Kandang sugar glider – Memelihara sugar glider memang menjadi salah satu hobi yang kini mulai digemari banyak orang. Kelincahan binatang uang satu ini menjadikan banyak orang menyukai untuk memeliharanya sebab sangat lincah dan memang senang bermain dengan pemiliknya, Anda tidak akan merasa rugi memeliharanya bahkan bisa dijadikan teman hiburan saat Anda sedang merasa penat. Memelihara sugar glider pastinya Anda juga harus memiliki kandang sugar glider.

Tanpa disadari kandang yang Anda miliki sebagai tempat tinggal sugar glider juga memiliki pengaruh yang cukup besar pada perkembangan sugar glider yang Anda miliki sehingga memungkinkan Anda untuk setidaknya tahu bagaimana kriteria yang baik dari kandang yang harus Anda miliki tersebut. Berikut beberapa ulasannya:

  1. Hiding place

    Pastikan dalam kandang sugar glider Anda miliki memiliki hiding place. Pengertian dari hiding place sendiri berdasarkan artinya adalah tempat bersembunyi, mengapa sugar glider memerlukan tempat bersembunyi? Ini disebabkan sugar glider merupakan makhluk nocturnal yang memang tidak terlalu menyukai adanya cahaya dan seringkali binatang yang satu ini menjadikan hiding place sebagai tempat tidur mereka.

    Anda dapat memilih ragam hiding place yang sesuai dengan selera Anda. Ada yang terbuat dari kaos kaki yang bekas, batok kelapa, kain bekas yang dibentuk atau mungkin beberapa jenis lainnya yang bisa Anda beli di pasaran. Ini disesuaikan dengan selera Anda. Terpenting adalah Anda memilih hiding place yang mudah dibersihkan.
  2. Mainan sugar glider

    Sama seperti hamster, sugar glider juga membutuhkan mainan tertentu yang bisa dijadikan alat untuk bermain jika merasa bosan dengan aktivitas yang monoton. Apalagi binatang yang satu sangat lincah dan senang sekali melompat-lompat ke beberapa tempat. Untuk itu perlu sekali bagi Anda mempertimbangkan beberapa jenis mainan yang tepat untuk sugar glider milik Anda. Jadikan kandang sugar glider tempat yang nyaman untuk di tinggali binatang peliharaan Anda tersebut.
  3. Alas kandang

    Alas kandang dari sugar glider bisa dengan menggunakan kain bekas atau kertas bekas, bisa juga menggunakan tisu bekas. Namun untuk yang lebih memberikan manfaat yang cukup bagus maka sebaiknya Anda memilih serbuk maupun pasir zeroit. Hal tersebut dikarenakan pasir zeroit atau serbuk kayu memiliki fungsi untuk menyerap bau yang ditimbulkan dari sugar glider misalnya bekas kotorannya dan beberapa bebauan lainnya yang ditimbulkan. Meski sebenarnya sugar glider tidak sama seperti hamster yang membutuhkan pasir untuk membersihkan dirinya, namun dengan menggunakan pasir zeroit akan memberikan nilai keindahan pula pada kandang yang Anda miliki tersebut.
  4. Tempat minum

    Anda dapat membuat tempat minum sendiri yang bisa diletakkan di dalam kandang, namun bisa juga Anda membeli khusus di toko hewan jika menginginkan tempat minum yang jauh lebih cantik dari segi tampilannya sehingga memungkinkan tampak lebih indah kandang yang Anda miliki. Namun jenis tempat minum seperti apapun pastikan Anda meletakkannya di tempat yang tepat atau harus diketahui oleh sugar glider agar memudahkan untuk mencarinya saat minum
  5. Tempat makan

    Pastikan Anda memilih tempat makan yang mudah untuk dibersihkan sebab akan sangat riskan jika Anda asal memilih tempat makan yang mana nantinya susah untuk dibersihkan dan memberikan kesan yang tidak enak dipandang keberadaannya dalam kandang sugar glider. Letakkan juga di tempat yang mudah dijangkau oleh sugar glider, serta pastikan selalu terisi dengan penuh.

Setelah kalian tau hal apa saja yang seharusnya ada dalam kandang sugar glider, kami mengharapkan bahwa dikedepannya para pemilih mamalia satu ini bisa menjadi lebih aware sehingga bisa memberikan hidup yang baik bagi hewan peliharaannya dengan membuatkan kadang yang layak serta memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan.

Foto Kandang Sugar Glider