Subsrcibe

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Blog Post

Kucing Persia
Kucing, Kucing Long-Hair

Kucing Persia 





Informasi Utama Kucing Persia

Ukuran Laki-Laki : >7kg

Ukuran Perempuan : <7kg

Warna Mata : Biru, Hijau, Coklat, Odd Eyed

Lama Hidup : 8 – 11 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Sedang

Panjang Bulu : Pendek Hingga Panjang

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, FIFe, TICA, FFE, ACF, CCA, GCCF, LOOF, WCF


Deskripsi Kucing persia

Kucing persia merupakan ras yang paling terkenal dan populer di Indonesia, hampir semua petshop menyediakan kucing ras ini untuk diadopsi, bukanlah hal sulit untuk menemukan ras ini di Indonesia. Banyaknya populasi trah ini di Indonesia di akibatkan karena banyaknya peternak yang mengembang biakan ras ini, dan secara yang bersamaan memang juga memiliki banyak peminat.

Trah persia memiliki tubuh yang sedang jika dibandingkan dengan kucing ras lainnya, namun meskipun trah ini berukuran sedang, mereka memiliki tulang yang berukuran besar, dengan bulunya yang lebat, trah ini akan terlihat jauh lebih besar dibandingkan tubuh aslinya.

Kucing Persia dikenal sebagai ras yang sangat santai, mereka juga sangat suka terhadap suasana memberi, mereka bukan tipe yang akan suka melakukan aungan disepanjang hari. Trah jenis ini merupakan salah satu sosok yang bisa dibilang hadir sebagai pelengkap didalam keluarga, semua ketenangan yang ia miliki serta manja yang ia miliki membuat kita akan menjadi lebih betah berada dirumah.

Saya sendiri memiliki kucing dengan jenis ini sebanyak dua ekor dirumah, saya memutuskan mengadopsi mereka sebagai hewan peliharaan karena sifat mereka yang sangat manja serta penampilan mereka yang sangat khas.

Sejarah Kucing Persia

Sejarah Kucing Persia dimulai dari daerah yang dahulu kala disebut sebagai Mesopotamia, kini daerah tersebut dikenal oleh kita semua sebagai Iran Modern.

Rambut yang panjang serta bentuk dari tubuhnya yang sangat elegan adalah hasil dari mutasi genetika alami dan tidak ada campur tangan manusia sama sekali. Penampilannya yang sangat menarik mampu memberikan perhatian kepada para bangsawan Italia pada abad ke-17.

Orang yang pertama kali membawa trah ini ke wilayah eropa bernama Pietro Della Valle, pada saat itu tepatnya pada tahun 1626 terjadi sebuah peristiwa penting dalam sejarah kucing persia, karena ras yang dibawa oleh Pietro sangat disukai di wilayah eropa dan semenjak saat itu ras ini kian menjadi sangat terkenal perlahan.

Dari abad ke-17 hingga akhir abad ke-19 trah ini mengalami peningkatan popularitas yang kian drastis, sehingga pada akhirnya trah ini menjadi binatang khas yang indentik dengan wilayah yang bersama Persia, Turki dan juga Afghanistan.

Sejarah Kucing persia kembali mendapatkan trigger yang penting ketika pada tahun 1871 tepatnya di kota Cystal Palace untuk pertama kalinya trah ini dipamerkan. Disandingkan dengan banyak sekali ras kucing lain, ternyata yang paling mendatangkan perhatian adalah kucing persia, dipameran tersebut ia menjadi sebuah selebritas karena dikelilingi banyak sekali orang. Saking terkenalnya hewan ini, iapun mendapatkan suka dan perhatian yang amat dalam dari Ratu Victoria.

Sejarah Kucing persia di Amerika serikat dimulai sejak abad ke-19, ketika ras ini pertama kali diimpor kesana, semanjak kedatangannya di negara Amerika, ia langsung menjadi sangat populer dan bahkan menyisihkan kucing maine coon yang sama-sama berbulu panjang.

Sejarah Kucing persia yang sangat panjang membuatnya ia kian menjadi peliharaan yang sangat populer di Dunia, tidak hanya di Indonesia mereka sangat dicari dan terkenal, namun seluruh dunia suka akan trah ini.

Sifat dan Karakteristik

Daya tarik dari trah ini tidak terbatas pada bentuk dan bulunya saja, kucing persia juga memiliki karakteristik serta sifat yang sangat bisa dibilang primadona dibandingkan dengan ras lain.

Trah yang merupakan kebanggaan dari ratu victoria ini sangatlah pendiam dan juga manis, mereka patuh dan cenderung bisa dilatih beberapa trik kecil, sosoknya sangatlah manja dan mau dekat manusia membuat beberapa pemilik bahkan sangat sayang dan memperlakukan ras ini seperti layaknya keluarga.

