Jenis-Jenis Lovebird – Ternyata jenis dari burung lovebirds itu ada banyak sekali loh kicau mania, terangkum dari hasil riset dari tim kami menemukan bahwa setidanya ada sekitar 39 jenis lovebird yang mereka beda karena warna atau karena genetik.

Karena ada banyak sekali jenisnya dan mayoritas adalah perbedaan dari segi warna, ini sangat menarik bagi burung ini sendiri karena pastinya akan menjadi nilau jual tersendiri karena memiliki corak yang bervariasi. Warna juga sangat menentukan harga burung lovebird, dan dalam artikel ini kami akan membahas detail tentang harga burung lovebird hingga jenis-jenis burung lovebird dari yang langka hingga yang biasa saja.

Jenis-jenis Lovebird

1. Lovebird Pale Fallow / Bronze Fallow

Lovebird-Pale-Fallow
Lovebird-Pale-Fallow

Jenis yang pertama adalah jenis Lovebird pale falow, burung satu ini sebenarnya adalah jenis dari mutasi geneik dari beberapa jenis yang ada, jadi bisa dikatakan bahwa pale fallow bukanlah ras resmi dari burung mungil satu ini.

Pola fallow sendiri ditemukan pertama kali di california selatan pad atahun 1970, karena kecantikan warna dari burung satu ini akhirnya banyak warga setempat memberikan julukan mereka dengan nama Kay Parcell. Menurut peternaknya, untuk menciptakan pale fallow, ia membutuhkan jenis LB Split fallow untuk dijadikan induknya.

Walaupuns sang peternak sudah memberitahu bahwa untuk menciptakan pale fallow dan bronze fallow membutuhkan jenis LB Split fallow, namun buktinya hingga sekarang pola satu ini termasuk yang sangat jarang untuk bisa dibentuk dan jenis ini masuk dalam jajaran jenis yang cukup langka. Karena populasinya yang cukup sedikit jenis lovebird ini bisa dikatakan memiliki harga yang lumayan mahal dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Harga Lovebird Pale Fallow :
Beli Lovebird Pale Fallow :

2. Lovebird Olive

Lovebird Olive
Lovebird Olive

Jenis burung lovebird olive merupakan salah satu yang sangat populer di Indonesia, kicau dari jenis satu ini dikatakan cukup nyaring dan gacor selain itu warna yang dihasilkan juga cukup indah karena mengkombinasikan 3 warna sekaligus.

Beberapa ciri dari burung lovebird olive adalah dimana mereka biasanya memiliki warna paruh merah tua yang mana sangat lucu dan indah dilihat, kedua adalah dimana mereka memiliki gradasi warna yang sangat unik di pipi mereka, dan yang ketika adalah dimana jenis olive ini memiliki bulu berwarna putih sebagai tanda dan ciri pada bagian atas paruhnya.

Untuk populasi, jenis burung satu ini sangatlah banyak dan kamu bisa membelinya dimanapun bahkan secara online, hal tersebut karena olive merupakan ras murni yang mana tidak perlu banyak persilangan sehingga populasinya cukup banyak hingga sekarang.

Harga Lovebird Oline : Rp500.000 – Rp1.000.000
Beli Lovebird Olive :

3. Lovebirds Misty

Lovebird Misty
Lovebird Misty

Secara pribadi saya sangatlah menyukai jenis misty, alasannya adalah karena warna mereka yang sangat cantik. Mereka berbeda dengan jenis albino, karena lovebird albino berwarna putih sedangkan mereka berwarna misty atau sedikit mengarah ke cream.

Cirilain yang bisa kamu kethaui dan cirikan adalah dimana warna mereka hanyalah terdiri dari satu warna yang mana gradasi hanya bisa kamu temui di helai terakhir sayapnya saja. Populasi dari jenis burung lovebird misty di Indonesia sendiri bisa dikatakan cukup banyak.

Populasi misty di Indonesia bisa sangat banyak karena mereka pada umumnya selalu ada di setiap peternakan lovebird sehingga populasinya bisa sangat banyak hingga sekarang, so apa kamu termasuk yang jatuh cinta dengan misty?

Harga Lovebird Misty : Rp700.000 – Rp2.000.000
Beli Lovebird Misty :

4. Lovebird Merah

Lovebird Merah
Lovebird Merah

Berikutnya adalah jenis lovebird merah, dinamakan merah dikalangan kicau mania di Indonesia karena warna mereka memang di dominasi dengan warna merah yang cenderung menyentuh warna orange.

