Informasi Utama Kucingnya

Ukuran Laki-Laki : >6 Kg

Ukuran Perempuan : >5 Kg

Warna Mata : Hijau dan Kuning

Lama Hidup : 8-12 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Sedang

Panjang Bulu : Pendek

Karateristik Bulu : Pendek Berkilau

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, TICA

Sekilas Tentang Kucing Savannah

Kucing Savannah yang merupakan hewan hibrida dari kucing domestik dan juga kucing liar berukuran sedang di Afrika membuatnya memiliki penampilan yang menarik dan juga nyentrik bak harimau yang kecil namun tetap garang pada tampilannya.

Jika kalian menginginkan Kucing dengan tingkat aktifitas yang rendah jadi kalian tidak di ganggu ketika hendak santai dalam kamar atau sedang menonton netflix, ras ini bukanlah pilihan yang tepat karena darah liarnya masih sangat mengalir sehingga memiliki banyak sekali energi dan termasuk sangat tidak bisa diam.

Membuat Kucing Savannah banyak diam bukanlah hal yang cocok untuk di lakukan, hal tersebut akan membuatnya menjadi bosan dan mungkin akan berdampak kepada sifat liar nya yang mungkin akan keluar, jika ini terjadi, bisa saja ia mengobrak abrik barang dirumah karena tipe mereka yang memang tidak suka untuk diam.

Untuk pemilik yang memang rajin bermain dan juga rajin mengurusi berbagai macam perlengkapan hewan, Kucing Savannah bisa menjadi pilihan yang baik, karena dengan sifatnya yang tidak bisa diam dan juga sangat bersemangat bisa di imbangi olehmu.

Sejarah Kucing Savannah

Kucing Savannah mulai dikembangkan ketika banyak kucing domestik melakukan persilangannya dengan beberapa kucing liar afrika, melihat fenomena tersebut, pada tanggal 7 april 1986 ada beberapa peternak yang mencoba melakukan eksperimen serupa, ia adalah peternak yang bernama Patrick Kelly dan Joyce Sroufe, mereka berdua pada akhirnya berhasil menemukan ras kucing Savannah dan hingga kini, ras ini menjadi populer.

Pada saat melakukan persilangan dengan kucing besar dari afrika, joyce dan temannya mencoba menyilangkan beberapa ras sekaligus, dalam percobaannya ia mencobe menyilangkan Egyptian Maus dan kucing bengals.

Kini ada peraturan bahwa dilarang melakukan persilangan guna menciptakan ras serupa dari dua ras yang berbeda, seperti contoh ketika kamu hendak ingin mendapatkan savannah, kamu dilarang mendapatkannya dari hasil persilangan bengals dengan kucing afrika, kamu harus melakukan perkawinan yang sama jenis.

Kucing ras ini mendapatkan pengakuan dari organisasi internasional pada tahun 2001 oleh TICA, dan mulai mendaftarkannya dalam ajang kompetisi dimulai dari tahun 2012, selain TICA, CFA juga melakukan pendaftaran terhadap ras ini.

Karakteristik Kucing Savannah

Jika kamu mengharapkan ingin memelihara peliaharaan yang manis dan juga pendiam, kami sangat menyarankan jangan pelihara Kucing Savannah, jenis dari ras ini adalah ras yang sangatlah aktif dan suka berpetualang, persis seperti kucing besar khas afrika.

Tubuhnya sangatlah atletis yang memungkinkan dia untuk bisa melompat dari tempat yang tinggi ke tempat yang lain, ia sangat suka sekali terhadap beberapa permainan dengan manusia, salah satunya permainan yang di lakukan dengan mengumpat.

Walaupun di atas kami menjelaskan bahwa ia sangat energik, namun mereka tidaklah liat, mereka merupakan tipe ras yang akan sangat ramah ketika ada tamu baru yang datang, mereka akan mencoba untuk melaukan interaksi secepat mungkin dengan orang baru.

Dibutuhkan pemilik yang sangat cerdas untuk bisa mengelabui kucing savannah, karena saking cerdasnya ras ini, ia bisa membuka keran air sendiri, atau bahkan lepas dari kandangnya sendiri.

Jika memang berniat untuk memelihara ras ini, kami menyarankan untuk melindungi barang pecah dirumah kamu dari tempat yang mudah jauh, mereka yang sangat energik dan suka melompat, bisa dengan mudah menyentuh barang pecah di meja dan menjatuhkannya seperti tidak terjadi apa-apa.

Jenis Bulu

Kucing Savannah memiliki beberapa pola berbeda dalam bulunya, mereka ada yang berwarna Hitam, Coklat atau bertitik titik hitam, mereka juga ada yang berwarna hitam dan pertak dengan titik titik emas solid di belakangnya.

Ras ini sangat menonjol karena tanda-tanda yang sangat berbeda dengan ras lainnya, bintik-bintiknya jika di perhatikan secara sekilas mungkin akan mirip dengan mata banteng yang di jejerkan memanjang.

Karena ada darah domestik shorthair di tubuh mereka, maka dalam beberapa kesempatan akan ada warna bulu dari ras ini yang tidak di jelaskan dalam standar breed seperti warna kayu manis yang di kombinasikan dengan colorpoint. Mereka tidak di daftarkan oleh organisasi internasional sebagai pemilik warna menarik, namun lebih kepada penampilan yang berbeda.

Mereka memiliki kepala yang berbentuk segitiga yang juga didukung oleh leher yang cukup panjang, mereka di anugrahi dengan telinga yang besar dan juga lebar, mereka termasuk dalam pemilik ekor sedang.

Untuk mencapai ukuran dewasa, Kucing Savannah harus menunggu hingga umur 3 tahun tiba, hal menarik lainnya dari ras ini adalah karena mereka memiliki kaki belakang yang sedikit lebih panjang dibandingkan kaki depannya.

Cara merawat kucing Savannah

Dengan struktur bulu yang pendek, kami menyarankan untuk menyikatnya sekali atau setidaknya dua kali dalam seminggu guna menghilangkan rambut yang mati dan rontok disekitaran rumah kamu.

Walau mereka memiliki keturunan liar, namun kamu tetap perlu melakukan sikat terhadap giginya guna menghilangkan penyakit periodontal.

Dalam membersihkannya jangan sekali kali memegang dengan tangan kosong, kami menyarankan kamu untuk memasukan ia kedalam kandang besar dan semprot dirinya dengan air dan sabut dari luar, jika tidak, tanganmu akan menjadi cakarannya dan juga ia akan melakukan perlawanan yang ekstra.

Foto Kucing

Video Kucing