Tidak seperti ras lain yang juga manja, Manja dari kucing ras ini sangatlah berbeda, ia terkesan seperti mengais perhatian agar semua yang didekatnya menjadi perduli dengannya. Mereka adalah sosok yang dengan santainya bisa duduk dipangkuanmu atau yang tidur diatas laptopmu agar mendapatkan perhatian.

Lingkungan yang ramai akan suara dan keras bukanlah tempat yang baik bagi trah ini, mereka adalah penikmat ketenangan yang benar adanya. Ciri khas utama dari tubuh ras ini adalah matanya yang besar, mereka juga ekspresif dan akan sangat menyedihkan ketika mereka mengeluarkan wajah sedihnya, mereka lembut, memiliki hidung yang unik dan sangatlah menyenangkan.

Jika kamu termasuk yang akan mengajaknya bermain tikus atau catnip, mereka tidak akan pernah melupakan kebaikanmu itu, mereka akan mengembalikan kebaikanmu lebih dari yang kamu berikan kepadanya. Berbeda seperti kucing bengal yang mungkin akan lompat dari lemari satu ke lemari lain, Kucing trah ini bukanlah tipe yang seperti itu, pilihan untuknya ada dua, bermanja denganmu atau tidur.

Jenis Bulu & Anatomi

anatomi kucing persia

Kucing Persia memiliki penampilan yang sangat khas, ras ini memiliki kepala yang besar dan juga bundar, mata yang besar yang indah serta bundar, hidungnya adalah pembeda yang sangat dominan, mereka dikaruniai hidung pesek dan telinga yang sangatlah kecil.

Kepala dari ras ini didukung oleh lehernya yang pendek, mereka memilik bulu yang sangat tebal namun tubuhnya cukup berotot. Kaki dari kucing ini sangatlah pendek namun gempal sehingga sangat lucu.

Ciri khas lain dari kucing persia adalah dimana mereka memiliki bulu yang sangat panjang serta tebal dan juga berkilau sehingga sangat menarik perhatian, mereka memiliki ruff yang ukurannya cukup besar pada bagian lehernya, mereka juga memiliki jumbai yang terletak ditelinganya.

Variasi warna dan bulu dari ras ini sangat tidak terbatas jumlahnya, sangat banyak dan semuanya menurut saya sangatlah menarik sehingga bisa menyesuaikan kesukaan orang.

Warna Bulu Solid Kucing Persia

  • Putih
  • Biru
  • Hitam
  • Merah
  • Cream
  • Cokelat
  • Lilac
  • Chincilla
  • Perak
  • Smoke
  • Belacu
  • Bicolor
  • Himalayan
  • Kombinasi dari seluruh gambar di atas

Warna Mata

  • Perak
  • Emas
  • Hijau
  • Biru – Hijau
  • Odd Eye
  • Kuning

Jenis-Jenis Kucing persia

Kucing Persia memiliki setidaknya 3 jenis yang diakui oleh organisasi Internasional, penting buat kalian mengetahui apa saja 3 jenis ini karena perbedaannya sangatlah mencolol antara satu dengan yang lainnya, dan berikut adalah Jenis-Jenis Kucing persia :

  1. Persia Tradisional

    traditional persian

    Karena banyak sekali negara di eropa yang menafsirkan standar dari ras ini namun dengan pandangan yang berbeda akhirnya CFA, menentukan bahwa wajah peke atau hidung pesek adalah standar modern untuk ras persia dan retronim untuk tradisional persia yang menunjukan wajah aslinya.

  2. Peke Face / Peak Nose / Ekstrem Nose

    Kucing Persian

    Pada Tahun 1950 ada mutasi yang tidak rencanakan muncul dari trah persia red tabby, pada saat itu mutasi yang terjadi membuat ras persia dengan wajah peke atau hidung yang sangat pesek.

    Di CFA jenis pesek didaftarkan dalam jenis yang berbeda, namun pada tahun 1990an popularitasnya menjadi menurun, hal tersebut karena ada masalah kesehatan yang cukup serius dari ras ini. Pada tahun 1998 akhirnya pada peneliti menemukan penyebab dari penyakit tersebut dan akhirnya hingga saat ini ras dengan hidung yang pesek menjadi kian terkenal.

  3. Persian Exotic

    Persian Exotic merupakan hasil kawin silang kucing persia dengan ras shorthair lain pada tahun 1950, perkawinan tersebut melibatkan ASH atau american shorthair. Pada mulanya terjadi banyak pertentangan karena dianggap mendorong menciptakan ras baru, sehingga pada tahun 1996 CFA melakukan sebuah gebrakan dengan menstop percobaan namun memasukan Persian Exotic sebagai jenis lain dari Kucing persia.

