Iguana merupakan keluarga kadal yang hidup di wilayah tropis Amerika Tengah, Amerika Selatan dan kepulauan karibia. Jenis Iguana ini dideskripsikan pertama kali oleh seorang ahli hewan yang berkebangsaan Austria yaitu Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768.

Istilah penamaan hewan ini diketahui kemungkinan berasal dari bahasa taino yaitu salah satu suku asli dari Amerika, mereka memanggilnya dengan nama iwana yang juga merujuk pada kadal-kadal ini.

Iguana memiliki panjang tubuh antara 1,5 meter hingga 1,8 meter dari ujung kepala sampai ujung ekor. Ciri khas hewan ini adalah memiliki jambul dibawah rahang mereka seperti pada ayam jantan, deretan sisik membentuk duri besar yang biasa di sebut dengan spike berjejer diatas tubuh reptil mulai dari leher hingga pangkal ekor.

Selain itu, reptil satu ini juga mempunyai organ tubuh yang mirip dengan mata pada bagian atas kepalanya. Organ tersebut berfungsi untuk menganalisa cahaya disekitarnya. Warna dari tubuh reptil ini cukup bervariasi mulai dari warna hijau, warna merah, warna hijau lumut, hijau kecoklatan, hiau kekuningan atau ke abu-abuan, coklat karamel atau bahkan putih. Ekor spesies satu ini memiliki warna yang sama dengan tubuhnya dan dihiasi dengan garis belang-belang hitam atau gelap dari pangkal hingga ujung ekor.

Iguana ialah hewan yang mampu beradaptasi dengan sangat baik sebagai kadal pohon dan kadal pemakan tumbuhan atau herbivora. Akan tetapi, mereka tetap membutuhkan nutrisi hewani seperti memakan serangga-serangga kecil yang ada pada tumbuhan yang mereka makan.

Jenis-Jenis Iguana yang Ada di Indonesia

Jenis Iguana sendiri terdiri dari 48 spesies dari 8 genus yang ada di dunia mulai dari yang berwarna hijau, warna laut, warna batu, warna guru dan lain-lain. Nah dari 48 spesies ini hanya ada beberapa spesies dan jenis hewan satu ini yang ada di Indonesia. Berikut adalah jenis-jenis iguana yang ada di Indonesia.

1. Iguana Hijau

jenis iguana hijau

Iguana Hijau merupakan salah satu jenis iguana yang paling banyak dicari untuk dipelihara, karena jenis ini memiliki warna hijau yang cantik cerah untuk dipandang. Hewan yang satu ini juga merupakan hewan yang jinak tidak mudah menggigit serta sangat mudah untuk dirawat.

Selain itu, iguana hijau ini termasuk jenis yang paling murah jika dibandingkan dengan jenis iguana yang lainnya. Sudah banyak pula para breeder spesies berwarna hijau yang sukses menghasilkan pundi-pundi uang dari hasil penjualan binatang satu ini.

Oleh karena itu hewan yang satu ini tidak termasuk kedalam hewan yang dilindungi, sehingga banyak sekali orang-orang yang menjualnya mulai dari online shop, petshop atau bahkan para anggota komunitas pecinta hewan ini.

Harga untuk anakan iguana ini cukup terjangkau mulai dari 300 ribu hingga jutaan rupiah, harga dari hewan ini sendiri di tentukan berdasarkan ukuran atau bahkan fisik. Semakin besar dan panjang serta mulus fisik yang dimiliki maka harganya akan semakin tinggi.

2. Iguana Merah

jenis iguana red

Iguana Merah juga termasuk jenis iguana yang banyak peminatnya, sama halnya dengan dengan si hijau hijau, namun karakter si merah merah ini lebih agresif, karakternya yang lincah dan suka bertahan, membuat sang majikan si merah ini merasakan kibasan ekornya.

Selain si hijau, ternyata jenis merah juga termasuk jenis iguana yang memiliki banyak peminatnya. Binatang jenis ini memiliki karakter yang lebih agresif dibandingkan dengan jenis hijau hijau, karakternya yang lincah serta suka bertahan membuat sang majikan sering merasakan kibasan atau dari ekornya.

Jenis ini sendiri memiliki 2 golongan, yaitu :

  • Iguana Super Red

Iguana Super Red merupakan jenis yang memiliki warna merah yang sangat mencolok serta terang pada bagian tubuh hingga pankal ekor. Untuk bagian ekornya sama seperti jenis hijau yaitu memiliki garis yang melingkar berwarna merah sampai ujung ekor.

