Informasi Utama Kucing Manx

Ukuran Laki-Laki : 3.8kg – 5.3kg

Ukuran Perempuan : 3.2kg – 4.9kg

Warna Mata : Kuning Amber, Putih Copper, Hijau, Emas, Hanzel, dan Orange

Lama Hidup : 9-13 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Sedang

Panjang Bulu : Sedang

Karateristik Bulu : Lurus

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, FIFe, TICA


Deskripsi Kucing Manx

Kucing Manx merupakan kucing yang memiliki ukuran sedang, ia memiliki tulang yang besar sehingga ia bisa di golongkan sebagai kucing yang cukup kuat. Jika di lihat dari luar, Kucing Manx sangat terlihat kekar dan gagah, ketika sudah dewasa ia merupakan termasuk ras yang cukup berat, meskipun tidak lebih berat dari ras Maine Coon .

Ras Manx memiliki struktur kepala yang bundar dengan mata yang juga bundar, yang membuatnya semakin mempesona atau bantalan kumis yang sangat terlihat gemuk pada bagian dalam, ras ini juga memiliki tulang pinggung yang tinggi dan bulat, sehingga jika kamu melihatnya dari belakang, akan terlihat lebih tinggi bagian belakangnya daripada depan.

Tubuh dari Kucing Manx di sebut-sebut seperti Rumpies, dimana kamu tidak akan merasakan tonjolan apapun karena semua akan di penuhi oleh otot dan dagung. Yang harus di sayangkan dari jenis ini adalah beberapa di antara mereka memiliki tunggul ekor yang kecil, namun bagi pemilik yang suka akan tungguk kecil, pastinya ini adalah pilihan yang bagus.

Jenis ras Manx ini memili bulu yang terbilang pendek, namun mereka memiliki mantel bulu ganda atau dua lapis yang membuatnya menjadi terlihat tebal dan juga padat. Beberapa organisasi menggilnya dengan sebutan Cymric atau sebagai bulu yang terpisah.

Sejarah Kucing Manx

Jika kamu sedang mencari jenis ras kucing tertua di bumi, Manx merupakan salah satunya, Sejarah Kucing Manx di mulai ketika banyak legenda nan indah mengelilingi asal-usul ini. Yang paling menarik perhatian adalah ketika kucing ras ini tidur siang ketika nabu Nuh memanggil semua binatang agar masuk ke dalam bahtera perahunya, dan dirinya angun tepat ketika nabi nuh sedang menutup pintu bahteranya.

Dalam sejarah kucing manx dengan nabi nuh, ia berhasil masuk ke dalam bahtera dengan waktu yang sangat tepat, namun nabi nuh secara tidak sengaja menutup pintu di ekornya, dan itu yang membuat ekornya kini tidaklah panjang. walaupun sejarah kucing manx di atas barusan kurang akurat, namun terasa sangat menarik jika di bayangkan dengan seksama.

Ada legenda lain mengatakan bahwa ras atau trah ini berasal dari salah satu kapal armada dari negara Spanyol yang pada saat itu di lepas pada pantai isle of man pada tahun 1588.

Namun Fakta yang lebih logis dan memiliki akurasi yang tinggi mengatakan bahwa asal mula sebenarnya dari ras ini adalah besar kaitannya dengan kapal dagang yang perli dari Phoenicia ke Jepang. Para pelaut dalam perjalanannya mengambil beberapa ekor kucing jepang ke dalam perjalanan mereka, mereka pada saat itu membawanya dengan alasan mengusir tikus dan bukan untuk mengimpor jenis baru.

Di london pada tahun 1900 terdapat kisah yang sangat populer, disana pada waktu itu terdapat satu jenis ras juara manx yang pertama, dinamakan Bonhaki, ras ini mendapatkan penghormatan yang tinggi, dan semanjak saat itu popularitasnya semakin mencuat, sehingga pada tahun 1930 para peternak Amerika Serikat mulai mengembang biakan jenis ras ini, hingga pada akhirnya di tahun 1951 banyak organisasi internasional yang melakukan registrasi kepadanya.

Karakteristik Kucing Manx

Karakteristik kucing manx adalah yang tenang dan juga sangat manis, mereka terlihat santai dan tidak mudah marah dengan hal apapun, kami memberikan posisinya sebagai teman yang penuh kasih sayang dan suka bermain bersama banyak orang.

Selain sebagai sahabat yang penuh kasih sayang, jenis ras ini merupakan hewan yang sangat ahli dalam pemburuan akan tikus, mereka juga bisa di jadikan sebagai kucing penjaga karena mereka sangat berisik dan awas terhadap sesuatu yang membayakan keluarga mereka.

Ia termasuk dalam jenis ras yang sangat mudah beradaptasi, mereka sangat senang jika terpapar aktivitas yang berkaitan dengan banyak orang, meskipun mereka mempunyai sifat curiga dan bisa di andalkan dalam hal menjaga, ia ternyata juga menyukai sifat senang bertemu dengan orang-orang baru yang baik.

Kemampuan ras ini untuk membedakan ancaman dan kasih sayang memuatnya sangat menarik, ketika berhadapan dengan sesuatu yang jahat ia akan berisik, dan ketika berhadapan dengan kasih sayang ia akan manja dan tidak malu menggosokan kepalanya kepada anggota tubuhmu.

Jika kamu sedang mencari kucing pintar yang bisa d ajari beberapa trik, kucing manx adalah pilihan yang baik, kenapa? karena ras ini ternyata memilik kecerdasan di atas ras lain sehingga kamu bisa mengajarinya beberapa trik layaknya anjing.

Warna Bulu dan Grooming

Manx di kenal sebagai kucing yang memiliki kekurangan ekor, namun ternyata beberapa di antaranya memiliki ekor yang juga panjang.

Berat dari ras ini bisa mencapai 8 hingga 12 kilogram, termasuk ukuran yang berat untuk di angkat, dan bahkan ini termasuk ras yang terberat selain daripada ras maine coon.

Tidak seperti beberapa jenis kucing, ia di berkati dengan banyaknya warna dalam matanya, ini membuatnya menjadi binatang yang indah dari sisi mata, karena total ada 6 warna mata dengan kombinasi yang menajubkan dimana di antaranya adalah warna Kuning Amber, Putih Copper, Hijau, Emas, Hanzel, dan Orange .

Cara merawat kucing Manx

Cara merawat kucing manx yang mempunyai sifat lembut tidaklah sulit, yang pertama kamu harus lakukan adalah menyisirnya setiap minggu untuk menghilangkan bulu mati yang masih menempel pada tubuhnya, dan juga guna menghindar bulu yang terhempas hempas ke lantai.

Posturnya yang pendek membuatnya terkadang menyisakan kotoran di sekitar anusnya, kamu harus rajin membersihkannya jika kamu tidak ingin hal tersebut mengotori karpet atau furniturmu.

Jika kamu memiliki keterampilan, tidak ada salahnya kamu melakukan sikat gigi terhadapnya guna menghindari penyakit periodontal. Dan hal yang terakhir yang harus kamu perhatikan adalah untuk selalu membersihkkan kotak litter boxnya.

Jika di simpulkan, Kucing Manx itu :

  1. Memiliki tubuh bagian belakang yang lebih besar dari bagian depan
  2. Memiliki dua lapis mantel bulu
  3. Kucing yang pintar karna bisa di latih trick
  4. Memiliki struktur tulang yang besar
  5. Memiliki variasi mata yang sangat beragam
  6. Ada kaitannya dengan beberapa cerita legenda

Foto Kucing

Video Kucing