Kucing Exotic Shorthair juga sering dijuluki sebagai kucing persia malas, hal itu karena mereka sifat alamiah mereka yang lebih senang tidur dibangingkan bermain, mereka memiliki wajah yang sama persis seperti halnya kucing persia namun berbulu pendek layaknya kucing shorthair lainnya, walaupun sangatlah pemalas, ia sangat suka untuk duduk dipangkuan pemiliknya dan berharap akan dibelai setelahnya, kucing jenis ini menurut dari dari organisasi, rata-rata angka harapan hidupnya bisa mencapai 15 tahun.

Jika kamu menyukai perawakan dari kucing persia namun enggan harus memiliki komitmen dengan bulu yang seringkali harus disisir dan bulu yang berceceran dilantai, kucing exotic shorthair merupakan rekomendasi yang sangat menarik untuk kamu pertimbangkan karena semua yang mereka miliki sangatlah sama dengan kucing persia longhair namun akan saja bulunya pendek.

Fakta Kucing Exotic Shorthair

  • Lebih manja dibandingkan kucing persia longhair
  • Warna mereka umumnya, tabby, tortoise, hitam, putih dan juga silver
  • Memiliki mata bulat sempurna
  • Tubuhnya bulat dan cenderung gempal
  • Memiliki suara yang sangat pelan dan halus
  • Bisa bertahan hidup hingga 15 tahun
  • Biaya perawatannya lebih murah dibandingkan longhair
  • Merupakan ras baru
  • Bulunya sangatlah halus
  • Mereka kucing yang mellow dan mudah tersinggung
  • Wa

Sejarah Kucing Persian Exotic

Kucing exotic shorthair merupakan hasil persilangan yang tidak disengaja sebelumnya, pada awalnya para peternak melakukan persilangan guna membuat pola yang lebih banyak dari kucing persia dengan mengawinkannya dengan kucing british shorthair karena bulu panjangnya dirasa akan sangat indah jika disandingkan dengan mata hijau dan mantel silver khas british shorthair.

Pada saat ini standar pada breed persia dan juga exotic sangatlah sama dan identik pada buku panduan internasional, yang membedakannya hanyalah mantel bulunya saja dimana keduanya sama-sama memiliki ekspresi manis, hidup pesek dan juga mata yang besar, tubuh dari keduanya sama-sama pendek sangat enak untuk dipeluk, jadi jika dikatakan apakah exotic itu adalah ras yang berbeda dengan persia? kami menjawabnya mungkin, karena beberapa organisasi mengatakan bahwa exotic adalah ras sedangkan yang lainnya mengatakan bahwa exotic adalah bagian dari persia.

Saya sendiri memelihara kucing exotic shorthair dirumah dengan warna red tabbynya persis seperti kucing garfield, kucing ini sangatlah bersahabat dan mudah beradaptasi karena saya seringkali memindahkan rumahnya namun ia tidak pernah mengalami stress.

Cara merawat kucing exotic shorthair

  1. Persiapkan tempat tinggal
  2. Siapkan litter box kucing dengan pasirnya
  3. Beli makanan kucing yang khusus untuk pencernaan dan daya tahan
  4. Siapkan waktu untuk bermain agar lebih akrab
  5. Lakukan grooming mandi, gunting kuku 3 minggu – 4 minggu sekali
  6. Bersihkan matanya setiap pagi dengan air hangat
  7. Lakukan sisir secara berkala guna menghilangkan bulu mati

Kucing ini sangatlah menawan dan bisa dengan cepat mencuri hati kalian, mereka adalah teman hidup yang sangat tenang dan dengan suka hati akan mengikuti kemanapun kamu akan berjalanan dan lalu akan sesegera mungkin mencari perhatian dengan duduk di pangkuanmu, yang unik dari kucing ini adalah dimana kucing lelaki lebih manja dibandingkan dengan kucing betinanya yang jauh lebih mandiri.

Ras ini sangatlah mencintai keluarga, namun ketika harus berhadapan dengan orang asing mereka akan sedikit lebih awas. Jika sudah berjalan beberapa waktu biasanya mereka datang dengan perlahan kepada orang baru tersebut untuk mencari tau apakah respon orang baru tersebut ramah atau membahayakan, jadi bisa dibilang mereka adalah ras yang cerdas dimana tidak gampangan dan akan mudah beradaptasi.