Informasi Utama Kucing Russian Blue

Ukuran Laki-Laki : >8kg

Ukuran Perempuan : 7kg

Warna Mata : Hijau tua saat Kitten dan menjadi hijau cerah saat adult

Lama Hidup : 15-20 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Rendah

Panjang Bulu : Pendek

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, FIFe, TICA, WCF


Deskripsi Kucing Russian Blue

Mantel bulu dua lapis dari kucing Russian Blue akan membuat dirinya lebih besar dibandingkan ukuran tubuh aslinya, mereka memiliki mantel yang sangat padat serta lembut. Kucing jenis ras ini bukan merupakan pilihan yang baik bagi seseorang yang memiliki riwayat alergi pada kucing, hal tersebut dikarenakan ras ini menghasilkankadar glikoprotein yang lebih rendah serta Fel d1, yang merupakan zat anti alergi dibandingkan ras kucing lainnya.

Trah ini bisa dikatakan cukup unik karena memiliki kepala berbentuk segitiga, tubuh mereka ramping dan juga memiliki struktur tulang yang sangatlah halus. Di negara asalnya, mereka sangat dikenal karena trah ini menghasilkan senyum alami pada wajahnya, dan yang paling memukau terdapat pada matanya yang berwarna hijau terang.

Meskipun bertubuh ramping, kucing Russian Blue sangatlah kuat, dan walaupun bulunya yang sangat tebal tersebut seringkali menyembunyikan leher dan juga bahunya hal tersebut tidak mengganggu kakinya untuk berlari dalam kecepatan yang cukup tinggi seperti halnya kucing ragamuffin dan kucing british shorthair.

Sejarah Kucing Russian Blue

Sejarah dari kucing russian blue sebenarnya masih sangat misterius sampai saat ini, walaupun namanya sudah sangat menjelaskan bahwa mereka berasal dari negara rusia, namun hingga sekarang tidak ada yang mampu menjelaskan kenapa mereka bisa dinegara tersebut. Trah ini sering disebut oleh masyarakat sekitar sebagai matushka nature yang artinya bukan ciptaan manusia dan melainkan sudah diciptakan oleh yang diatas sebagai ras murni.

Kiprah kucing ini kian menjadi populer dimulai ketika mereka membuat penampilan pertamanya di kontes pertunjukan kucing yang berada pada kota crystal palace london negara inggris pada tahun 1875. Pada saat itu trah ini diberikan label archangel cat karena ada mitos yang menyebutkan bahwa mereka berasal dari kota archangel rusia.

Seseorang yang bernama Ny Carew Cox mulai melakukan impor terhadap ras ini dimulai pada tahun 1890, semenjak itu populasi dari ras ini kian banyak dan juga berkembang, pada era Carew Fox ras ini dikatakan masih belum stabil karena masih banyak sekali paduan warna yang sangat bervariasi menyebabkan pencirian yang sangat sulit.

Pada tahun 1912 akhirnya kucing trah ini cukup mapan dan sudah memiliki gen yang solid sehingga dapat diperlihatkan dalam kontes dengan kelasnya sendiri.

Seperti yang dialami oleh kebanyakan ras kucing didunia, bahwa perang dunia kedua hampir menghabiskan trah ini, ketika perang dunia sedang berlangsung, populasi dari kucing russian blue sangatlah turun drastis sehingga hampir mengalami kepunahan, untuknya beberapa peternak yang berada di skandinavia mulai juga mengembang biakan ras siam dan juga si biru ini karena mereka rasa ras ini hampir puna dan harus diselamatkan.

Trah yang sempat mengalami masa kritis karena perang dunia kedua ini pertama kali diimpor ke negara amerika serikat pada tahun 1900, tetapi tidak sampai perang dunia ke dua selesai, para peternak mulai mengembangkan jalur distribusinya sehingga ras ini bisa berhasil melewati ancaman kepunahan pada tahun 1947.