Lovebird merah sendiri sebenarnya adalah hasil mutasi genetik yang hadir tidak sengaja hasil dari persilangan Olive yang mana gen yang terbawa adalah bagian merahnya saja sehingga memberikan warna yang cukup unik dan mencolok.

Untuk Populasi jenis satu ini bisa dikatakan mereka cukup jarang karena mereka bukanlah ras asli yang mana membawa genetik dominan. Karena genetik dari jenis satu dominan, kamu harus melakukan perkawikanna hingga beberapa kali untuk mendapatkan jenis serupa.

Harga Lovebirds Merah :
Beli Lovebirds Merah :

5. Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider

Yang satu ini juga merupakan hasil mutasi genetik, diketahui bahwa mereka membawa genetik dari jenis paruh putih dan paruh hitam, hingga saat ini belum ada hasil penelitian secara rinci yang dapat menjelaskan kenapa warna dari jenis burung lovebird halfsider bisa berbeda warna satu sama lainnya.

Warna dari burung halfsider atau kombinasi yang paling sering lahir adalah warna pastel kuning, biru, hijau, dan pastel biru. Walaupun corak dari halfsider memiliki populasinya sendiri, namun populasi dari jenis satu ini nyatanya sangatlah sedikit dan bisa dikatakan sebagai yang langka..

Sama seperti jenis lainnya yang mana harga sangat berbanding lurus dengan jumlah populasi yang berarti harga dari jenis satu ini sangatlah mahal. Kenapa halfsider bisa langka? hal tersebut karena lahirnya jenis ini hanya terjadi dari sepersekian peluang perkawinan, karena peluang yang sangat sedikit pula para peternak menjadi enggan untuk mengembangkan jenis ras ini.

Harga Burung Lovebirds Halfsider :
Beli Burung Lovebirds Halfsider :

6. Lovebird Euwing

Lovebird Euwing
Lovebird Euwing

Kalau dilihat-lihat dari warnanya pasti kamu menyangka bahwa lovebird euwing adalah ras resmi, hal tersebut dikarekakan jenis satu ini memiliki 3 warna yang sangat khas, warna mereka terdiri dari orange, kuning dan hijau, seperti yang kita ketahui, pola 3 warna adalah pola ras resmi, tapi apakah euwing ras resmi?

Euwing bukanlah ras resmi dari burung cinta, ras satu ini ternyata adalah hasil persilangan dari Lovebird Lutino dengan Lovebird Hjau, dari perpaduan lutino yang juga memiliki 3 warna dengan lovebird hijau jadilah ras euwing yang ketika diperhatikan memang benar mereka didominasi oleh warna hujau.

Persilangan yang menghasilkan lovebird euwing ini dilakukan oleh seseorang yang bernama Piet Verhijde, ia adalah seseorang yang berasal dari belanda, dan ternyata euwing bukanlah hasil percobaan pertamanya, karena sebelum menghasilkan jenis euwing, bapak satu ini ternyata sering sekali menyilang nyilangkan jenis burung lovebirds.

Harga Lovebird Euwing :
Beli Lovebird Euwing :

7. Lovebird Dakori

Lovebird Dakori

Jenis dakori merupakan salah satu jenis yang paling saya suka, jenis satu ini jika diperhatikan secara sekilas sangatlah mirip dengan jenis dakocan dan juga hijau standart, cara membedakan ketiga jenis tersebut adalah dengan memperhatikan bagian lehernya dimana dakori memiliki leher berwarna hitam pekat.

Jika kamu memutuskan akan memelihara jenis ini, kami menyarankan kamu untuk tau resikonya, walaupun jenis dakori sangat terkenal gacor dan bahkan bisa ngerol, namun ternyata mereka memiliki kelemahan dimana tubuhnya sangat ringkih sehingga kamu harus merawatnya secara ekstra agar mereka bisa jauh dari penyakit.

Harga Burung Lovebird Dakori :
Beli Burung Lovebird Dakori :

8. Burung Lovebird Biru Mangsi

Lovebird Biru Mangsi
Lovebird Biru Mangsi

Lovebird Biru mangsi memang sangat mirip dengan lovebird biru cobalt dan lovebird violet, cara membedakannya adalah dengan melihat warna pada leher burung, jenis utama dari jenis mangsi adalah terdapat pola hitam besar yang mengelilingi tanpa intercept dari warna lainnya.

