Informasi Utama Kucing Maine Coon

Ukuran Laki-Laki Kucing Maine Coon : >15 Pounds

Ukuran Perempuan : 10-13 Pounds

Warna Mata : Hijau, Emas dan Odd Eye

Lama Hidup : 9-13 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Tinggi

Panjang Bulu : Panjang

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, FIFe, TICA


Deskripsi Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon terkenal karena ukurannya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran kucing pada umumnya, mereka memiliki tubuh yang cukup panjang serta ekor yang juga panjang, bulunya juga sangat lebat sehingga membuat kucing ini terlihat lebih besar daripada seharusnya.

Kucing ini memiliki otot yang cukup padat dan tebal, hal ini membuatnya mampu menopang tubuhnya yang besar dan juga mampu membuatnya melompat tinggi, mata dan kuping ras ini cukup besar dan oleh karena itu ia akan cekatan jika diberikan tugas untuk membasmi para tikus dirumah.

Di Indonesia sendiri ras ini sangatlah populer mungkin jika di urutkan ada dibawah kucing anggora dan kucing persia namun diatas kucing ragdoll dan juga kucing ragamuffin atau kucing siam, nah karena mereka cukup populer disini, hal tersebut membuat harga adopsi dari ras ini kian naik setiap tahunnya, untuk sekarang harga kucing maine coon pedigree ada di kisaran harga Rp15.000.000 dan yang non-pedigree ada di kisaran Rp10.000.000.

Sejarah Kucing Maine Coon

Sejarah kucing maine coon sesuai dengan namanya mereka berasal dari kota Maine, disana pada kala itu sangat terkenal sebagai tempat yang mana populasi dari tikusnya sangatlah tinggi, oleh karena itu kehadiran trah ini seringkali dijadikan sebagai kucing pertanian dan juga kucing kapal yang bertugas membasmi tikus yang sangat banyak hingga abad ke-19.

Kucing ini merupakan ras alami yang mana tidak terjadi percampuran dari ras manapun. Ada yang mengatakan bahwa mereka merupakan kucing asli viking, dan viking yang membawa mereka ke Amerika utara sebelum columbus menemui benua amerika, namun ada cerita lain yang mengatakan bahwa kucing ini awalnya merupakan ras milik Marie Antoinette yang kemudian dikirim ke amerika oleh sang ratu.

Simpang siurnya sejarah dari ras ini tidak mematahkan bahwa ras ini merupakan ras yang murni dan bukan campuran, dan mantelnya yang berwarna coklat memiliki nama khusus yaitu mantel bulu maine shags, yang unik dari mantel ini adalah mereka memiliki panjang yang sangat berbeda pada setiap tubuhnya dan bagian yang paling panjang ada pada bagian perut hingga kakinya.

Referens pertama yang diterbitkan untuk kucing maine coon berasal dari tahun 1861 ketika ada kucing berwarna hitam dan putih dari seseorang bernama kapten jenks of horse marines, dimuat oleh berita tersebut bahwa sang kapten membawa kucing ini yang dinamakan best pada tahun 1895 ke sebuah acara yang diadakan di madison square garden.

Kucing ras ini adalah kucing kelima yang didaftarkan oleh organisasi internasional setelah mereka terbentuk pada tahun 1908 di boston dan juga new york, pada saat itu kucing ini sangatlah populer karena ketangkasannya dan tampilannya yang sangat menarik, namun popularitas dari ras ini harus meredup perlahan karena tertutup oleh pesona dari kucing persia dan persia eksotis yang memikat banyak hati manusia pada saat itu.

Karakteristik Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon memiliki karakteristik yang baik hati dan juga ramah serta mudah beradaptasi dengan baik oleh manusia dan juga jenis hewan lainnya, kucing jenis ini sangat suka berada ditengah keluarga, berbaur besama keluarga dan menghabiskan waktu untuk bermain dengan anak kecil, oleh karena itu ras ini pantas jika dikatakan sebagai kucing yang sangat penyayang dan lembut.

