Kenapa Kucing takut timun? hal tersebut adalah reaksi alami mereka terhadap apa pun yang menyelinap tanpa membuat suara, kucing akan cenderung merasakan takut dan juga waspada terhadap hal yang mereka tidak ketahui atau temui sebelumnya karena hal tersebut asing dan bisa mewakili predator, dalam kasus mentimun, kucing merupakan hewan yang sangat waspada dan karena bentuk dari timun yang menyerupai seperti ular, hal tersebutlah yang membuat reaksi mereka sangat ketakutan karena secara alami ia akan mencoba melindungi tubuhnya.

Maka dari itu ketika seekor kucing melihat mentimun hijau yang tergeleta di lantai tepat di belakang mereka, mentimun akan membuatnya ketakutan karena posisi dan penempatan dari mentimun tersebut jelas sangat menakutinya, menurut Dr Roger Mugford, seorang spesialis perilaku hewan ia berkata “Saya fikir reaksiya adalah karena kebaruan dan tak terduga menemukan benda yang tidak biasa diam-diam berada didekatnya”.

Jika kucingmu sudah sering disandingkan dengan mentimun, seharusnya mereka sudah tidak akan lagi merasakan ketakutan ketika melihat timun karena mereka sudah berhasil membedakan mana ular dan mana mentimun.

Kucing Menyangka bahwa mentimun adala ular

Alasan lain kucing bisa takut dengan mentimun adalah karena mereka mungkin mengaitkan mentimun dengan ular karena jika diliat secara sekilas memang bentuknya hampir serupa, ular yang merupakan predator dapat menyerang dan menerkam kucing dan efek takutn dari sang kucing sudah sangat alamiah seperti ketika kita disandingkan dengan macan, pastinya kita akan takut.

Menurut Jill Goldman ahli perilaku hewan yang sangat terkenal di california selatan, mentimun dari penglihatan kucing sangat mirip dengan rupa ular bagi kucing, berkat eksterior hijau serta memanjang yang dimiliki oleh sayuran ini.

Video Kucing takut Timun

Setelah melihat rentetan video tersebut pastinya banyak dari kita tertawa oleh perilaku polos dari sang kucing. Dalam video diatas pemilik kucing secara diam-diam menempatkan mentimun di belakang kucing saat si kucing menghadap ke arah lain, ketika kucing kemali berbalik dan memperhatikan mentimun si kucing langsung lompat terkejut dan ketakutan.

Teori Reader’s Digest kenapa kucing takut timun

Menurut hasil eksplorasi yang diberikan oleh Reader’s Digest, teori dibalik fobia kucing tentang mentimun sangatlah aneh, dan menurut Doctor Dolittle yang sangat ahli dengan bahasa hewan, ia berkata kepada ABC News bahwa respon kucing yang sangat ketakutan terhadap timun itu sangatlah biasa dan merupakan nalurinya untuk merespon dengan sikap seperti itu.

“Kucing Secara genetis terprogram melalui instingnya untuk menghindari ular dan predator lainnya, secara tampilan, mentimun terlihat cukup seperti ular dan itu dapat membuat ketakutan terhadap kucing” menurut Slobodchikoff.

Teori kedua berdasarkan pada kemunculan mentimun secara tiba-tiba, mirip dengan naluri manusia yang ketakutan ketika ada seseorang yang menyelinap dari belakang, melakukan testing dengan menakutinya tidak hanya dengan timun namun dengan mainan mirip predator lainnya, dan nyatanya kucing melakukan respon dengan reaksi yang sama.

Jangan takuti Kucing, kenapa?

Melihat kucing kita meloncat kaget memang sangatlah menyenangkan dan membuat hati senang, namun ternyata jika kamu seringkali melakukan hal tersebut jelas saja akan ada resiko yang bisa diterima, dan berikut adalah resikonya :

  1. Kucing akan menjadi stress
  2. Akan muncul sifat destruktif
  3. Kucing harus melakukan adaptasi ulang
  4. Kucing menjadi sulit untuk makan
  5. Kedekatan pemilik dan kucing menjadi terganggu
  6. Kucing bisa menjadi sakit karena stress
  7. Binatangmu akan tidak mudah berbaur
  8. Terdapat trauma yang lebih terhadap mentimun
  9. Akan menjadi lebih galak
  10. Sulit untuk dimandikan
  11. Empati kucing yang akan menurun

Jadi walaupun terlihat menyenangkan baiknya kamu tidak menakutinya berulang-ulang ya teman karena bisa berdampak kurang baik untuk kesehatannya.

Podcast Penjelasan kenapa kucing takut timun

Ini adalah podcast yang menjelaskan kenapa kucing takut timun oleh podcaster binatang terkenal.