Informasi Utama Kucing Oriental

Ukuran Laki-Laki : 5-7kg

Ukuran Perempuan : <6kg

Warna Mata : Biru, Hijau, Odd-eyed

Lama Hidup : 8-12 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Sedang

Panjang Bulu : Medium

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, FIFe, TICA


Deskripsi Kucing Oriental

Kucing Oriental adalah kucing yang memiliki tubuh panjang dan juga berpenampilan elegan. Mereka memiliki tubuh, leher, kaki dan ekor yang panjang, walaupun mereka berukuran panjang dengan berat yang sedang, namun nyatanya mereka termasuk kedalam kumpulan kucing yang kuat karena mereka berotot.

Kucing Oriental adalah ras yang juga digolongkan ekstrem, mereka memiliki kepala yang segitiga dan memanjang, telinga yang cukup tinggi dan lebar dan juga mereka memiliki hidung yang cukup maju atau mancung, jadi jika di kombinasikan dan d ungkap dalam beberapa kata mereka ini kurus dengan kepala kecil namun hidungnya mancung.

Kakinya yang panjang membuat mereka terlihat seperti menjinjit, ekornya juga cukup panjang dan terkesan meruncing ke titik tertentu. Yang paling saya kagumi dari ras ini adalah warna mata mereka, mereka memiliki warna mata yang indah dengan hijau cerah dengan kombinasi putih dan biru.

Bulu mereka sangatlah pendek, namun tidak seperti ras spinx yang hanya terlihat kulit saja, kulit atau bulu ras ini sangat mengkilap khas kucing short-hair yang terawat.

Sejarah Kucing Oriental

Sejarah Kucing Oriental dimulai pada saat beberapa peternak mengembang biakan calon trah ini di tempat kucing siam dan hasilnya disilangkan kembali dengan ras lainnya, tujuan pada saat itu adalah dengan memperluas kumpulan dari gen kucing siam yang berada di negara inggris.

Banyak orang mengumpulkan gen dari trah kucing siam karena banyak sekali kehancuran pasca perang dunia II, dan setelah itu berakhir mereka ingin melakukan pemulihan secara perlahan, dalam percobaannya mereka menyilangkan dengan Blues Rusia, English Shorhair dan juga kucing Abyssinia.

Persilangan dengan banyak sekali ras tersebut menghasilkan trah tanpa pola hidung kucing siam yang memiliki struktur tubuh cukup lancip, jadi bisa di bilang bahwa kucing oriental merupakan ras yang kurang berhasil dalam masa perkembang biakannya dan persilangannya pada saat itu.

Sejarah kembali berlanjut ketika kucing sudah mulai diimport ke negara amerika pada tahun 1970an, pada saat itu persilangan yang melibatkan american shorthair membuat kucing oriental memiliki banyak warna dan juga pola baru, sehingga terdapat pula variasi dengan rambut panjang.

Karakteristik Kucing Oriental

Kucing siam dan kucing oriental mungkin memiliki perbedaan warna dan juga perbedaan bentuk tubuh yang sangat mencolok, namun jika kita melihatnya lebih dalam pada bagian bawah bulu mereka berdua, kamu akan mendapatkan persamaan yang sangat identik.

Karakteristik utama dari kucing oriental adalah mereka termasuk dalam ras yang sangat berisik, mereka sangat bersing mengeong ngeong tanpa alasan, bagi kamu yang membutuhkan ketenangan, baiknya jangan pelihara ras satu ini karena tidak akan cocok denganmu, kami menyarankan kamu untuk memelihara trah javanese saja yang kalem dan anggun.

Trah ini sangatlah cerdas, lincah dan juga atletis, mereka memiliki kepribadian yang sangat suka bermain, ketika kamu memberikan permainan yang mengolah otak saya yakin mereka pasti bisa menyelesaikannya dengan cukup cepat, permainan yang biasanya paling ia sukai adalah dengan kamu melemparkan satu benda dan ia mulai menendang nendangnya sendiri.

Jika kamu termasuk ingin selalu berinteraksi dengan hewan peliharaan dirumah, kami bisa merekomendasikan trah ini agar bisa kamu pelihara, mereka merupakan jenis trah yang setia dan penuh kasih sayang, namun kelemahannya adalah sifatnya yang mudah ambek ketika ada hal yang tidak sesuai dengan keinginan mereka.

Jenis Bulu Kucing Oriental

Kucing Oriental memiliki tubuh yang cukup langsing namun memiliki otot didalamnya, kepalanya cukup untuk dengan bentuknya yang segitiga kurus, telinganya sangatlah besar bahkan bisa dibilang hampir seukuran dengan wajahnya jika kedua telingannya di gabungkan.

Secara keseluruhan ada banyak sekali pola dan warna dari trah ini, hal tersebut seperti yang sebelumnya di bahas, sebelum terjadinya trah ini, banyak sekali para peternak melakukan persilangan dimana-mana, dampaknya untuk sekarang adalah dimana banyak sekali warna.

Odd Eyed dari trah ini sangatlah indah karena biasanya berwarna hijau dan juga biru.

Cara merawat kucing Oriental

Bulunya yang pendek sebenarnya membuat kamu tidak perlu mengeluarkan waktu ekstra untuk merawatnya, karena banyak waktu dikeluarkan untuk kucing, biasanya untuk perawatan bulu.

Dengan makanan kucing yang tepat seharusnya ras ini akan memiliki mantel bulu yang kuat dan jarang rontok jadi kamu hanya perlu melakukan sisir setidaknya dua minggu sekali saja, untuk mandi seharusnya juga tidak terlalu kering, kami menyarankan untuk melakukan mandi dua minggu sekali juga, barengi dengan aktivitas sisirnya.

Karena karakteristik ras ini yang sangat aktif, kamu harus perduli dengan kukunya, kuku yang panjang akan berdampak buruk untuk dirinya dan kamu, karena ia bisa mengalami sumbatan dan kamu bisa mengalami kerugian karena ia mungkin saja akan menggaruk-garuk sofamu.

Foto Kucing

Video Kucing