Kucing Bulu pendek britania atau kucing british shorthair adalah kucing yang sangat menarik, mereka memiliki postur yang bulat, bulu yang pendek dan juga mata yang sangat besar seperti kucing persia, kucing satu ini juga seringkali disebut sebagai ibu dari banyak ras kucing karena ras ini pada tahun 1900an seringkali dijadikan ras percobaan guna menciptakan ras baru, salah satunya adalah kucing devon rex, kucing ragdoll dan kucing snowshoe.

Jika kamu menginginkan kucing yang memang tidak begitu menuntut banyak perhatian, sepertinya kucing bulu pendek britania ini cocok untuk kamu pelihara, karena sifat alami dari ras ini lebih kepada yang cuek dan tidak membutuhkan banyak kasih sayang, sifatnya bisa dikatakan hampir sama seperti kucing kampung.

Walaupun dikatakan bahwa mereka adalah ras yang cuek, namun nyatanya mereka adalah ras yang bisa bersosialisasi dengan baik kepada orang baru. Ketika ada orang baru mendekat, ras ini cenderung akan menghampiri dan jika dirasa cocok dan tidak berbahaya, kucing bulu pendek britania ini akan tidak canggung lagi dengan orang baru tersebut.

Kucing seperti yang kita ketahui seringkali menyabet predikat sebagai hewan yang sangat mudah merasakan gelisah dan juga tegang apalagi ketika harus berpindah pindah tempat, namun hal tersebut tidak berlaku kepada ras ini, karena british bulu pendek ini tidak akan merasa gelisah meskipun harus pindah rumah, jadi kami rasa ras ini sangat cocok buat kamu yang mempunyai mobilitas sangat tinggi.

Karena mereka sangat lucu, cuek dan menggemaskan, tak ayal bahwa mereka pastinya memiliki beberapa fakta yang sepertinya sayang untuk dilewatkan, oleh karena itu tim infobinatang merangkum setidaknya 7 fakta menarik kucing bulu pendek britania :

7 Fakta Menarik Kucing Bulu pendek britania:

#1 Sejarah

Kucing jenis ini seperti namanya memang terkenal dan ditemukan pertama kali dinegara inggris, kiprahnya semakin menanjak ketika masuk kedalam era victoria, pada era ini para pemelihara kucing mulai mengembang biakan ras ini dan seringkali di silangkan dengan ras lain karena dikatakan bahwa ras ini sangat unik oleh karena itu bulat kepala dan mata besarnya ingin dikembangkan.

Pada pertunjukan satwa pertama kali di inggris, kucing ras ini merupakan ras satu-satunya yang dipertunjukan karena pada saat itu ras terkenal belum ditemukan dan belum terkenal seperti sekarang.

Ras ini mengalami penurunan pada masa perang dunia kedua, pada masa ini perang menghancurkan hampir seluruhnya populasi dari kucing bulu pendek britania, namun ada beberapa peternak yang sempat membawa ras ini keluar daratan inggris sehingga ketika perang sudah berakhir masih ada kucing yang bisa dikembang biakan.

Kucing bulu pendek britania mendapatkan pengakuan pada tahun 1967 dari ACA atau American Cat Association, tetapi karena bingung banyaknya gen identik terhadap ras lain, akhirnya mereka baru resmi diterima pada tahun 1980.

Kucing bulu pendek britania

#2 Pernah main di film

Ras satu ini karena pesonanya cukup menawan membuat banyak sekali film memakai jasanya sebagai peliharaan pendamping atau sebagai pemeran utama, yang sangat terkenal memakai sosok kucing ini sebagai pemeran utama adalah dari pixar melalui film puss in bootsnya.

Film alice in wonderland juga memakan kucing ras ini dan memerankan Cheshire pada film tersebut, pasti kamu kaget kan guys? ternyata oh ternyata mereka dari ras kucing british shorthair ya.

#3 Ukuran

Kalau dalam film-film ukurannya bisa besar dan kecil namun ternyata ukuran biasanya dari ras ini adalah 12 hingga 20 pounds untuk lelaki dan 8 hingga 14 pounds untuk yang betina, jadi bisa dikatakan bahwa ras ini cukup gempal ya guys karena ukurannya bisa mencapai 20 pounds loh.

#4 Personality

Seperti yang sudah dimention diatas bahwa mereka adalah ras yang cuek, mereka juga sangat suka bersosialisasi namun tidak suka di manja seperti kucing pada umumnya, jadi ketika kamu hendak ingin bersenang-senang dengan peliharaan yang bisa mandiri namun tetap nurut denganmu, kucing satu ini adalah pilihan yang tepat.

Ketika kucing ragdoll adalah kucing yang berisik, kucing satu ini malah kebalikannya guys, mereka cenderung diam dan akan berbicara pada beberapa waktu tertentu saja, seperti sedang ingin meminta makanan kucing atau sedang dalam masa kawin kucing.

Kucing bulu pendek britania

#5 Warna Bulu

Salah satu yang membuat ras ini kian menjadi ras yang populer adalah karena warna dari ras ini yang sangat banyak dan bagus-bagus, bahkan merka juga dikenal sebagai pemilik warna langka smoke dan lilac, namun berikut adalah warna-warna yang bisa kamu temui di kucing bulu pendek britania :

  1. Hitam
  2. Biru
  3. Abu-abu
  4. Lilac
  5. Tabby
  6. Pointed
  7. Coklat

Nah tuh guys, jadi warna mereka sangat beragam kan, sangat cocok untuk kamu yang juga pecinta warna lilac, karena kamu rasanya akan sulit mendapatkan kucing warna lilac diras lain.

#6 Kesehatan

Yang harus kamu ketahui adalah bahwa ras ini bukanlah ras yang manja yang sedikit-sedikit bisa sakit, mereka adalah termasuk ras yang tahan banting karena memang pada habitat aslinya mereka lebih banyak tinggal dijalanan, biasanya kesehatan utama mereka terganggu pada bagian ginjal karena kurangnya minun dan karena diberikan makanan kering.

Ini adalah masalah yang memang biasa ditemui oleh kucing manapun sehingga sebagai pemilik kamu harus mengantisipasinya dengan selalu menyediakan air bersih ya guys, selebihnya mereka dikenal sebagai kucing yang tahan banting dan umurnya panjang, wah hebat hebat.

#7 Kedekatan dengan anak dan peliharaan lain

Kalau kamu termasuk yang memiliki anak kecil atau peliharaan lain seperti anjing atau burung, kucing bulu pendek britania adalah pilihan yang tepat karena mereka akan mudah bersahabat dengan binatang lain dan juga anak kecil, ketika mereka tidak suka mereka akan cenderung cuek dan menghindari perkelahian.

Untuk hubungan dengan anak kecil, ras ini juga dikenal sebagai ras yang penyayang loh guys, mereka tidak akan mengcakar dan membahayakan anak kecil, jadi aman deh untuk dipelihara.