Informasi Utama Kucing Colorpoint Shorthair

Ukuran Laki-Laki : >8kg

Ukuran Perempuan : <8kg

Warna Mata : Biru

Lama Hidup : 8-12 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Sedang

Panjang Bulu : Pendek

Teregistrasi pada Organisasi : CFA


Deskripsi Kucing Colorpoint Shorthair

Kucing Colorpoint Shorthair merupakan ras kucing yang mempunyai tubuh cukup panjang serta berpenampilan sangat elegan, walaupun pada umunya trah jenis ini berukuran sedang dan tidak besar, namun mereka merupakan salah satu ras yang sangat berotot, sangat berotot melebihi kucing ragdoll.

Kucing Colorpoint Shorthair termasuk kedalam golongan ras yang ekstrem, kenapa? karena kepalanya sangatlah segitiga dengan hidung yang mancung sehingga membuatnya sangat patah akan lekukan, mereka memiliki ekor yang meruncing seakan menunjukan sesuatu, yang paling kami suka dari ras ini adalah mata mereka yang indah berbentuk kacang almond.

Mantel bulu dari kucing ini pendek, mereka terlihat mengkilap dan terasa sangat dekat dengan warna kulit aslinya, seperti yang di atas kami sebutkan, keindahan utama dari ras ini terletak pada matanya yang sangat kontras berwarna biru.

Warna pada beberapa bagian seperti pada telinga, ekor dan kaki secara signifikan berbeda dengan apa yang ada di bagian badan, terjadi gradasi warna dari gelap menjadi terang disini.

Sejarah Kucing Colorpoint Shorthair

Sejarah Kucing colorpoint shorthair singkat tidak seperti sejarah kucing lainnya, hal tersebut karena mereka adalah kucing siam yang memiliki warna berbeda, yaitu warna yang sangat unik atau yang biasa dikenal sebagai warna non tradisional.

Pada awal pengembangbiakan ras ini, para peternak menyilangkan kucing siam yang menjadi landasan dengan shorthair amerika berwarna red tabby, tujuannya pada saat itu adalah untuk menemukan ras dengan warna baru.

Percobaan para peternak pada saat itu berhasil dan menjadi sesuatu yang sangat menarik, sehingga pada tahun 1964 organisasi internasional TICA mendaftarkan ras ini dan dianggap sebagai ras baru dan terpisah dari saudaranya kucing siam.

Karakteristik Kucing Colorpoint Shorthair

Kucing Colorpoint Shorthair merupakan salah satu ras yang sangat terkenal akan kecerdasannya, kelincahan dan juga karena mereka sangat suka akan bermain. Mereka sangat suka menghabiskan waktu dengan keluarga hanya untuk bersama atau mengejar mainan tikus.

Walaupun bukan termasuk ras yang manja, trah ini sangat mudah untuk beradaptasi dengan ras baru, dimana ketika ada tamu yang menghampiri ia tidak akan lari, dan bahkan ia akan menunjukan bahwa mereka ingin mengenal siapa orang baru ini dan apa kaitannya dengan keluarga.

Seperti Kucing yang sangat bersahabat pada umumnya, mereka sangat tidak suka ketika mereka harus tinggal sendirian dirumah, mereka bisa menjadi stress dan juga bersikap agresif, memang setiap kucing memiliki sifatnya masing-masing, namun inilah sifat dari kucing colorpoint shorthair.

Jika kamu mencari sosok peliharaan yang bisa dijadikan sahabat karena mereka selalu ada untuk kamu, mengadopsi trah ini merupakan pilihan yang sangat tepat karena semua yang kamu butuhkan ada didalam sosoknya.

Jenis Bulu Colorpoint Shorthair

Seperti yang ada di gambar, trah ini memiliki bulu dengan tipe shorthair yang sangat indah, dikombinaskan dengan mata birunya yang mempesona membuat trah ini sangat cantik dilihat.

Mereka memiliki setidaknya 16 warna yang didaftarkan oleh TICA yang diantaranya adalah pola dengan titik merah, dengan kombinasi cream, dengan kombinasi lynx. yang sangat unik dari perkembangan trah ini adalah dimana ras ini akan berubah warna menjadi lebih gelap ketika mereka sudah menjadi dewasa.

Cara merawat kucing Colorpoint Shorthair

Cara merawat trah ini bisa dikatakan gampang-gampang sulit, alasan pertamanya adalah karena mereka bertipe shorthair dengan kondisi yang mudah beradaptasi dengan suhu, jadi tidak dingin bukan merupakan masalah bagi trah ini, yang kedua adalah trah ini termasuk yang sangat tidak suka dengan air, jadi mungkin kamu akan sedikit kerepotan ketika ingin memandikannya.

Kucing jenis ras ini tidak perlu terlalu sering kamu sisir, karena sejatinya mereka adalah shorthair yang memiliki ketahanan terhadap cuaca cukup tinggi. Setidaknya kamu hanya perlu melakukan sisir padanya selama dua minggu sekali saja, karena dalam periode tersebut seharusnya ada kulit mati yang harus di sisihkan guna menghindari bulunya rontok ke lantai.

Makanan kucing yang tepat merupakan salah satu faktor lain yang harus diperhatikan, lalu pastikan bahwa litter box kucingnya selalu rapih dan terhindar dari tumpukan kotoran guna menghindari bulunya yang cantik terkena kotoran.

Foto Kucing

Video Kucing