  • Iguana Red Mix

jenis Red Mix Merupakan persilangan dari spesies hijau dengan spesies merah. persilangan ini menjadikan jenis Red Mix memiliki 2 warna yaitu merah dan hijau.

Harga si merah ini masih memiliki harga yang standar dimana harganya berkisar dari 600 ribu hingga jutaan rupiah. Namun untuk Red Mix sendiri biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan spesies super red.

3. Iguana Biru

jenis iguana blue

Blue Iguana adalah iguana yang sudah di klaim sebagai hewan punah, hewan satu ini hanya bisa di jumpai di alam liar yang berkisar hanya tinggal 10-25 ekor saja. Hewan yang berasal dari karibia pulau grand cayman. Namun saat ini ia di hapus dari species kepunahan karena saat ini jumlahnya sudah sangat banyak sekitar 800 ekor, hal ini tidak di dapat dengan mudah karena ini berkat mengikuti program pemulihan. Dan saat ini syukurnya di indonesia sendiri sudah banyak yang menangkarkan jenis hewan ini

Iguana biru ini menurut penghobi adalah hewan yang cool tapi cantik, warna birunya yang cerah menambah cantik dirinya. Sangat cocok jika reptil biru kecil untuk display kamar.

Harga reptil biru ini termasuk menengah ke atas karena untuk anakannya sendiri dengan ukuran 30 cm, harganya mencapai Rp 3.500.00,00, fantastis kan, jadi siapkan tabungan dulu ya kalau mau pelihara si reptil ini.

Iguana Biru juga ada versi murahnya lho, yaitu jenis Blue Diamond. Iguana ini merupakan reptil yang memiliki warna campuran hijau dan biru, dengan dominasi warna dasar hijau, semakin memperjelas keindahan hewan ini. Di namakan diamon karena pada bagian kepalanya terdapat warna biru terang yang menutupi warna kehijauannya sehingga berwarna seperti diamond biru.

Untuk harga blue diamond anakannya sendiri dibandrol dengan harga 600 ribu dan ada juga yang 500 ribu, silahkan cari yang termurah dan pandai-pandai bernegosiasi.

4. Iguana Albino

Iguana Albino adalah iguana dengan harga yang fantastis, siapkah kamu untuk mengocek hartamu ?

Reptil yang satu ini memiliki ciri special yaitu warna kuning cerah yang menyala seperti warna stabilo, di tambah dengan warna mata yang merah menambah kesan cool nya.

Untuk perawatan albino iguana ini sama seperti dengan jenis lainnya, namun yang perlu diperhatikan adalah cahaya, karena spesies albino lebih sensitive terhadap cahaya. Jadi ketika menjemur sang jenis albino ini di butuhkan waktu sekitar 10-15 menit saja.

Harga Iguana albino adalah harga yang paling WAHHH. Untuk anakan usia enam bulan saja harga nya sudah 9 juta rupiah gan, dan untuk ukuran 1.5 meter harganya mencapai 45-50 juta, tepuk tangan.

Itu untuk harga pejantan dewasa nya, karena iguana betina harganya lebih mahal ya. Belum lagi kalau sudah menang lomba, bayangkan saja bisa sampai ratusan juta.

5. Iguana Laemanctus

jenis Iguana Laemanctus

Iguana Laemanctus merupakan salah satu spesies endemik di Amerika Tengah. Pada umumnya Iguana Laemanctus berwarna hijau dengan warna coklat di bagian atas kepalanya. Lemanctus biasa juga di panggil dengan kadal yang memakai helm, mengapa? Sebab hewan ini mempunyai benjolan di bagian kepala belakang yang mirip dengan helm.

6. Iguana Gurun

Jenis ini merupakan iguana endemik dari wilayah sonora serta pantai mojave di barat daya negara Amerika sampai barat laut Meksiko. Habitat iguana jenis ini ialah berada disemak-semak creosote, terutama pada gurun pasir kering pada ketinggian di bawah 1000mdpl. Namun anda juga bisa melihatnya di kawasan sub-tropis dan hutan gugur tropis.

7. Iguana Chalarodon

Iguana Chalarodon

Iguana Chalarodon atau yang biasa di panggil dengan kadal madagaskar merupakan hewan yang berasal dari daerah madagaskar, sehingga membuatnya di panggil sebagai kadal madagaskar. Corak warna yang berbeda dengan iguana lain, jenis ini memiliki warna merah, bintik putih dan garis hitam di punggungnya.

