Informasi Utama Kucing Japanese Bobtail

Ukuran Laki-Laki : 6-8kg

Ukuran Perempuan : <6kg

Warna Mata : Putih, Hijau, Coklat, Emas, Kuning, Odd-Eyed

Lama Hidup : 9-13 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Tinggi

Panjang Bulu : Pendek

Karateristik : Lurus dan berkilau

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, FIFe, TICA


Sejarah Kucing Japanese Bobtail

Kucing Japanese Bobtail merupakan jenis kucing yang memiliki ukuran sedang, mereka sejatinya mempunyai beberapa varietas dari segi bulu, dimana terdapat tipe berambut panjang atau long hair dan juga kucing yang berambut pendek atau short hair. Seperti kucing pada umumnya, ukuran dari pria lebih besar daripada wanita.

Kucing Japanese Bobtail memiliki otot yang sangat maju serta kuat dengan tubuh yang ramping. Dengan struktur tubuh yang seperti ini, ia akan dengan mudah melompat dengan tinggi dari satu tempat ke tempat lainnya, berbeda dengan kucing Ragamuffin yang mempunyai tubuh gempal sehingga sulit untuk meloncat tinggi.

Kepala merupakan salah satu struktur wajib yang harus di perhatikan, Kucing Japanese Bobtail adalah termasuk yang memiliki bentuk menarik, hal tersebut karena mereka memiliki bentuk segitiga sama sisi dengan telinga yang berdiri tegak disisinya.

Kucing ras ini memiliki mata yang bulat ketika kamu hendak melihatnya dari depan, dan terlihat sedikit miring ketika kamu hendak melihatnya dari samping. Kucing Japanese bobtail memiliki hidung yang memiliki permukaan sangat lembut sehingga sangat asyik ketika disentuh.

Kaki belakang mereka lebih panjang di bandingkan kaki depannya, namun ketika berdiri kamu akan menemukan posisi yang lurus darinya, hal tersebut karena tulang sokongan dari ras ini bekerja terbalik daripada panjang kakinya.

Bobtail sendiri diambil dari jenis buntut yang mereka miliki, bobtail bermaksud mereka memiliki buntut yang pendek namun masih bisa terlihat dan memiliki tulang diantaranya, buntutnya cukup lucu, karena memperlihatkan putaran namun sangat pendek sekali.

Bulu mantel dari kucing Japanese Bobtail sangatlah lembut dan halus, mereka memiliki lapisan bawah atau kulit yang bisa menahan mereka dari cuaca dingin, jadi walaupun bulunya pendek, mereka mempunyai kulit yang cukup tebal, namun pada varietas rambut panjang mereka akan lebih hangat karena berbulu panjang namun kulitnya tebal, jika kamu ingin memelihara yang long hair, pastikan rumahmu tidak panas, karena bisa saja membuat bulunya menjadi rontok.

Karakteristik Kucing Japanese Bobtail

Kucing Japanese Bobtail adalah kucing yang sangat aktif dan butuh sekali perhatian kasih sayang dari sang pemilik, ketika ia hendak menginginkan perhatian, mereka akan mendekat dan mengeluarkan suara yang sangat lembut seakan ingin mengajak bermain.

Walaupun mereka sangat suka berkomunikasi untuk mengajak main, namun nyatanya mereka bukanlah tipe yang berisik, ajakan mainnya akan dilakukan secara sangat lembut sehingga sama sekali tindak mengganggu, ketika dirinya mengajak dan kamu menolak, ia akan sedikit ngambek dan akan mengumpat menyindiri di tempat rahasianya.

Kucing Japanese Bobtail akan memberikan kamu hadiah, hadiah bisa apa saja yang ia sukai, ini adalah salah satu cara dari kucing ini untuk memberitahu kepada pemilik akan rasa terimakasih dan kasih sayang, jadi kalau kamu punya akuarium harus di awasi ya, karena ia bisa saja memberikan kamu hadiah ikan yang di akuarium hehe.

Mereka cerdas dan sangat menyenangkan, banyak sekali organisasi mendaftarkan dirinya bukan karena hanya keunikan pada buntutnya, tapi karena cara mereka berinteraksi dengan manusia.

Walau tidaklah ramah terhadap banyak orang asik, namun ras ini sangatlah mudah beradaptasi karena mereka adalah tipe kucing yang cerdas, ketika dibawa kedalam perjalanan jauhpun seharusnya mereka juga tidak stress karena mereka mudah beradaptasi dan sangat bergembira pada banyak hal.

Jenis Bulu Kucing Japanese Bobtail

Karakteristik bulu dari Kucing Japanese Bobtail bisa dikatakan hampir mirip dengan bulu yang dimiliki oleh kelinci, bulunya pendek namun fleksibel. Ekornya sangat unik seperti yang sudah di bahas di atas, sedangkan pola yang sering kita lihat oleh ras ini disebut dengan pola pom-pom.

Kucing Japanese Bobtail juga dikenal karena mereka termasuk yang memiliki pola tiga warna yang bisa di sebut sebagai pola mee-kay. Namun selain pola mee-kay warna populer lainnya dari ras ini adalah hitam dan juga putih.

Cara merawat kucing Japanese Bobtail

Cara merawat ras ini bisa dikatakan sama seperti cara merawat ras lainnya, dimana hal yang pertama kamu harus lakukan adalah secara rutin melakukan mandi padanya guna menghilangkan kotoran yang ada pada tubuhnya.

Bulu yang ia miliki sangatlah sulit untuk kusut karena dibekali dengan kehalusan seperti sutra, jenis bulu seperti ini sebenarnya sangat membantu kamu, karena akan mengurangi intensitas keharusan kamu untuk melakukan sisir, untuk jenis ini, melakukan sisir dua minggu sekali seharusnya sudah cukup.

Untuk melakukan pembersihan pada telinga, baiknya dilakukan pada pagi hari lalu gunakan air hangan dengan kapas sebagai media pengantarnya. Lakukan sikat gigi juga perlu dilakukan mengingat kucing sangat mudah sekali terkena karang gigi.

Kamu juga harus menyediakan makanan kucing yang tepat untuknya sebelum mereka kamu adopsi, persiapan yang baik akan membuat dirimu menjadi lebih siap ketika saatnya mengadopsi telah tiba.

Kesimpulan :

Kesimpulan dari pembahasan ras ini adalah, jika kamu memang ingin mencari ras yang mudah untuk dirawat namun sangat manja dan butuh perhatian, Bobtail adalah pilihan yang sangat tepat untuk di ambil, di indonesia sendiri harga dari bobtail beragam.

Untuk melakukan adopsi kami merekomendasikan untuk adopsi dari breeder yang sudah memiliki sertifikat dari organisasi kucing agar keaslian rasnya sudah terbukti.

Foto Kucing

Video Kucing