Informasi Utama Kucing Cornish Rex

Ukuran Laki-Laki : <8 Pounds

Ukuran Perempuan : <8 Pounds

Warna Mata : Aqua, Biru, Hijau, Emas, Coklat, Kucing dan Orange

Lama Hidup : 9-13 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Sedang

Panjang Bulu : Pendek

Karateristik : Aktif dan mudah beradaptasi

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, FIFe, TICA


Deskripsi Kucing Cornish Rex

Kucing cornish rex merupakan salah satu spesies kucing yang memiliki ukuran tubuh cukup kecil jika dibandingkan dengan kucing ras lainnya, mereka memiliki tubuh yang ramping jika dilihat dari berbagai sisi, walaupun mereka mungil, ras ini mempunyai tubuh yang sangat atletis dan kuat.

Trah ini memiliki kepala yang sangat kecil namun telinga dan matanya cukuplah besar dibandingan dengan kepala mereka, dagu dari ras ini seringkali disebut sebagai dagu romawi karena bentuknya yang ramping namun sangat kuat, ras ini juga memiliki ekor yang relatif pnjang dengan tingkat fleksibelitas yang diatas rata-rata.

Sejarah Kucing Cornish Rex

Nama Kucing Cornish Rex berasal dari kota Cornwall dari negara inggris, cornwall juga merupakan tempat dimana raja arthur dilahirkan, sejarah dari ras ini dimulai ketika ada seekor anak kucing dengan tipe rambut keriting lahir pada tahun 1950 yang berasal dari ras american shorthair yang diberikan nama selena.

Selena pada saat itu melahirkan 5 anak kucing dan hanya ada satu kucing yang memiliki rambut cukup panjang dan juga keriting, sehingga pada saat itu keturunan pertama dari cornish dinamakan Kallibunker, nama tersebut diberikan karena anak kucing ini menonjol diantara yang lainnya, walaupun sampai saat ini tidak diketahui siapa ayah dari Kallibunker namun pemeriksaan genetik menyebutkan bahwa Kallibunker merupakan hasil mutasi genetik spontan seperti halnya kucing scottish fold.

Sejarah kembali berlanjut ketika sebuah peternakan yang bernama Ennismore mencoba untuk menghasilkan anak kucng dengan jenis ini dan mencobanya untuk menggabungkannya satu sama lain, pada percobaannya peternakan ini sangatlah sukses dan berhasil melahirkan keturunan yang pada saat itu dinamakan Poldhu dan Lamorna cove, dan kedua dari ras ini yang menjadi cikal bakal maraknya ras cornish rex.

Karena melihat bahwa ras ini adalah ras yang unik, akhirnya Lamorna Corve berserta Poldhu diekspor ke negara amerika beserta dengan seluruh anaknya, di AS mereka dikembang biakan dan pada tahun 1963 akhirnya CFA atau cat fancies association akhirnya melakukan pendaftaran pada ras ini.

Karakteristik Kucing Cornish Rex

Kucing Cornish rex merupakan ras yang sangat ramah terhadap kebanyakan orang, mereka juga sangat menyukai adanya perhatian sehingga jika kamu sedang beraktifitas, mereka tidak akan berfikir dua kali untuk menggaggu kegiatanmu, ketika memelihara ras ini, pastikan bahwa kamu selalu mengunci seluruh lemari yang kamu punya karena mereka bisa saja masuk kedalam sana dan mengacak-acaknya.

Ras cornish merupakan ras yang sangat percaya diri dan juga sangat mencintai pemiliknya, mereka sangat suka untuk digendong dan berada dipangkuan pemiliknya, sekilas sifat dari ras ini miriplah dengan anjing karena trah ini sangatlah penurut dan bisa diajari beberapa trik yang mudah.

Walaupun tampilannya sangatlah anggun dan juga sangat manis, namun mereka bukanlah pilihan untuk kalian yang menginginkan kucing yang bisa diam seharian tanpa mengeluarkan suara dirumah, hal tersebut karena ras ini termasuk ras yang sangat berisik dan aungannya yang cukup keras seperti layaknya kucing siam.

Walaupun mereka akan memasuki masa tua, sifat alaminya yang sangat suka berbaur tidak akan hilang bergeser oleh waktu, mereka akan tetap dekat dengan pemiliknya serta energic setiap saat.

Cara merawat kucing Cornish Rex

Cara merawat trah ini menurut kami tidaklah sulit karena pada dasarnya mereka adalah ras yang penurut dan juga memiliki bulu yang pendek sehingga ketika ingin melakukan mandi dan juga grooming, kamu tidak akan mendapatkan perlawanan darinya. Dan berikut adalah cara merawat kucing cornish rex :

  • Mandikan setidaknya 1 Bulan sekali
  • Lakukan sisir setidaknya 2 minggu sekali dengan menggunakan sisir magnet guna menghilangkan bulu mati yang siap rontok
  • Berikan makanan kucing yang sehat
  • Selalu sediakan litter box sebagai tempat dimana ia akan buang air besar
  • Guntung kuku ketika dirasa kukunya sudah cukup panjang
  • Lakukan gosok gigi kepada hewan ini guna menghilangkan karang gigi yang seringkali menghampiri kucing

Tidak sulit bukan merawat ras ini, semua hanya tergantung dari kemauan kalian, jika dilakukan dengan senang hari, apapun pasti akan mudah dan juga menyenangkan, yang terpenting adalah konsisten ya guys, jangan hanya well prepared di awal bulan saja hehehe.

Foto Kucing

Video Kucing