Informasi Utama Kucing Siberian

Ukuran Laki-Laki : 5-8kg

Ukuran Perempuan : <7kg

Warna Mata : Biru, Hijau, Kuning

Lama Hidup : 11 – 18 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Sedang

Panjang Bulu : Panjang

Karateristik : Keriting dan halus

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, FIFe, TICA, WCF, FFE, AACE, ACF, ACFA, ACA


Deskripsi Kucing Siberian

Kucing Siberian diberkati dengan keglamorannya yang alami dan menakjibkan, mereka adalah keturunan resmi dari wilayah Taiga di Siberia yang terkenal dengan iklimnya yan subarctic dingin. Alasan iklim tersebut yang membuat trah ini memiliki genetik bulu mantel yang panjang dan juga lapisan dalam yang tebal sehingga terlihat sedikit ikal.

Kucing siberian sangatlah sayang dengan keluarga, mereka memiliki karakteristik yang sangat playfull apalagi terhadap keluarga, tidak seperti beberapa ras lainnya seperti ras oriental yang energik namun sangat menuntut waktu yang banya untuk bermain.

Trah ini sangat suka permainan mengejar laser, mungkin hal tersebut karena ia memiliki naluri sebagai kucing hutan sehingga masih kental darah untuk berburu olehnya. Kucing siberian merupakan ras yang dengan senang hari akan mengikuti kamu kemanapun kamu akan berpijak, ini adalah karakteristik utamanya.

Jika kamu termasuk seseorang yang senang berdekatan dengan hewan peliharaan atau senang tinggal dan tidur bersama hewan peliharaan, trah ini adalah ras yang sangat cocok, karena mereka merupakan ras yang sangat suka ketika tidur bersamaan dengan pemiliknya.

Sejarah Kucing

Sejarah Kucing Siberian masuk dalam budaya yang sangat dikenal oleh masyarakat daerah taiga siberia, karena mereka diyakini sudah ada sejak 1000 tahun lamanya, dan sudah sering dikenal sebagai icon oleh masyarakat sana.

Mereka merupakan pemburu yang sangat baik, oleh karena itu kucing siberian bisa menjadi sangat populer hingga saat ini, karena sejak ribuan tahun yang lalu, banyak masyarakat mengembang biakan trah ini untuk dijadikan pemburu tikus dan serangga lain dirumah, tidak seperti kucing domestik yang dirumah rumah kita ya teman, karena mereka melihat tikus saja lari ketakutan hehe.

Kucing siberia melakukan perjalanan yang mengubah sejarah trahnya pada tahun 1990 ketika tran ini untuk pertama kalinya diimpor ke amerika dan setlah saat itu mulai di akui oleh organisasi TICA atau The International Cat Association pada tahun 1996, cukup singkat mengingat hanya butuh 6 tahun untuk ras ini bisa tergistrasi dan di akui.

Semenjak kedatangannya sebagai penghuni trah baru di organisasi TICA, beberapa organisasi lainnya menyusul perlahan seperti CFA atau Cat Fanciers Association yang melakukan pendaftaran pada tahun 2006. Salah satu alasan yang membuat kucing siberian sangat populer adalah karena mereka terasuk yang memiliki reputasi sebagai hypoallergenic yang tidak semua kucing miliki.

Karakteristik Kucing Siberian

Ada pepatah russia yang menggambarkan bagaimana karakteristik kucing siberian ini secara gamblang, pepatah itu berbunyi “Jantung kucing siberian sehangat tanah kelahirannya, namun cukup dingin ketika saatnya datang”.

Kucing Siberian sangatlah mencintai orang-orang yang dekat dengan mereka, itu termasuk pemiliknya, karena mereka selalu ingin dekat di keluarga dan selalu ingin memberikan kasih sayang dalam setiap tindakannya.

Seperti Ras kucing Oriental, trah ini termasuk yang akan mengikuti kemana kamu akan berjalan dirumah, bukan bermaksud posesif tapi karakteristik ras ini memang seperti berikut, dimana selalu berharap perhatian dan selalu ingin dimanja.

Ketika kamu hendak kerja dan melakukan sesuatu, jangan kaget jika dirinya akan datang padamu dan duduk dalam pangkuanmu, atau ketika kamu hendak pulang kerja ia sudah menunggu di jendela dan langsung menghampiri ketika pintu terbuka, seperti itulah karakteristik kucing siberian, sangat hangat layaknya keluarga.

Selain setia dan penuh kasih sayang, karakteristik lainnya yang menonjol adalah mereka sangatlah aktif dan juga menyenangkan, dan mereka termasuk trah yang sangat suka dengan permainan lempar barang karna menurutnya permainan sama seperti olahraga, sangat menyenangkan dan juga bisa membuat dekat dengan keluarga.

Jika sebagian ras tidak suka dengan air, mungkin itu sangatlah berbeda dengan trah ini, merka termasuk dalam ras yang sangat suka terhadap air, jika dimandikan merka akan diam dan terkesan tenang, jadi bisa di pastikan nih teman, kalau merka tidak akan mencakarmu ketika kamu hendak memandikannya.

Jenis Bulu dan Tubuh

Kucing Siberian terkenal dengan mantelnya yang tiga lapis dan juga panjang, mantel tiga lapisnya terdiri dari bulu luar, bulu tengah dan bulu bagian dalam. Kucing ras ini juga mempunyai sesuatu yang dikenal ruff pada bagian leher, bahu dan dadanya.

Kucing Trah ini terkenal dan terlihat sangatlah kuat dan juga waspada, tetapi mereka menatap dunia dan menyapamu dengan ekspresi yang sangat manis. Mereka memiliki mata yang indah dengan warna hijau, emas, dan juga hijau emas sehingga kombinasi yang dihasilkan sangat menarik.

Warna bulu mereka yang dikenal dan diakui adalah yang berwarna putih atau bercak hijau coklat, saya termasuk penyuka siberian putih, karena putihnya mereka sangat bagus sekali, bahkan bisa dikatakan lebih bagus dibandingkan kucing anggora.

Cara merawat kucing Siberian

Karena ras ini memiliki bulu yang panjang, mereka seharusnya membutuhkan perhatian ekstra darimu, untuk menghindari rontok pada bulunya baiknya kamu menempatkannya pada ruangan yang ber-ac sehingga mantelnya bisa mendapatkan udara dengan baik.

Untuk menghindari rambut atau bulu yang kusut pada kucing siberian, baiknya kamu melakukan sisir padanya setidaknya seminggu dua kali, gunakan sisir magnetik sehingga bisa mengambil pula bulu-bulu yang mati pada dirinya.

Mereka adalah tipe pemain dalam keluarga, jadi kamu harus membantunya mengembangkan potensinya dengan secara teratur memotong kukunya. Untuk mandi, baikya kamu telah memiliki blower, karena ketika tidak, kamu akan kesusahan dalam mengeringkan kucing siberian yang memiliki bulu tiga lapis.

Foto Kucing

Video Kucing