Informasi Utama Kucingnya

Ukuran Laki-Laki : <8kg

Ukuran Perempuan : <7kg

Warna Mata : Kuning dan Hijau

Lama Hidup : 10 – 15 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Sedang

Panjang Bulu : Pendek

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, FIe, TICA, AACE, ACF, ACFA, CCA


Deskripsi Kucing Korat

Kucing korat merupakan kucing asli dari negara Thailand, pengambilan namanyapun di ambil langsung dari bahasa Thailand, Korat merupakan salah satu jenis kucing domestik di negara Thailand dengan karakteristik memiliki warna biru abu-abu dengan bulu yang sangat pendek namun sangatlah berkilau.

Mereka memiliki tubuh yang cukup kecil dan bahkan ada beberapa kasus mereka gagal untuk tumbuh dan menjadi kucing yang sangat kecil, kucing jenis ini memiliki tubuh yang dinamakan semi cobby. Kucing Korat merupakan trah yang sangat suka bermain dan menjalin komitmen serta ikatan yang cukup erat dengan beberapa orang disekitar.

Kucing Korat merupakan hasil genetika alami dan tanpa campur tangan manusia dalam penciptaan trahnya, di thailand ia berasal dari Provinsi Thailand lebih tepatnya pada kota Nakhon Ratchasima, setidaknya ada 3 jenis ras yang didaftarkan kepada organisasi internasional, selain korat adapula kucing javanese dan kucing balinese yang berasal dari Indonesia.

Di negara asalnya ada tradisi tradisional yang mana mereka akan diberikan ras ini secara berpasangan kepada dua orang yang baru saja menikah, hal tersebut dipercaya bisa membawa kelanggengan dan beruntung, karena budaya yang sangat kuat, sampai saat ini trah ini tidak di jual belikan seperti ras lain, namun mereka hanya diberikan sebagai hadiah.

Sejarah Kucing Korat

Sejarah kucing korat berasal dari abad ke-14, pada saat itu ia di gambarkan dalam beberapa literatur kuno. Mereka, ras ini merupakan hadiah yang sangat populer pada saat itu, disajikan selalu berpasangan dengan memiliki makna khusus ketika diberikan kepada pasangan baru, ini juga yang membuatnya sering menjadi hadiah bagi pengantin baru hingga saat sekarang.

Tidak ada satupun bukti dan fakta kapan ras jenis ini pertama kali datang ke daratan eropa, namun pernah ada kasus dimana seekor ras yang mirip dengan kucing korat dipamerkan di inggris pada tahun 1896, namun tidak ada yang tahu persis apakah itu kucing korat, atau ras yang memiliki warna serupa, karena tidak ada penelitian lebih lanjut setelahnya.

Personality Kucing

Kucing Korat merupakan trah yang memiliki sifat posesif layaknya manusia, trah ini sangat suka untuk terus berada di dekat pemilik, ketika ada tamu datang, ia akan lebih agresif dan dekat kepada pemilik, ini yang membuatnya adalah ras yang posesif, hal tersebut karena ia takut pemiliknya menjatuhkan hati kepada yang lain.

Sebelum kamu hendak melakukan adopsi terhadap kucing korat sebaiknya kamu lebih dulu melihat kedalam tentang dirimu, apakah kamu termasuk seseorang yang suka diikuti oleh kucing setiap saat atau tidak? jika kamu tidak suka diikuti, jawabannya jangan pelihara ras ini, karena mereka sangat tidak suka untuk ditinggal oleh pemiliknya.

Kucing korat yang sering ditinggal sendirian akan memiliki sifat yang agresif serta memiliki kecemasan yang sangat berlebihan. Trah ini cukup sulit untuk beradaptasi dengan pemilik baru karena mereka merupakan tipe yang sulit menghilangkan kenangan dengan pemilik yang lama.

Trah ini merupakan termasuk ras yang sangat energik dan suka akan belajar, ia juga merupakan kucing yang baik karena sangat jarang ada kasus yang melibatkan ras ini melukai manusia. Kepintarannya bagi beberapa pemilik kucing dimanfaatkan untuk di ajari beberapa trik, walaupun hanya trik simple seperti hendak duduk, berlari atau untuk datang ketika dipanggil.

Struktur Tubuh Kucing Korat

Trah ini sangat identik dengan bulu berwarna biru smoke yang yang pada ujung helao berwarna perak, mata mereka yang hijau dan juga besar sangat nyaman untuk dipandang dan juga sangat indah.

Maranya pada saat baru lahir akan berwarna biru, namun dalam perkembangannya menjadi dewasa, warna biru tersebut akan berganti menjadi warna kucing, dan ketika mereka sudah dewasa sekitar 3 hingga 4 tahun, matanya akan berubah menjadi hijau.

Bulu dari ras ini termasuk dalam kategori pendek dengan mantel kedalaman hanya satu lapis dan juga warna perak dan biru dari awalnya mereka dilahirkan.

Cara merawat kucing Korat

Seperti halnya banyak kucing berbulu pendek lainnya, yang pertama kamu harus lakukan adalah mempersiapkan litter box kucing guna memenuhi kebutuhan ras ini dalam perihal buang air, jika tidak jangan salahkan mereka ketika suatu saat mereka buang air sembarangan dirumah kamu.

Selain persiapan Litter box, kamu juga harus menyiapkan makanan yang cocok untuk kucing indoor dan juga short hair, untuk melihat cocoknya kamu bisa lihat artikel Makanan Kucing kami.

Melakukan sisis juga perlu dilakukan mesipun tidak haruslah sering, lakukanlah sisir setidaknya 2 minggu sekali dengan tujuan mengambil bulu yang rontok.

Foto Kucing

Video Kucing