Ciri-Ciri Kucing Russian Blue

Kucing Russian blue seringkali dikenal sebagai kucing yang pendiam dan juga agak pemalu, walaupun disini kami mengatakan bahwa mereka adalah ras yang pendiam, tapi mereka sebenarnya juga merupakan ras yang sangat suka bermain dan juga menikmati lompat dan memanjat ditempat yang cukup tinggi.

Trah satu ini bukan termasuk kucing yang akan ramah terhadap orang baru dirumah, ia membutuhkan adaptasi yang cukup lama hingga akhirnya ras ini mau berdekatan dan bermain dengan orang baru, namun ketika berhadapan dengan keluarga, ras ini termasuk dalam ras yang sangat setia, ia memiliki empati yang sangat tinggi sehingga ketika pemiliknya sedang sedih ia dengan peka nya bisa datang dan menghibur si pemilik.

Kucing asli dari negara rusia satu ini sangat tidak suka jika ia harus didiamkan didalam rumah dalam waktu yang lama, mereka adalah tipe yang sangat suka keadaan bersantai dengan banyak orang yang mereka kenal dirumah, mereka juga tidak destruktif dan cenderung bergerak melalui rumah dengan sangat lembut.

Jika kamu adalah tipe seseorang yang memang suka bermain dengan binatang, ras ini adalah pilihan yang tepat, karena dengan sifat kamu yang demikian, kalian akan saling melengkapi dan mengisi yang dibutuhkan, namun sebaliknya, jika kamu tidak memiliki waktu, mereka akan menjadi destruktif dan menyebalkan.

Jenis Bulu & Ciri Fisik

Tubuh dari kucing ini cukuplah anggun namun memiliki otot yang solid didalamnya, mereka juga seringkali disebut sebagai nama Doberman Pinscher of cat karena tampilannya yang gagah seperti anjing doberman.

Mereka jika dilihat seilas sangat persis seperti keturunan kucing persia dan kucing kucing oriental, karena hal ini pula beberapa asosiasi peternak kucing membuat standar baru untuk trah ini yang mana harus memiliki kepala halus dengan bentuk baji serta moncong yang terlihat tumpul.

Irisan kepala mereka cukup lebar dengan tengkorak yang datar seperti halnya ular kobra. Tubuh mereka ditopang oleh kaki yang cukup panjang dan memiliki tulang halus sehingga lebih rentan patah, paw mereka berbentuk bundar dengan warna laverder pinky yang membuatnya sangat imut dan menggemaskan.

Kucing Russian Blue menonjol karena warna dari mantelnya yang sangat khas dan dominan, mereka akan terlihat sedikit abu-abu, namun istilah abu-abu dalam kucing seringkali disebut sebagai blue oleh karena itu nama mereka adalah russian blue bukan rusian grey.

Cara merawat kucing Russian Blue

Cara merawat kucing russian blue bisa dikatakan sangatlah mudah, kenapa mudah? karena hampir sama dengan kebanyakan kucing shorthair lainnya, mereka tidak membutuhkan perawatan setiap hari. Untuk sisir kamu hanya perlu melakukannya setidaknya 2 minggu sekali saja, 2 minggu sekali sudah sangat cukup guna menghilangkan bulu mati yang bisa saja rontok ke lantai, kami menyarankan kamu untuk memakai sisir magnetik guna mempermudah pekerjaan kamu.

Makanan kucing dan litter box kucing juga harus selalu tersedia karena kedua faktor ini menentukan kesehatan dari si kucing itu sendiri, kamu juga perlu melakukan gunting kuku, untuk gunting kuku pada kucing sebenarnya tidak ada waktu khusus kapan ini akan berulang, namun kamu harus memotongnya ketika kamu rasa itu sudah panjang dan bisa melukai seseorang atau membuat rusak perabotan dirumah.

Foto Kucing

Video Kucing