kemana-mana,

Warna Bulu dan Grooming

Semua yang ada pada dirinya sangat menunjukan sifat yang ceria dan penuh perhatian, mata ereka yang berwarna emas dan berbentuk almond menunjukan minat yang sangat jelas, di baliknya terdapat garis yang cukup memanjang dari mata dan alis.

Mereka di berkati dengan otot yang anggun namun atletis, sekilas kita bisa melihatnya dengan tubuh yang cukup kekar, untuk bagian tubuh, mereka bisa di bilang mirip dengan ras persia yang panjang dan juga ramping.

Ketika sedang berjalan, kamu akan melihat sesuatu yang unik dari tubuhnya, ia akan terlihat sedang berjalan dengan ujung kakinya, ini cukup unik mengingat paw sangat halus dan lucu ketika di lihat dengan kita semua.

Pita warna dari ras ini membuat penampilannya semakin bercahaya, mereka memiliki bulu halus dengan ukuran sedang yang sangatlah berkilau, mereka juga memiliki kerutan dilehernya serta jumbai bulu horizontal yang menghiasi telinga bagian dalam.

Mereka di berkati dengan empat warna yang sangat menarik, di antaranya adalah coklat kemerahan yang jika kita lihat akan sangat artistik seperti layaknya sienna terbakar, lalu ada coklat gelap atau hitam, lalu ada merah, dan yang terakhir adalah warna kayu manis. Mereka memiliki kaki dengan batalan warna ikan salmon dengan hidung yang serupa.

Cara merawat kucing Somali

Cara merawat Kucing ini terbilang tidaklah cukup sulit, mereka memiliki bulu dengan ukuran yang tergolong sedang, kamu sebagai pemilik hanya perlu melakukan sisir sebanyak sekali hingga dua kali dalam seminggu untuk menghindari rambut mati, oleh karena itu kamu menyarankan agar kamu memakai sisir magnet yang terkenal bisa menarik rambut mati.

Ketika musim dingin atau di indonesia adalah musim hijan, mereka akan memerlukan perhatian ekstra darimu, kamu perlu untuk melakukan sisis setiap hari, karena pada saat itu akan ada banyak sekali bulu yang rontok setiap saatnya.

Kamu perlu melakukan sikat gigi sebagai pencegahan beberapa penyakit yang berasal dari mulut, jika kamu memiliki waktu yang cukup banyak, tidak ada salahnya melakukan pembersihan dengan intensitas setiap hari.

Untuk potong kuku kami sarankan lakukan setiap minggu, jangan tunggu kuku hewan kesayangan kamu terlanjur panjang karena bisa beresiko melakukan pengrusakan terhadai bahan bahan yang mudah di cakar, Hewan ini juga butuh perhatian di bagian matanya, kamu perlu melakukan usap dengan air hangat bagian matanya secara perlahan untuk membersihkan kotorannya.

Untuk bagian Kuping kami menyarankan kamu membersihkannya dengan kapas bundar yang di campur dengan cuka apple da juga air hanget sebagai anti bakterinya.

Foto Kucing

Video Kucing