Informasi Utama Kucing Burmese

Ukuran Laki-Laki : >8kg

Ukuran Perempuan : 6.7kg

Warna Mata : Emas dan Kucing

Lama Hidup : 9-13 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Tinggi

Panjang Bulu : Pendek

Teregistrasi pada Organisasi : CFA, ACFA, FIFe, TICA


Deskripsi Kucing Burmese

Kucing Burmese merupakan ras kucing yang ukurannya terbilang sedang, namun ketika kamu hendak menggendongnya, kamu akan merasakan berat yang tidak sepadan dengan ukurannya karena mereka merupakan tipe ras yang mempunyai tubuh gempal dengan otot yang sangat padat didalamnya.

Kegempalan dari kucing burmese sangat terlihat dimana-mana, dalam banyak bagian tubuh dari ras ini kamu akan melihat sesuatu yang bundar, dimulai dari kepala yang bundar, ujung telinga yang bundar, mata, dagu dan bahkan struktur kaki yang sangat gempal. Ketika kita melihat trah ini, kesan yang didapatkan adalah bahwa mereka adalah trah kecil dengan kekuatan yang sangat besar didalamnya.

Mantel bulu dari Kucing burmese sangatlah pendek, namun mereka diberkati dengan warna yang sangat indah dan juga berkilap, pada beberapa titik terdapat pola yang sangat cantik dibagian bawah kakinya.

Warna dari trah ini tidaklah banyak memiliki variasi, mereka masih hanya memiliki warna tradisional yang terdiri dari colat tua dan beberapa pola minor ditubuhnya, hal tersebut karena sedikitnya persilangan yang dilakukan sebelum trah ini diakui dan di daftarkan di organisasi internasional.

Sejarah Kucing Burmese

Nenek Moyang dari kucing burmese adalah kucing siam yang mana diperkirakan jenis dari trah ini merupakan trah yang mendiami kuil di istana yang lalu dibiarkan dan dibiakan oleh para pendeta.

Kucing pertama dari ras ini bernama Wong Mau, spesies pertama ini dimiliki oleh Dr Joseph Thompson yang mendapatkan salah trah ini dari pelaut yang kembali dari perjalanannya.

Wong Mau pada awalnya sebelum diteliti lebih jauh diyakini oleh banyak orang merupakan kucing siam yang meiliki mantel bulu berwarna coklat. Hingga pada tahun 1880an telah dilakukan penelitian bahwa ternyata ras ini ternyata berasal dari thailand dan burma yang sekarang lebih dikenal sebagai Myanmar.

Dalam perjalanannya, Wong mau akhirnya disilangkan dengan ras lain yang tidak diketahui namanya, hasil persilangan dari Wong ternyata membuat dua jenis trah berbeda, yaitu kucing tonkin dan yang satunya adalah kucing burmese.

Pada tahun 1936 beberapa organisasi internasional mulai melakukan pendaftaran pada ras ini, namun ada tahun 1974 penelitian dan pendaftaran dari ras ini harus dihentikan karena masih banyak peternak masih menggunakan genetik siam dalam program pengembang biakan mereka, akhirnya pada tahun 1953 ras ini kembali didaftarkan dan diterima sebagai ras resmi yang membuatnya kini menjadi kian populer.

Karakteristik Kucing Burmese

Kucing Burmese memiliki karakteristik sebagai ras yang energik dan juga ramah, mereka memiliki dan diyakini sangat dekat dengan tekad para leluhurnya ketika saat masih menjadi ras yang mendiami kuil, ras ini memiliki suara yang sangat manis dan juga lembut.

Trah ini sangat dikenal karena mereka sangat ingin bersahabat dengan manusia, jad sangat tidak cocok jika kamu mengadopsinya untuk menjaga rumah sendiri tanpa adanya keramaian disisi mereka, jadi pastikan ketika kamu hendak akan mengadopsinya, kamu memiliki waktu yang cukup untuk membuatnya menjadi aktif dan merasa dihargai.

Kucing Burmese mempunyai sifat penasaran kepada hewan lain yang datang, namun mereka tidaklah agresif, mereka cenderung ingin tau karena mereka ingin menjalin pertemanan dengan hewan baru tersebut. Kucing jenis ini sangat suka untuk duduk dan berguling serta melambai dikala waktu kosong menghampirinya.

Trah ini merupakan definisi sesungguhnya dari seorang ratu, dimana ia sangat suka akan perhatian, mereka juga bertanggung jawab, cenderung tenang dan sangat setia dan sangat mudah menjalin persahabatan terhadap manusia disekitarnya.

Jenis Bulu dan Anatomi

Kucing Burma sering pula dianalogikan sebagai batu bata yang dibungkus dengan kain sutra hal tersebut karena dibalik kemasannya yang sangat mempesona, mereka memiliki otot yang sangat keras dan juga padat. Hampir semua bagian tubuh dari ras ini mencerminkan kebulatan yang alami.

Mereka memiliki mantel bulu yang sangatlah tipis dan juga halus, semua bulu dari kitten trah ini akan menjadi lebih gelap ketika hendak mereka menjadi sosok yang dewasa. Di bagian hidung dari kucing ini terdapat kulit yang berwarna coklat muda, pawn mereka berwarna merah muda sehingga sangat kontras dengan bulunya.

Mantel bulu dari kucing burmese berwarna biru sedangkan yang berada di bagian perut sedikit lebih ringan. Walaupun yang kita sering temui kebanyakan adalah yang berwarna biru, namun ternyata beberapa asosiasi ternyata mengizinkan warna lain dalam pendaftaranya seperti warna kulit penyu, warna ungu dan warna merah.

Cara merawat kucing Burmese

Mantel bulu yang halus serta pendek dari kucing burma sangat mudah dirawat dengan cara disikat atau disisir setiap minggu guna menghilangkan rambut mati yang bisa saja jatuh ke lantai, kucing ras ini tidak perlu sering dimandikan, lakukan mandi ketika hendak dilihat sudah kotor dan bau saja.

Sikat gigi cukup diperukan mengingat kucing merupakan ras yang sangat mudah terkena karang gigi atau penyakit periodontal, gunakan makanan kucing yang berkualitas baik dan selalu jaga litter box agar tetap bersih adalah hal yang harus dilakukan selanjutnya.

Foto Kucing

Video Kucing