Informasi Utama Kucing Ragdoll

Ukuran Laki-Laki : >8kg

Ukuran Perempuan : 8kg

Warna Mata : Biru

Lama Hidup : 7-12 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Sedang

Panjang Bulu : Panjang

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, FIFe, TICA


Deskripsi Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll adalah kucing berukuran besar dengan ekor yang panjang serta bulu yang cukup tebal, mereka memiliki struktur tulang yang cukup berat dengan bulu yang jika dilihat sangatlah mengesankan dan memberi kesan yang mewah.

Kucing Ragdoll memiliki kepala yang sedang, namun jenis dari trah ini mempunyai bulu yang lebat sehingga memberikan kesan bahwa kepalanya cukup besar, untuk bagian telinganya bisa dibilang juga berukuran sedang dan hampir tertutup dengan bulu yang mereka miliki, kepalanya ditunjang dengan struktur segitiga, kakinya dikatakan cukup kuat karena bisa melompat tinggi, kesempurnaan kucing Ragdoll ditutup dengan warna matanya yang sangat indah dan mempesona.

Kucing Trah Ragdoll ini hadir dalam beberapa pola warna yang cukup mengesankan, mereka sering memiliki tubuh yang terang dan juga dilapisi warna yang kontras di ujung dari bagian bulunya, sehingga bulu dari trah ini selalu menghasilkan gradasi warna yang mengesankan.

Di bagian dahi dari ras ini terdapat pola gelap pada bagian dahinya dengan corak seperti huruf V terbalik, semua bagian dari kakinya menggambarkan corak ruff yang mengarah kepada putih.

Sejarah Kucing Ragdoll

Sejarah Kucing Ragdoll dimulai pertama kali ketika peternak yang bernama ann baker dilokasinya yang berada pada kawasan Riverside kota California pada tahun 1960an berhasil menemukan pola yang sangat bagus yaitu pola cap mitted atau yang lebih familiar adalah pola tuksedo hitam, dan banyak sekali kucing berbulu panjang lain dari keturunan yang tak dikenal.

Baker yang merupakan nama kucing ragdoll yang pertama bersifat sangat lembut, tenang dan juga berukuran cukup besar dibandingkan dengan ras lainya, baker memiliki bulu yang sangat panjang dan mempesona dengan pola himalaya disedikit bagian tubuhnya.

Kucing ras lain yang berkontribusi dalam perkembangan kucing ragdoll diantaranya adalah ras Birman, Burma dan Persia.

Baker pada saat itu mencengangkan dunia peternakan karena memiliki banyak sekali klaim yang tidak biasa dalam perkembangan dunia binatang kucing, salah satu klaim yang sangat tidak logis adalah adanya pengaruh dari alien dan percobaan CIA dan infus tentang gen manusia yang dimasukan dalam Baker.

Melepaskan diri dari peternakan dimana baker ada, banyak sekali ternyata orang yang suka terhadap ras ini sehingga muncul-lah banyak fanciers tentang ras ini dengan tujuan mereka melakukan standarisasi trah dan mendapatkan pengakuan serta terdaftar pada organisasi kucing internasional.

Asosiasi Pemelihara kucing yang sangat terkenal mulai melakukan pendaftaran pada ras ini pada tahun 1993, dan butuh waktu sampai 7 tahun bagi mereka melakukan pengakuan penuh terhadap ras ini, organisasi yang menjadi pelopor di antaranya adalah AFA dan TICA.

Karakteristik Kucing Ragdoll

Tidak seperti kebanyakan kucing pada umumnya, spesies baker ii terkanal karena ia akan luluh kepada siapapun yang memegangnya, terutama bagi mereka yang menggendong dengan menggantungkan bahunya, ia sangat suka posisi tersebut sehingga jika kamu melakukan gendong seperti itu, kamu sama saja sudah meluluhkan perasaannya.

Hampir sama dengan ras kebanyakan, jenis dari trah ini termasuk yang sangat suka mengikuti pergerakan kamu ketika berada dirumah, mereka akan sangat sering masuk dalam pangkuan kakimu. Kucing ragdoll juga memiliki karakteristik sebagai hewan yang cerdas, hal tersebut karena ia sangat hafal dengan namanya sehingga akan datang ketika namanya dipanggil.

Kata yang paling sesuai dan sering digambarkan tentang bagaimana dirinya adalah mereka adalah jenis hewan yang sangat jinak, walaupun dikenal sangat jinak, bukan berarti bahwa mereka bukan merupakan tipe kucing yang aktif, buktinya mereka akan sangat suka bermain dan berbaur dengan keadaan keluarga.

Kucing Ragdoll memiliki perilaku yang sangat positif serta baik dan juga sangat mudah dirawat, ia paling akan ada di sofa atau ditempat tidur, mereka tidak akan kabur dan mereka sangat setia kepada rumah dan pemiliknya layaknya seekor anjing.

Jenis Bulu Kucing Ragdoll

Ras ini sangat menonjol dibandingkan ras lain karena ukurannya yang besar serta bulunya yang cukup lebat untuk kucing dengan jenis kepala yang runcing. Matanya yang biru sangatlah yang indah.

Beberapa laki-laki dalam trah ini memiliki bobot yang sangat jauh lebih besar dibandingkan dengan ras lainnya, bahkan kami menemukan ada yang sampai mencapai 20 Pound, cukup besar dan hanya bisa disaingi oleh kucing maine coon.

Organisasi Internasional mengatakan bahwa Kucing Ragdoll harus memiliki kepala yang cukup besar dan juga lebar untuk memenuhi standart breednya, semua sisi dari kepalanya haruslah memiliki panjang yang sama dan sejajar dengan moncongnya.

Matanya memiliki bentuk oval dengan warna biru terang, telinga dari ras ini mempunyai ukuran yang sedang namun memiliki ujung yang sedikit bulat serta miring ke bagian depan.

Kucing Ragdoll mempunyai bulu yang cukup panjang, dengan ruff yang membentang dibeberapa bagian tubuhnya, secara keseluruhan, kucing trah ini memiliki empat pola dan juga dua warna yang mana adalah warna van, mitted serta colorpoint dengan warna kombinasi lain yang cukup banyak seperti biru, coklat, ungu, merah, cream, dot dan juga torie serta torbie.

Cara merawat kucing

Cara merawat kucing ragdoll, ras yang dibilang sebagai primadona cukuplah sulit, untuk membuatnya selalu terlihat gagah dan garang, kamu perlu melakukan sisir yang cukup sering terhadapnya, karena seperti layaknya kucing berbulu panjang lain, akan mudah rontok baginya maka dari itu butuh perhatian lebih dari pemilik.

Kamu juga perlu melakukan mandi yang cukup rutin karena jika tidak mungkin saja banyak kotoran yang akan menempel pada bagian bulunya, terlebih jika ternyata litter box miliknya penuh, pasti akan membuka potensi bahwa kotorannya akan mengenai bulu.

Matanya yang indah juga memerlukan perhatian darimu, mungkin mereka akan sedikit berbelek pada pagi hari, dan maka dari itu kamu harus membersihkannya dengan melakukan lap yang di tambahkan dengan air hangat agar nyaman.

Foto Kucing

Video Kucing