Informasi Utama Kucing Snowshoe

Ukuran Laki-Laki : 5-6kg

Ukuran Perempuan : 5kg

Warna Mata : Biru

Lama Hidup : 15-20 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Tinggi

Panjang Bulu : Pendek

Karateristik : Membutuhkan perhatian yang sangat tinggi oleh pemiliknya

Teregistrasi pada Organisasi : ACFA, TICA


Deskripsi Kucing Snowshoe

Yang paling khas dari kucing snowshoe adalah bulu dan warnanya yang sangat unik, warnanya merupakan hasil turunan dari leluhurnya yaitu kucing siam. Terlahir sebagai kucing yang memiliki warna putih, kitten dari ras ini mengembangkan ciri-ciri dengan warna yang gelap diawal, namun seakan dengan berjalannya waktu warna dari trah ini akan semakin seperti putih.

Ras ini cantik dan juga unik, mereka memiliki bagian bawah kaki yang sangat bersih seperti salju, ditambah dengan tubuhnya yang cukup atletis, sangat menciptakan kombinasi yang mencolok tidak seperti sepupunya kucing tonkinese.

Ras ini memiliki kepala dengan bentuk segitiga serta kepala yang cukup panjang sehingga sangat terlihat bahwa struktur tulangnya jelas dan juga pasti, mata dari kucing ini juga cukup mencolok dengan warna birunya, namun ketika warna dari ras ini yang berubah ketika dewasa, warna dari matanya juga akan ikut berubah mengikuti hal tersebut.

Sejarah Kucing Snowshoe

Penampilan kucing snowshoe mengingatkan kita kepada era victoria akhir yang mana terdapat kucing siam dengan kakinya yang berwarna putih, sebenarnya itu adalah ras ini namun tidak begitu terkenal hingga akhirnya benar benar dikembangkan pada abad ke-20.

Sejarah kucing snowshoe kian berlanjut dari era victoria hingga pada tahun 1950an ketika ada peternak kucing siam dari philadelphia yang bernama dorothy hinds daughterty memutuskan ingin mengembang biakan ras siam namun dengan kakinya yang putih seperti salju.

Pada awal perkembang biakannya, daugherty memulai dengan tiga anak kucing siam yang memiliki karakteristik kaki putih, lalu ia menyilangkannya dengan kucing domestik shorthair dengan ciri khas terdapat tuxedo dalam warnanya, dan setelah disilangkan didapatlah cikal bakal dari si kaki salju yang terus populer hingga saat ini.

Meskipun daugherty sempat menyerah untuk memelihara kucing, namun para peternak lain merasa pantas untuk meneruskan apa yang sebelumnya sudah pernah dikembangkan oleh daugherty hingga pada akhirnya pada tahun 1982 asosiasi pemelihara kucing amerika mulai mengakui keberadaan dari ras ini hingga pada tahun 1994 akhirnya banyak sekali ras yang ikut mengakui keberadaaanya.

Ciri-Ciri Kucing Snowshoe

Kucing Snowshoe merupakan ras yang cukup unik dan menark untuk dipelihara, ia akan menjadi penguasa rumah yang sangat menghibur dan akan selalu ada ketika dibutuhkan karena memiliki empati tinggi yang diturunkan dari leluhur lainnya yaitu kucing oriental.

Kucing ras ini adalah tipe dari sahabat yang sangat setia, dia tidak patuh terhadap semua orang, namun kepada orang yang sangat dekat terhadapnya ia akan sangat nurut dan memiliki rasa ikatan yang tinggi, oleh sebab itulah kucing ini sangat bisa untuk dijadikan sahabat dirumah.

Kucing ras ini juga termasuk ras yang cerdas dan sangat senang untuk belajar hal baru, bahkan banyak dari peternak mengatakan bahwa ras ini bisa membuka pintu kandangnya sendiri. Kucing ras ini juga tidak takut dengan air dan bahkan bisa dikatakan sangat ahli dalam hal berenang.

Trah satu ini juga termasuk yang sangat bisa akrab dengan peliharaan lain tak terkecuali anjing yang sering menjadi musuh kucing saat dirumah. Kucing Snowshoe adalah pilihan yang sangat tepat jika kamu memiliki waktu serta siap untuk berkomitmen dengannya, karena ia merupakan ras yang sangat suka dengan interaksi dan tidak suka untuk berada sendirian dirumah.

Cara merawat kucing Snowshoe

Kamu perlu untuk menyikat bulu pendek dari kucing snowshoe setidaknya sekali hingga dua kali dalam seminggu untuk menghilangkan bulu mati yang bisa saja terlepas dan mengotori lantai kamu, sikat gigi juga diperlukan guna menghilangkan penyakit periodontal yang sangat sering mengenai kucing.

Karena ras ini termasuk ras yang sangat cocok berada di rumah, itu membuat kamu tidak perlu sering melakukan mandi terhadapnya, setidaknya kamu hanya perlu memandikannya sebulan hingga dua bulan sekali saja karena terlalu banyak memandikan kucing juga tidak akan baik untuk kesehatan mantel bulunya.

Foto Kucing

Video Kucing