Mereka adalah kucing yang sangat setia dan patuh, ketika kamu memiliki ras ini, kamu jangan kaget jika dia naik ke kasurmu dan membangunkanmu tidur, mereka pada dasarnya adalah kucing yang pintar, maka dari itu mereka akan mencatat semua kebiasaanmu dan menjadikan kebiasaanmu sebagai sesuai yang ia ingat. Ketika kamar kamu dikunci, ia akan mengeong dan memberikan tanda bahwa “bukalah pintu aku ingin membangunkanmu”, namun ketika cara itu berhasil kamu jangan kaget kembali jika ia masih setia duduk didepan kamarmu.

Kucing wanita dari ras ini pada umumnya lebih bermartabat dan yang laki-laki seringkali lebih konyol dibandingkan kucing kebanyakan, konyol yang kami maksud adalah dari gaya tidurnya yang mungkin saja terlentang atau dari cara buang airnya yang sangat berbeda, sedangkan yang wanita lebih kalem dan juga senang berada dipangkuan sang pemilik.

Cara merawat kucing

Ini adalah part yang mungkin kalian tunggu, kalian mungkin saja sedikit penasaran, seperti apa cara merawat kucing maine coon yang baik dan benar, namun disini kami ingatkan bahwa walaupun ia bertubuh besar serta bulu yang panjang, merawatnya tidaklah sulit dan semua tergantung dari kemauan dan niat dari kalian karena semudah apapun itu jika kalian tidak sepenuh hati maka akan sulit, sedangkan jika sesulit apapun itu jika dilakukan dengan sungguh-sungguh maka akan terasa mudah, dan berikut adalah cara merawat kucing maine coon :

  1. Lakukan mandi 1-2 Bulan sekali
    Kami menyarankan untuk melakukan mandi setidaknya 1-2 bulan sekali guna menghindari bau yang keluar dari bulunya, jangan terlalu sering memandikan kucing ini karena mereka memiliki kulit yang tipis serta bulu yang panjang sehingga bulunya akan menyimpan air dalam waktu yang lama namun kulitnya yang tipis tidak bisa menahan dingin karena air yang mengendap cukup lama.
  2. Gunting Kukunya secara teratur
    Kamu perlu menggunting kukunya secara teratur guna menghindari ia mencakar properti dirumah atau tidak sengaja mencakar tubuhmu, dalam waktu menggunting kuku kami tidak menyarankan waktu khusus namun ketika kamu lihat kukunya sudah panjang, jangan ragu untuk langsung memotongnya.
  3. Lakukan sisir setiap hari
    Sisir perlu dilakukan setiap hari karena kucing ini memiliki bulu yang panjang dengan gen melanin yang tidak banyak oleh karena itu bisa saja menyebabkan rontok, kami merekomendasikan kamu menggunakan sisir magnetik karena bisa mengambil bulu mati yang siap rontok dari tubuhnya.
  4. Siapkan Vitamin dan Makanan Kucing
    Kamu perlu menyiapkan vitamin dan juga makanan kucing yang benar dan tepat agar tumbuh dari kucing ini bisa sehat dan juga terjaga
  5. Jangan dikandangi, biarkan ia menjadi bagian rumahmu
    Ini adalah hal yang simple namun seringkali dilewatkan oleh para pemilik kucing, kami sangat menghimbau agar kalian tidak memasukan kucing jenis apapun kedalam kandang, karena ketika kamu memasukannya kedalam kandang akan membuat sikapnya menjadi destruktif dan tidak bersahabat.

Sekian artikel kami dalam membahas kucing maine coon, sangat menarik bukan karena ternyata mereka memiliki sejarah yang masih abu-abu hingga sekarang, dan walaupun abu-abu ternyata mereka adalah ras ke 5 kucing yang didaftarkan pada organisasi internasional, dan akhirnya kita juga menjadi tau bahwa kucing ras ini lebih dahulu populer dibandingkan kucing persia pada abad ke 19.

Foto Kucing

Video Kucing