Informasi Utama Kucingnya

Ukuran Laki-Laki : 6-8kg

Ukuran Perempuan : 6.8kg

Warna Mata : Hijau, Kucing

Lama Hidup : 10-15 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Sedang

Panjang Bulu : Pendek

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, FIFe, TICA, AACE, ACFA, CCA


Deskripsi Kucing Ocicat

Kucing Ocicat jika diperatikan secara sekilas mungkin akan sangat mirip dengan penampilan kucing liat yang berada di hutan, namun yang anehnya mereka tidak memiliki genetik sama sekali dengan kucing liar yang biasa berada di hutan.

Walaupun tampilannya hampir seperti kucing liar yang seakan tidak bisa di atur dan ajak bermain, ternyata trah ini memiliki sifat dan tempramen yang sangat bersahabat. Diberikan nama ocicat karena mereka sangatlah mirip dengan kucing Ocelot.

Kucing Ocicat bisa ada karena mereka merupakan hasil persilangan yang dilakukan oleh para peternak dengan menggabungkan kucing siam dan abyssinian, yang kemudian hasilnya dicampurkan dengan American Shorthair yang berwarna perak tabbies dan hasilnya barulah menjadi ocicat dengan warna dan struktur tulang kuat dan juga warna uniknya.

Sejarah Kucing Ocicat

Diatas sebelumya kami telah menjelaskan bagaimana persilangan bisa terjadi sehingga bisa menghasilkan kucing ocicat, sebenarnya dalam sejarah kucing ocicat mereka adalah hasil dari ketidak sengajaan yang mana malah menghasilkan trah yang cukup bagus.

Dimulai pada saat beberapa peternak dari kota virginia daly mencoba untuk melintasi beberapa corak dan genetik dari kucing siam, dalam percobaannya mereka mengawinkan beberapa ras sekaligus, akhirnya pada tahun 1964 mereka terdapatlah ras dengan corak seperti kucing abyssinian yang kemudian hasilnya di silangkan dengan kucing siam.

Siam dan abyss sejatinya tidak memiliki corak layaknya macan tutul, oleh karena itu, ini adalah sebuah kecelakaan yang membuat bahagia, karena ternyata perkawinan terakhirnya justru menghasilkan trah dengan mantel berwarna kucing dengan banyak motif tutul ditubuhnya.

Kucing Ocicat akhirnya diakui oleh beberapa organisasi internasional pada tahun 1987, setelah selama sekitar 6 tahun mengantri untuk mendapatkan status ras resmi yang terdaftar.

Personality Kucing Ocicat

Mereka memiliki karakteristrik sebagai sosok yang setia dan juga sangat suka bermain, mereka sangat mencintai orang-orang yang dianggap oleh mereka adalah keluarga, yang unik adalah kucing jenis ini merupakan jenis kucing yang intensitas melakukan tanda dengan mengencingi wilayah kekuasannya sangat sering.

Mereka merupakan tipe yang dengan senang hati akan melakukan sambutkan kepada orang baru atau tamu yang datang kerumah, jadi ras ini sangatlah bersahabat dan mudah beradaptasi dengan orang baru.

Nenek moyang atau saudara jauhnya kucing siam mewariskan ras ini dengan kecenderungan untuk menjadi berisik, terutama ketika merekas sedang mengalami masa birahi, mereka akan jauh lebih berisik daripada saat saat atau waktu lainnya.

Jenis dari ras ini termasuk yang sangat tidak suka ditinggal dirumah sendirian, mereka tidak keberatan jika dirumah berdua dengan anjing atau binatang lain, asalkan mereka tidak sendirian, karena sejatinya ocicat adalah makluk sosial yang sangat baik.

Jenis Bulu

Ras ini sangatlah menonjol ketika berada dikeramaian karena mereka memiliki mantel bulu yang terlihat berbeda dengan ras lainnya, sedikit terlihat liar namun juga mengesankan. Ia memiliki mantel yang sangatlah halus dengan dua belas warna, dan semuanya menampilkan bintik-bintik layaknya macan tutul.

Mereka sama seperti saudara jauhnya dimana memiliki bulu yang disebut sebagai agouti yang berarti bahwa setiap rambut memiliki beberapa pita warna.

Deretan bintik yang bulat menjalar di beberapa bagian tulang belakang hewan ini, namun bintik tersebut lebih banyak terdapat di bagian baju dan ujung belakang dari tubuhnya. Kucing trah ini memiliki ekor yang jika dilihat akan tampak seperti sapuan kuas yang membentang secara horizontal.

Cara merawat kucing Ocicat

Cara merawat kucing ocicat tidaklah sulit, mereka sebenarnya hanya butuh teman untuk hidup dan tidak selalu harus manusia, jadi cara merawatnya yang paling efektif adalah dengan membelikan ia teman hewan lain, bisa kucing ataupun anjing.

Mereka memiliki bulu yang sangat pendek, sehingga seharusnya sisir selama satu minggu sekali itu sudah sangat cukup guna menghilangkan bulu mati yang bisa kapan saja jatuh kelantai. Jenis ras ini tidak perlu untuk sering dimandikan karena mereka tidak memiliki bulu lapisan bawah yang kuat terhadap air, jadi jika kamu sering memandikannya, bisa saja nanti ia sakit karena ia sejatinya tidak kuat dengan air.

Untuk perawatan tubuh bagian lainnya seperti mata, sebenarnya sama saja dengan cara merawat mata kucing pada umumnya, dimana kamu hanya memerlukan air hangat serta kapas untuk alas kalian melakukan pembersihan.

Foto Kucing

Video Kucing