Informasi Utama Kucing Bengal

Ukuran Laki-Laki : >8kg

Ukuran Perempuan : >8kg

Warna Mata : Biru

Lama Hidup : 9-13 Tahun

Kebutuhan akan Perhatian : Tinggi

Panjang Bulu : Pendek

Teregistrasi pada Organisasi : ACFA, FIFe,TICA


Deskripsi Kucing Bengal

Kucing Bengal melalui penampilannya benar-benar mengingatkan kita tentang bagaimana macan tutul berpenampilan. Trah ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan trah lainnya, seperti dijelaskan di atas bahwa, ukuran laki-laki kucing ini bisa mencapai 10kg sangat besar dibandingkan dengan kucing lain.

Kucing bengal memiliki kepala yang bentuknya segitiga, di bagian bawah kepalanya atau leher terdapat lapisan daging yang cukup tebal, lalu di lanjutkan kaki dan ekor yang juga sangat tebal dan berisi. Pola dari ras ini biasanya dipengaruhi oleh gen tabby yang telah mengalami hibridisasi asli..

Mantel bulu dari ras ini sangatlah pendek, memiliki permukaan yang kasar sehingga sedikit kurang enak ketika di pegang, namun bulu trah ini mudah sekali untuk dirawat dan jika dilihat tidaklah kusam, satu-satunya kesalahan adalah permukaannya yang kasar.

Sejarah Kucing Bengal

Leluhur dari kucing bengal di tuliskan dalam sejarah merupakan macan tutul berukuran kecil dari Asia, jadi memang benar adanya bahwa trah jenis ini memiliki darah keturunan dari macan tutu.

Nama Kucing bengal sendiri diambil dari istilah ilmiah macan tutul asia yang bernama Felis bengalensis. Mereka diciptakan dengan melakukan persilangan antara macan tutul asia yang ada pada tahun 1950an sampai 1960an yang pada saat itu bisa dibeli di toko hewan sebagai hewan peliharaan.

Sejarah kucing bengal berlanjut ketika seseorang yang bernama Jean Mill dari peternakan california mencoba untuk melakukan persilangan, pada saat jean melakukan persilangan dirinya tidak sama sekali bermaksud untuk mendapatkan trah baru.

Pada saat itu jean melakukan persilangan secara tidak sengaja, setelah ia membeli macan tutul kecil yang niatnya untuk menemani tom kucing hitam mulutnya agar tom tidak merasa sendiri. Yang sangat mengejutkan pada saat itu, jean tidak pernah menyangka bahwa kedua spesies tersebut bisa saling kawin, dan hasilnya adalah kucing bengal yang seperit sekarang.

Pada waktu yang tidak jauh berbeda, seseorang yang bernaa Willard Centerwall juga menyilangkan kucing tutul asia dengan ras domestik di universitas loyola, Dr Willard mencoba menyilangkan karena ia tau bahwa spesies macan tutul kebal terhadap penyakit leukimia yang pada saat itu sedang gencarnya menjadi wabah bagi para kucing.

Berbagai peternak menjadi tertarik mengembangkan trah baru ketika ada dua orang yang berhasil menemukan trah ini dengan menyilangkan macan tutul asia.

Organiasasi internasional yang pertama kali mengakui keberadaan kucing bengal sebagai ras resmi adalah TICA yang telah juga memberikan status eksperimental pada tahun 1983, setelahnya pada tahun 1991 beberapa organisasi menyusul TICA untuk mengakui ras ini.

Saking menariknya ras ini, pernah ada kasus di inggris bahwa seorang wanita rela untuk membayar dengan harga sekitar 700jt untuk kucing jenis ini, sehingga banyak peternak juga mengatakan bahwa Kucing Bengal adalah ras rolls roycenya para kucing, jadi bisa dibilang harga kucing bengal sangatlah mahal ya guys karena harganya mencapai 700jt.

Karakteristik Kucing Bengal

Kucing bengal memiliki karakteristik sebagai hewan yang sangat aktif dan juga cerdas, hal tersebut membuatnya sangat cocok untuk dijadikan teman dirumah, namun terkadang mereka suka menentang perintah, hal ini karena mereka masih ada genetik hewan liar didalam tubuhnya.

Ras ini dikenal pula karena sifat mereka yang sangat ramah dan juga percaya diri, mereka juga sangat berisik, terlebih ketika sedang memasuki masa birahi, ocehannya bisa terus terdengar sepanjang malam.

Jangan biarkan kucing ras ini untuk merasakan bosan karena kamu tinggal dirumah atau kamu memasukannya kedalam kandang, perilaku yang tidak bersahabat seperti ini bisa memunculkan sifat liarnya untuk kembali keluar, ada beberapa kasus, stress dari ras ini bisa merusak beberapa barang dirumah, jadi pastikan kamu siap ketika hendak ingin mengadopsi ras ini.

Walaupun terkesan seperti hewan liar, ternyata ras ini sangat suka untuk bermain diliar, hingga jika kamu memiliki akuarium, ras ini tidak akan sungkan untuk memasukan tangannya dan bermain dengan air yang berada disana.

Jenis Bulu Kucing Bengal

Kucing bengal memiliki bulu yang tipis disertai beberapa corak tabby didalamnya, terlihat sangat sangar diluar. Tekstur dari bulunya sangat kasar sehingga sangat tidak nyaman untuk dipegang, namun ada banyak sekali obat diluar sana yang mempunyai khasiat mampu melembutkan rambut yang ada pada kucing.

Ras ini memiliki mantel yang juga cukup bersinar dan memiliki respon yang baik terhadap cahaya, sehingga jika ia berada diluar rumah, pantulan cahaya matahari akan membuatnya terlihat mempesona, namun sekali lagi, kamu akan kecewa ketika menyentuhnya karena permukaannya sangat kasar.

Cara merawat kucing

Karakteristiknya yang berbulu pendek dan sangat suka air sangatlah memudahkan kamu dalam merawat hewan ini. Walaupun trah ini sangatlah suka akan air, namun kami menyarankan untuk tidak terlalu sering melakukan mandi kepadanya, kamu cukup melakukan mandi ketika memang dilihat sudah kotor, jangan lakukan secara intensif dan terjadwal karena bisa membuatnya sakit.

Karena mereka memiliki genetik sebagai ras liar yang bisa saja mencakar seluruh perabotan kamu dirumah, kamu menjadi sangat harus memperhatikan kukunya, karena ketika ia dibiarkan saja memiliki kuku yang panjang, itu bisa berdampak buruk kepada keberlangsungan perabotan kamu dirumah.

Pastikan juga litter box dan makanan kucing kucing selalu tersedia dengan baik, intinya, jangan biarkan ras ini tidak menemukan apa yang ia sedang cari.

Foto Kucing

Video Kucing