Warna cantik dari biru mangsi memberikan pesona yang sangat indah dan tidak akan mudah bosan untuk dipandang, bahkan ketika ia dirawat dengan benar dan mencapai grade ring, warna birunya bisa sangat menjadi vokal dan itu sangatlah indah.

Populasi dari burung satu ini cukup banyak di Indonesia, harganya pun relatif murah yang mana untuk kelas champion biasanya di banderol 2jt dan untuk lolohan surabaya hanya 500rb.

Harga Burung Lovebird Biru Maksi : Rp 500.000 – Rp 2.000.000
Beli Burung Lovebird Biru Maksi :

9. Lovebird Biru Cobalt

Lovebird Biru Cobalt
Lovebird Biru Cobalt

Burung Lovebird biru cobalt sebenanrya sama persis dengan halnya jenis burung nomor 8, yang menjadi pembeda diantara keduanya hanyalah pada bagian lehernya saja, dimana leher Mangsi berwarna hitam dan mengelilingi lehernya, sedangkan cobalt terdapat aksen putih di antara lehernya.

10. Australian Cinnamon

Lovebird Australian Cinnamon
Lovebird Australian Cinnamon

Seperti namanya Australian Cinnamon, burung satu ini memang berasal dari australia dan di habitat aselinya kerap memakan kayu manis sebagai sumber nutrisinya.

Warna dari Australian Cinnamon sangatlah cantik dengan dominasi warna kuning di seluruh tubuhnya, paruh dari burung satu ini juga sangat khas denga warna peach, kelebihan dari jenis australian cinnamon adalah mereka tidak sensitif dan relatif kuat dibandingkan dengan jenis lainnya.

Untuk masalah suara dan roll, jika memang kamu pada dasarnya ingin mencari lovebird yang gacor sepertinya Australian Cinnamon bukanlah pilihan yang tepat, karena intensitas suara dari jenis ini biasa saja, namun jika kamu membeli karena estetika dan keindahan, jenis satu ini merupakan pilihan yang sangat baik karena seperti yang terlihat pada gambar, warna dari Australian Cinnamon memang benar benar cantik.

11. Lovebirds Albino

Lovebird Albino
Lovebird Albino

Lovebird Albino merupakan salah satu jenis lovebird yang lahir dengan ketidak sengajaan, genetik yang gagal memproduksi warna dalam tubuhnya membuat semua yang ada pada burung ini berwarna putih.

Burung Lovebird albino bisa dikatakan hampir sama dengan jeis Australian Cinnamon dimana mereka tidak begitu gacor dari masalah suara namun memiliki tampilan yang sangat cantik dan juga mempesona.

Populasi dari jenis albino ini cukup jarang karena banyak peternak menganggap bahwa jenis satu ini cacat genetik dan tidak begitu gacor sehingga sepi peminat.

11. Lovebirds Batman

Lovebird batman

Untuk yang satu ini memiliki nama yang sangat unik yaitu batman, penamaan ini diambil karena bentuk fisik dari yang satu ini didominasi oleh warna hitam dengan aksen abu-abu pada bagian lehernya. Ciri utama dari jenis ini adalah pada bagian bulunya (dark factor) dan harganya akan dinilai dari seberapa gelap warna bulu dari burung ini.

Populasi dari jenis batman ini dikatakan tidaklah banyak karena, karena langka tersebut harganya pun kian selangit, banyak orang memelihara jenis satu ini seringnya untuk sebagai burung hias dirumah, hal tersebut karena paruhnya yang putih dan bulunya yang hitam sangat unik dan sedap untuk dipandang.

12. Lovebird Parblue

Lovebird parblue
Lovebird parblue

Lovebird dengan jenis parblue sebenarnya adalah singkatan dari Partial blue. warnanya sangat khas karena didominasi oleh warna biru namun tidak full pada bagian tubuhnya dan hanya pada sayapnya saja, hal tersebut juga merupakan alasan kenapa ia diberikan nama parblue (partial blue).

Wajah yang diberikan oleh burung parblue ini tidak selalu berwarna kuning atau biru, karena seringkali juga ditampilkan dengan warna hitam, warna wajah didorong dari jenis apa induk burungnya sehingga genetik yang dikeluarkan bisa berbeda beda.

Jenis satu ini sangatlah populer di Amerika serikat dan masih sangatlah langka di Indonesia, jikalaupun ada yang menjualnya di Indonesia, bisa dipastikan bahwa harganya bisa selangit.