Cara merawat kucing Persia

Cara merawat kucing persia bisa dikatakan cukuplah rumit dan tidak mudah, mereka membutuhkan perawatan setiap hari karena mantel panjang yang indahnya harus selalu disisir setiap hari agar tidak kusut dan mempertahankan bentuk terbaiknya, gunakan sisir magnetik agar tidak menyakiti kucing serta dapat mengurangi rontok pada kucing persia.

Faktor lain yang harus kamu perhatikan adalah ketersediaannya Litter Box Kucing, dimana jangan sampai penuh terisi, sejatinya mereka sangat suka kebersihan, mereka tidak akan ragu untuk buang air sembarangan ketika litter boxnya penuh terisi, selain itu ketika tempat sampahnya penuh, hal negatif lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah bulunya bisa saja terkena kotorannya sendiri sehingga kamu perlu waktu ekstra pula untuk membersihkannya.

Sikat gigi bisa dilakukan tiap minggu untuk mencegah masalah periondontal dan karang gigi yang menumpuk, lakukan mandi setidaknya sebulan sekali, tidak perlu terlalu sering, karena hakikatnya mereka adalah kucing rumahan.

Cara merawat kucing persia lainnya adalah dengan melakukan potong kuku yang rutin, karena pemotongan kuku yang rutin akan baik pula bagi kesehatan kukunya.

Gimana teman, apa cara merawat kucing persia ini terbilang sulit atau mudah? pastikan kamu sudah siap dengan komitmen yang ada sebelum melakukan adopsi ya, jadi tidak ada lagi hewan yang terlantar.

Harga Kucing persia

Harga Kucing persia bisa dibilang sangatlah bervariatif, banyak sekali faktor yang bisa menentukan mahal atau murahnya trah jenis ini, beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harganya adalah :

  1. Panjang Bulu
  2. Jenis Hidung
  3. Umur
  4. Perilaku
  5. Pedigree atau tidak
  6. Silsilah
  7. Catatan Vaksin

Ada setidaknya 7 faktor yang mempengaruhi harga adosi dari ras ini, masing masing diantaranya sebenarnya adalah selera, jadi tidak selamanya yang bulu panjang lebih menarik dari yang bulu pendek, atau tidak selamanya yang pesek lebih baik daripada yang hidungnya mancung.

Di Indonesia sendiri ada hal menarik dimana Silsilah sangat berpengaruh terhadap harga, kucing yang memiliki silsilah baik bisa meningkat hingga 10 kali lipat harganya, namun ini dimaklumi karena sebelum kucing mendapatkan sertifikat pedigree, mereka harus melalui proses yang tidak cepat.

Semua Kucing Pedigree merupakan trah dengan keaslian genetik yang 100%, jadi tidak disilangkan dengan trah manapun, bisa dibilang bahwa sertifikat mereka hampir sama dengan akte yang dimiliki oleh manusia.

Di Indonesia sendiri Harga kucing persia pedigree ada di kisaran 7-20jt, , memang ukuran yang mahal, namun kualitas tidak pernah menghianati harga, untuk harga ras non-ped ada dikisaran 1jt Hingga 5jt, namun sekali lagi ini adalah selera, dan kucing saya dirumahpun adalah persian exotic non-ped, jadi semua kembali kepada diri kalian.

Makanan kucing persia

Makanan Kucing persia sebenarnya bisa disamakan dengan makanan ras lain, namun beberapa pemilik memilik membedakannya karena kebutuhan nutrisi yang juga berbeda, untuk jenis makanan kucing apa yang terbaik, kami sudah merangkumnya dibawah ini :

Makanan Kucing Persia

Anakan Kucing persia

Anakan Kucing persia tumbuh dengan zat melanin yang sangat penting untuk tubuhnya, mereka membutuhkan melanin yang tinggi guna bisa tumbuh dengan bulu, mata serta pendengaran yang sehat.

Kekurangan Melanin akan membuat ia tumbuh dengan mata Odd-Eye yang sebenanrya berdampak lurus terhadap pendengaran si kucing, warna dari kucing juga dipengaruhi oleh melanin, sehingga biasanya kucing odd eye adalah kucing yang berwarna putih solid, karena putih solid tidak membutuhkan melanin yang banyak.

Harga anakan kucing persia di indonesia ada dikisaran 1jt hingga 20jt tergantung dari faktor yang disebutkan di atas, jika itu adalah Non Ped maksimal harganya hanya 5jt, jika lebih dari itu, baiknya kami berfikir dua kali untuk mengadopsinya, sedangkan untuk ped kitten, harganya memang selangit bisa hingga 20jt.

Foto Kucing

Video Kucing

https://www.youtube.com/watch?v=RYe0pHIMsaU

https://www.youtube.com/watch?v=8e6C1ysIiRQ



Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *