Kucing kaki pendek adalah kucing munchkin, mereka terlahir seperti berikut karena adanya kelainan genetik, banyak orang pula melihat kucing kaki pendek sebagai versi kucingnya anjing Dachhund, berikut kami rangkum 7 Fakta menarik tentang kucing kaki pendek :

#1 Kucing Kaki pendek lahir dari mutasi genetik

Seperti layakny kucing yang tidak biasa seperti cornish rex dan kucing manx, kucing munchkin hadir dari hasil genetik spontan, mereka disebabkan oleh gen dominan yang bernama autosom, autosom sendiri menyebabkan pertumbuhan tulang pada kaki kucing satu ini menjadi terganggu yang berdampak ia menjadi lebih pendek dibandingkan kucing lainnya, karena gen autosom adalah dominan, jadi jika kucing kaki pendek dikawinkan dengan kucing normal pada umumnya seperti kucing persia, maka besar kemungkinannya bahwa anak dari perkawinan tersebut akan menghasilkan sosok dengan kaki yang lebih pendek.

Satu peringatan bagi para peternak adalah bahwa gen ini kadang disebut sebagai gen yang sangat mematikan karena jika embrio kucing munchkn menerima salah satu genetik dari orang tuanya mereka tidak akan bertahan lama, simplenya jika anak kucing dihamili oleh induk kucingnya atau sesami anak kucing menghasilkan seekor kitten, anaknya tidak akan bertahan lama.

#2 Ibu Kucing pertama ras ini bernama Blackberry

Selama abad ke-20 berlangsung, banyak dari individu mendokumentasikan penampakan kucing liar dengan kaki pendek di Inggris, rusia, tetapi baru pada tahun 1980an seorang guru musik yang bernama sandra hockenedel mendapatkan anak kucing dengan postur yang pendek.

Seteleh mengetahui bahwa anak kucing mereka memiliki tubuh yang pendek, akhirnya sandra membawa kucing tersebut ke ahli genetika, dan ketika di cek ternyata memang benar bahwa kucing ini bisa saja berpotensi mengalami masalah pada tulang punggung dan jantungnya ketika ada sedikit saja kecacatan.

#3 Tidak ada yang tau asal mula nama kucing munchkin

Sejak awal mula kehadirannya kucing ini selalu dipanggil sebagai short leg cats dan karena kucing ini tidak identik dengan tempat manapun, jadi orang-orang tetap nyaman memanggilnya dengan sebutan short leg cats, berbeda dengan jenis ras lain yang biasanya di inisiasi berdasarkan tempat bentuk, ras ini tidak terafiliasi dengan jenis apapun karena mereka hadir melalui mutasi genetik.

#4 Merupakan ras yang kontroversial

Pada tahun 1991, kucing munchkin secara resmi sudah diperkenalkan kepada publik melalui banyak sekali acara tv nasional pada negara america, acara tersebut disponsori oleh TICA yang seringnya diselenggarakan di Madison Square garden. Pada tahun 1994 akhirnya mencuat agar ras ini didaftarkan menjadi ras resmi dalam program organisasi TICA.

Kucing jenis ini dianggap oleh masyarakat bahwa bentuk fisik kucing ini adalah kecacatan dan tidak bisa disebutkan sebagai ras resmi, bahkan salah satu hakim dari TICA mengundurkan diri dan menyebut bahwa jika dijadikan ras resmi, itu sama saja dengan penghinaan terhadap etika yang ada.

Saat ini, banyak sekali orang berpendapat bahwa membiakkan ras ini tidaklah etis karena penuh dengan catatan kecacatan, para ahli walaupun berikut ada yang menyebutkan bahwa ras ini baik-baik saja, namun fakta tersebut ditentang oleh CFA dan ACFA yang memiliki komitmen tidak akan menjadikan ras ini menjadi ras resmi.

#5 Kucing ini memiliki masalah kesehatan

Selain jalan mereka yang sangat lucu karena tulang kakinya yang sangat pendek, iapun sulit untuk melompat ke tempat yang lebih tinggi, jenis ras ini terkadang juga disebut sebagai ras yang kurang sehat dan rasio hidup mereka ada pada kisaran 12 tahun hingga 15 tahun dan banyak dari anak kucing ras ini menderita lordosis.

Lordosis sendiri adalah kondisi dimana otot tulang belakang mereka terlalu pendek sehingga tenggelam ke dalam tubuh kucing, dalam skenario yang mungkin paling buruk, hal tersebut bisa berakibat fatl karena jika terlalu dalam bisa mengakibatkan pectus excavatum atau kelainan pada corong dada sehingga pernafasan dari mereka bisa sedikit terganggu.

#6 Terdapat banyak pola warna pada kucing ini

Perawakan dari ras ini sangat menonjol melalui kakinya, kakinya berbentuk busur dan sangatlah pendek, selain pendek ia juga seringkali hadir dalam ukuran gempal sehingga terlihat lucu, untuk urusan warna, ras ini tidak terikat oleh warna apapun karena semua warna bisa ada dalam ras ini.

Jadi guys, kucing kaki pendek adalah kucing munckin, kucing yang hadir karena mutasi genetik, hadirnya kucing ini seringkali menjadi sebuah kontroversi karena dianggap merupakan kucing cacat, kalau menurut kalian gimana? tulis dikomentar ya!