Jika peliharaan kamu mengalami gejala kucing muntah kuning sebaiknya kamu tidak perlu panik dan berperilaku berlebihan karena itu hanya akan memperburuk keadaan, sebenarnya kucing muntah kucing yang berupa cairan wajar-wajar saja asalkan intensitasnya tidaklah sering, karena yang kita ketahui sendiri bahwa pencernaan kucing yang tersumbat hairball terkadang memang memaksanya untuk melakukan muntah.

Apa yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama?

Diet : Diet merupakan solusi yang paling umum dan sering terjadi ketika kucing terkena sindrom billous, ketika hewan peliharaan sedang mengalami atau terjangkit sindrom ini, baiknya kamu mengurangi jumlah makanan, akan lebih baik lagi jika kamu memiliki banyak stok susu kucing jadi kamu bisa mengganti makanannya dengan kucing untuk sementara waktu hingga keadaanya pulih perlahan.

Obat : Bentuk dari pengobatan yang paling sering diberikan ketika sintrom bilious (kucing muntah kucing) menyerang adalah dengan memberinya obat seperti Famotidine, omeprazole, metoclopramide atau juga maropitan, namun kamu jangan sembarangan memberikannya obat diatas tanpa resep dokter ya kawan, karena struktur anatomi tubuh hewan beda dengan manusia yang seringkali masih mampu mentolerir obat-obatan.

Yang dilakukan dokter hewan jika pada akhirnya kamu memutuskan untuk membawanya ke vet adalah dokter akan melihat riwayat lengkap dari si kucing dan selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan fisik untuk menganalisa apa ada luka dalam atau bagaimana yang bisa menyebabkan muntah yang berwarna kuning.

Biasanya para dokter memeriksa dan melakukan diagnostik dengan beberapa cara yang dilakukan, cara tersebut adalah :

  • Pemeriksaan Tinja
  • Cek Darah
  • Urinalisis
  • Sinar X
  • Ultrasonografi
  • Edoskopi saluran pencernaan
  • Biopsi

Setelah melakukan pemeriksaan diatas dan sudah bisa mengambil kesimpulan, biasanya dokter hewan hanya memberikan antibiotik hewan tanpa harus melakukan rawat inap, karena penyakit ini termasuk dalam penyakit ringan yang tidak perlu mendapatkan penanganan serius.

Merawat Kucing Muntah Kuning dirumah

Gejala yang sangat umum ini sering terjadi dipagi hari, yang keluar pada kucing biasanya adalah cairan, lendir dan juga seringkali sesuatu yang berasal dari empedu, warna tidak selalu kuning, namun seringkali juga berwarna coklat muda, kucing dengan sejarah penyakit diare dan gastrointestinal berpeluang lebih besar dalam penyakit ini.

Kebanyakan kucing dengan sindrom ini tetap memiliki respon yang baik dalam merespon makanan, jika muntah dilakukan pada pagi hari, sebaiknya kamu beri makan kembali pada sore atau malam sebelum tidur, namun kamu harus memberikannya susu, jika tidak berarti kamu harus memberinya makan namun dengan porsi yang lebih kecil.

Beberapa dokter hewan mengungkapkan ketika gejala penyakit ini timbul segeralah untuk mengganti pakannya dengan makanan berprotein tinggi dan rendah lemak seperti makanan kucing hills scient diet, setidaknya hingga peliharaan kamu sudah berhenti muntah-muntah.