Informasi Utama Kucing Selkirk Rex

Ukuran Laki-Laki : >16 Pounds

Ukuran Perempuan : >15 Pounds

Warna Mata : Banyak Variasi

Lama Hidup : Lebih dari 15 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Tinggi

Panjang Bulu : Medium

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, FIFe, TICA, WCF


Deskripsi Kucing Selkirk Rex

Kucing Selkirk rex merupakan salah satu jenis kucing yang memiliki tubuh sangat besar seperti halnya kucing maine coon, bayangkan saja ketika sudah dewasa, berat dari ras ini bisa mencapai hingga 16 Pounds lebih, mereka sangatlah padat dan juga besar.

Tubuh kekar dan padat dari ras ini sama persis seperti para saudaranya yaitu kucing devon rex dan juga cornish Rex, kakinya akan sedikit terlihat seperti kucing british shortnair, namun CFA akhirnya memberikan pernyataan bahwa Selkirk rex merupakan ras dengan genetik yang murni jadi tidak terikat dengan ras apapun.

Kucing Selkirk Rex sama seperti keturunan rex lainnya yang memiliki rambut keriting, bahkan saking keritingnya ras ini mereka sampai disebut sebagai kucing yang memakai pakaian domba karena rambutnya yang sangat kerting dan juga kumis yang sudah panjang dari sejak lahir sifat dari ras ini sangatlah suka diemong dan digendong oleh karena itu mereka pastinnya akan sangat cocok dengan orang tua yang biasanya lebih sering menggendong kucing diabandungkan anak SMP.

Sifat dari ras ini tergolong sedikit tempramen, energik dan juga tidak bisa diam, walaupun terkesan mereka adalah ras yang jutek dan tidak mentolerir orang baru, namun pada nyatanya ras ini selalu ramah terhadap siapapun orang itu.

Sejarah kucing Selkirk Rex

Sejarah kucing selkirk rex dimulai dari montana pada tahun 1987, pada saat itu sedang dilakukan perkawinan yang melibatkan kucing domestik berbulu pendek dengan kucing persia hasil dari perkawinan tersebut menghasilkan 6 anak kucing, 5 diantaranya mengikuti struktur dari kucing domestik dan satunya sangatlah unik karena berbulu kriting dan dinamakan Miss DePesto.

Miss DePesto akhirnya dikawinkan lagi dengan kucing persia lainnya, hasil dari perkawinannya menghasilkan 3 anakan yang mana memiliki rambut keriting persis seperti yang dimiliki DePesto, pada saat itu akhirnya diketahui bahwa turunan dari rambut keriting membawa genetik yang dominan sehingga ini menjadi faktor yang sangat menarik bagi para peternak untuk mengembang biakan ras ini.

Guna keperluan keberagaman dari jenis ras ini, telah disepakati pada tahun 1980an bahwa ras serkrik tidaklah hanya yang berbulu panjang, namun yang berbulu exotic dan berambut keriting juga masuk dalam keluarga serkrik, hingga akhirnya pada tahun 1990an beberapa organisasi mulai menjadikan ras ini sebagai ras yang baru dan baru di verifikasi oleh CFA pada tahun 1992.

Cara merawat kucing

Kucing jenis rex memiliki karakteristik fisik yang menonjol karena mereka diberkati dengan bulu yang cukup keriting, bulu seperti ini membawa dampak kepada tingkat intensitas penyisirannya yang harus lebih sering dikarenakan jika tidak akan berdampak kepada kusutnya bulu kucing ini, kami menyarankan untuk melakukan sisir pada ras ini sebanyak 2 kali dalam seminggu, tujuannya jelas untuk menghindari bulu kusut dan juga menarik bulu yang siap untuk rontok.

Selain melakukan sisir dengan intensitas yang sering, kamu juga perlu untuk melakukan mandi terhadap ras ini setidaknya sebulan sekali karena ras ini termasuk ras yang sangat mudah kotor, selain daripada itu yang kamu harus lakukan hanyalah memerikan makanan kucing yang baik, menyediakan tempat pembuangan dan juga memberikan waktu untuk bermain bersama mereka.

Foto Kucing

Video Kucing