Informasi Utama Kucingnya

Ukuran Laki-Laki : > 6kg

Ukuran Perempuan : > 6kg

Warna Mata : Emas, Orange, Hijau

Lama Hidup : 8 -13 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Sedang

Panjang Bulu : Medium

Karateristik Bulu : Wooly

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, TICA


Sekilas Tentang Kucing Chartreux

Kucing Chartreux adalah kucing dengan tubuh ukuran yang sedamg mereka cukup berotot dan memiliki struktur tulang yang tebal, mereka memiliki tubuh yang bulat dan menggemaskan.

Kucing Chartreux di kenal sebagai ras yang kuat, sehingga semua komponen di dalam dirinya harus di kembangkan semaksimal mungkin, mereka memiliki dada yang cukup kuat, jenis ras ini juga memiliki kaki yang bisa di bilang kecil.

Bulu Kucing Chartreux memiliki struktur lapisan yang tebal dan juga kuat, dan bisa menjadi lebih panjang ketika musim dingin datang menghampirinya, mereka memiliki bulu dengan tektstur yang keras yang berguna untuk melindungi badannya dari beberapa ancaman cuaca.

Kucing jenis ras ini terkenal dengan sikap toleran dan juga lembut, mereka cocok sekali di tempatkan di antara anak-anak. Mereka cenderung akan pergi ketika ada ancaman di bandingkan melakukan garukan kepada lawannya.

Kucing ras ini juga terkenal sangat suka dan siap hidup berdampingan dengan anjing-anjing dirumah.

Sejarah Kucing Chartreux

Sejarah Kucing Chartreux tidak lepas dengan latar belakang agama, kucing berwarna smoke blue yang sangat cantik ini di bawa ke daerah prancis dari daerah timur tengah pada tahun 1500an. Pada saat itu Kucing Chartreux secara massive di kembang biakan oleh para biarawan Charthusian yang berlokasi di dekat paris.

Secara metodis dan terstruktur, pengembang biakan Kucing Chartreux dimulai pada tahun 1920, dalam proses tersebut terciptalah kucing berwarna smoke blue yang memiliki bulu pendek dan tubuh yang kuat. Karena di anggap sebagai kombinasi yang berhasil, akhirnya cikal bakal dari ras ini di bawa ke inggris, di sana jenis dari trah ini di tingkatkan kualitasnya, dari jenis mantel, kombinasi warna dan kekuatan tubuh.

Semua proses yang terjadi sejak tahun 1500an membuat kita mengenak akan Kucing Chartreux sekarang ini. Selama perang dunia II, Kucing Chartreux hampir saja hilag tidak tersisa, namun karena karya dan dedikasi para peternak, mereka berhasil mengembalikan jumlah populasi secara perlahan.

Sangat beruntung karena pada saat itu banyak sekali peternak yang mengembang biakan trak jenis ini, karena pada saat perang dunia ke II selesai tidak ada sama sekali kucing berkeliaran yang bisa kamu lihat di ajlaan jalan.

Pada tahun 1970 kucing dari ras ini untuk pertama kalinya di import ke Amerika serikat, dan semenjak saat itu pada tahun 1987 organisasi internasional mulai melakukan registrasi, dan saking populernya trah ini, mereka di jadikan maskot resmi dari acara festival jazz di Montreux.

Karakteristik Kucing Chartreux

Kucing Chartreux memiliki karakteristik yang menyenangkan untuk di miliki dan menjadi teman, mereka memiliki sikap yang sangat tenang dan juga setia terhadap pemiliknya.

Kucing dari jenis ini sebenarnya tidak perlu di perhatikan setiap jam, karena mereka akan tau kondisi dan lokasi yang tepat, jadi ketika mereka berkomitmen untuk bermain, jangan kaget jika suatu saat mereka datang membawakan mainan kepada kamu.

Bisa di bilang dan di sandingkan bahwa trah ini seperti pantomim, dimana mereka tidak bisa bicara namun mereka komunikatif, dan sesekali memperlihatkan sifat yang konyol dan sangat lugu, trah ini juga sangat suka melakukan tidur siang.

Dia sangat menghargai setiap perhatian yang datang padanya, terutama jika itu melibatkan fisiknya seperti menggaruk dagu atau mengusap kepalanya, jika kamu melakukan hal ini dengan intensitas yang kering, kucing chartreux bisa di pastikan akan menganggp kamu sebagai sahabat.

Kucing Chartreux sangat jarang menggunakan suara dalam komunikasinya, mereka lebih memilih untuk mengarahkan tindakan, ras ini merupakan kucing yang bisa beradaptasi tidak harus dari kitten sehingga tidak masalah jika kamu mengadopsinya walau sudah adult.

Jenis Bulu Dan Grooming

Mantel bulu dari ras ini memiliki lapisan ganda yang hanya sedikit di antarnaya memiliki tekstur wol, ketebalan dari trah ini bervariasi tergantung usia dan jenis kelamin serta iklim dimana ia tinggal.

Kucing chartreux memiliki mantel bulu yang berwarna smoke blue, di ujung dari mantel bulunya terlihat seolah disikat oleh perak karena menimbulkan gradient yang sangat cantik, mereka melengkapi penampilannya dengan kulit hidung yang berwarna abu-abu, bibir yang berwarna biru serta paw atau telapak kaki yang berwarna mawar tua.

Cara merawat kucing Chartreux

Mantel bulu trah ini yang pendek membuatnya sangat mudah untuk di rawat, kamu hanya perli melakukan sikat mingguan, kecuali ketika musim semi atau kemarau datang, kamu harus meluangkan waktu ekstra, karena pada saat tersebut mantel dari bulu yang rontoh semakin banyak, jauh lebih banyak dari biasanya.

Mandi tidak terlalu di perlukan oleh trah jenis ini, kamu hanya perlu melakukan manti ketika kamu lihat bahwa sudah terdapat banyak kotoran atau bau kurang sedang menyelimuti bulunya, karena tekstur dari bulunya yang sangat tebal, membuatnya waktu lebih panjang untuk mengeringkannya jika kamu tidak memakai pengering, ini adalah hal yang kurang baik karena bisa membuatnya sakit.

Sebagai jenis kucing rumahan , sangat baik dan bijak jika kamu tidak membiarkannya berkeliaran di jalan, tetap berada di dalam rumah adalah pilihan baik dan bijak karena akan tetap menjaga penampilannya dari kotoran yang bisa saja menggangu.

Foto Kucing

Video Kucing