8. Iguana Badak

jenis Iguana rhino badak

Iguana badak adalah spesies kadal milik genus Cyclura. Nama spesifik badak reptil, cornuta, adalah bentuk feminin dari cornutus kata sifat Latin, yang berarti “bertanduk” dan mengacu pada proyeksi bertanduk pada moncong jantan spesies. Spesies ini pertama kali diidentifikasi oleh Pierre Joseph Bonnaterre pada 1789.

Selain ras yang dinominasikan (Cyclura cornuta cornuta) ditemukan di Hispaniola, ada dua subspesies lain dari Cyclura cornuta, si kadal besar tanah Mona (Cyclura cornuta stejnegeri) dan reptil dari Pulau Navassa (Cyclura cornuta onchiopsis), meskipun subspesies yang terakhir diyakini. untuk punah di alam liar.

kadal badak memiliki ukuran tubuh yang besar (jumbo) dan wajahnya juga terlihat sedikit menyeramkan atau ganas. Sekalipun wajah dari hewan ini tampak sangar, tetapi sebenarnya jenis Badak ini hanya memakan tumbuhan (herbivora) dan tidak memakan daging sama sekali.

9. Iguana Spiny Tailed

Yang menjadi ciri dari hewan satu ini adalah ekor berduri hitam memiliki sisik hitam yang tajam pada ekornya yang panjang, yang memberi mereka nama umum. Mereka, bersama dengan C. pectinata,

C.pectinata adalah anggota terbesar dari genus Ctenosaura. Jantan mampu tumbuh hingga 1,3 meter (4 kaki 3 in) panjangnya dan betina sedikit lebih pendek, pada 0,8-1 meter (2 kaki 7 in-3 kaki 3 in). Mereka memiliki lambang duri panjang yang memanjang di tengah-tengah punggung.

Meskipun warna sangat bervariasi di antara individu-individu dari populasi yang sama, orang dewasa biasanya memiliki warna abu-abu keputihan atau kecoklatan dengan serangkaian 4-12 pita punggung gelap yang terdefinisi dengan baik yang memanjang hampir ke skala ventral.

Kelamin jantan memiliki warna oranye di sekitar kepala dan tenggorokan selama musim kawin dengan highlight biru dan persik pada rahang mereka.

Jenis ekor berduri hitam adalah pendaki yang sangat baik, dan lebih suka habitat berbatu dengan banyak celah untuk bersembunyi, bebatuan untuk berjemur, dan pohon-pohon terdekat untuk dipanjat.

Mereka diurnal dan bergerak cepat, menggunakan kecepatan mereka untuk melarikan diri dari pemangsa tetapi akan menyerang dengan ekor mereka dan menggigit jika terpojok.

Guinness Book of World Records mencantumkan ini sebagai kadal tercepat di dunia, dengan kecepatan sprint maksimal 34,6 km / jam. Mereka hewan herbivora, memakan bunga, daun, batang, dan buah, tetapi mereka akan memakan hewan, telur, dan artropoda yang lebih kecil.

Ketika remaja cenderung menjadi insektivora, menjadi lebih herbivora seiring bertambahnya usia. Mereka diketahui memakan buah dan hidup di tungkai manchineel, pohon yang sangat beracun bagi sebagian besar hewan lainnya.

10. Cuban Iguana

Iguana batu Kuba (Cyclura nubila), juga dikenal sebagai iguana tanah Kuba atau iguana Kuba adalah spesies kadal dari keluarga reptil unik satu ini. Hal tersebut adalah yang terbesar dari reptil batu India Barat (genus Cyclura), salah satu kelompok kadal yang paling terancam punah.

Spesies herbivora dengan mata merah, ekor tebal, dan rahang berduri ini adalah salah satu kadal terbesar di Karibia. jenis Kuba didistribusikan ke seluruh wilayah pantai selatan berbatu di Kuba dan pulau-pulau sekitarnya dengan populasi liar yang berkembang di Isla Magueyes, Puerto Rico.

Subspesies ditemukan di Cayman Islands of Little Cayman dan Cayman Brac. Betina menjaga situs sarangnya dan seringkali bersarang di situs yang digali oleh buaya Kuba. Sebagai langkah pertahanan, iguana Kuba sering membuat rumahnya di dalam atau di dekat kaktus berduri.

Meskipun populasi liar menurun karena predasi oleh hewan-hewan liar dan hilangnya habitat yang disebabkan oleh pembangunan pertanian manusia, jumlah jenis telah didukung sebagai hasil dari penangkaran dan program konservasi lainnya.

Cyclura nubila telah digunakan untuk mempelajari evolusi dan komunikasi hewan, dan program penangkarannya telah menjadi model bagi kadal langka lainnya di Karibia.

11. Marine Iguana

jenis iguana marine

Cooming Soon