13. Lovebird Dakocan

Lovebird dakocan
Lovebird dakocan

Jika beberapa burung lovebird menyukai rutinitasnya hanya berdua dengan pasangan, hal tersebut tidak berlaku oleh jenis Lovebird dakocan karena jenis satu ini dihabitat aselinya sangat menyukai aktifitas berkelompok dengan kawananannya, mereka suka berkelompok di isinyalir guna menghindari predator.

Lovebird dakocan mirip dengan lovebird dakori dan ciri utama dari jenis dakocan adalah dimana mereka memiliki warna yang sangat kental dengan warna hijau, semakin ke atas semakin terlihat gradasi orange, untuk warna kepala ada beberapa keturunan berwarna kuning, biru atau hijau.

Yang menjadi unik dari jenis satu ini adalah dimana mereka memiliki paruh berwarna merah khas dan juga cakar yang berwarna hitam, kebanyakan lovebird biasanya memiliki paruh berwarna putih.

14. Lovebirds Violet

Lovebird violet
Lovebird violet

Pasti kamu menyangka bahwa jenis Lovebird violet sama saja dengan jenis cobalt dan mangsi, namun ternyata hal tersebut salah guys, karena mereka bertiga merupakan ras yang berbeda dengan tingkat perbedaan yang sebenarnya sangat jelas jika diperhatikan.

Dibandingkan dengan saudara miripnya yaitu cobalt dan juga mangsi, jenis satu ini dikatakan lebih mahal dibandingkan kedua jenis tersebut, kenapa? karena warna yang dihasilkan oleh jenis violet ini lebih nyata dan lebih terang sehingga dari sisi estetika lebih menawan.

Untuk urusan harga, burung lovebird violet biasanya dijual dengan harga kisaran 600rb hingga 1.5jt rupiah dan warna yang menjadi indikator utama penentuan harga bagi burung satu ini.

15. Lovebird Biola

Lovebird Biola
Lovebird Biola

Nama Biola dari jenis lovebird ini bukan berarti mereka memliki bentuk seperti biola atau warnanya seperti biola ya guys, nama biola sendiri diambil karena mereka ternyata adalah keturunan dari jenis fischeri dan juga ras sable yang terkenal sering hinggap di kayu bahan pembuatan biola pada habitat aselinya.

Jika diperhatikan dengan sebentar memang rupa dari jenis satu ini hampir mirip ya dengan jenis hijau standart, namun jika kamu perhatikan secara detail pada bagian sayapnya ternyata terdapat motif gradasi yang sangat cantik dari perpaduan warna hitam dan putih.

warna kepala dan warna punggung jenis ini tidak selalu berwarna hijau dan orange ya guys, karena banyak pula ditemukan ras biola namun memiliki kepala berwarna biru dan juga kuning. Untuk harga burung lovebird biola sebenarnya tidak begitu mahal dibandingkan jenis seperti albino, harga lovebird biola sendiir ada pada kisaran harga Rp500.000 – Rp 1.000.000 dengan tingkat gacor sebagai indikator utama penentuan harga.

16. Lovebirds Blorok

Lovebird blorok

Jenis burung blorok bisa dikatakan adalah haisl rekayasa genetika yang mana memang sengaja dicari komposisi warnanya agar terdapat ras baru yang unik dan dominant, jenis blorok sendiri diambil dari warna bulunya yang terdiri dari hijau dan kuning namun tidak rata atau percampuran warnanya tidak rapih.

Komposisi warna dari lovebird blorok tidak selalu dari perpaduan kuning dan hijau karena banyak pula yang lahir dengan perpaduan warna biru dan kuning atau perpaduan warna lainnya.

Harga lovebird blorok bisa dikatakan cukup mahal dibandingkan dengan jenis lainnya, hal tersebut karena meskipun mereka unik dan berbeda, nyatanya masih sangat sedikit peternak yang mengembang biakan jenis ini, harga mereka ada pada kisaran Rp750.000 Hingga Rp1.500.000.

17. Lovebird Lutino

Lovebird lutino
Lovebird lutino

Lovebird Lutino merupakan burung lovebird dengan harga yang cukup mahal dan bahkan bisa dikatakan paling mahal dibandingkan dengan ras lainnya, harga dari burung lovebird lutino ini bisa mencapai Rp.2.000.000 per ekornya dan bisa lebih mahal lagi jika warna yang dihasilkan oleh jenis ini semakin kerang.

Burung yang merupakan hasil mutasi genetik dari jenis ras muka salam ini didominasi oleh warna kuning dengan kepala yang berwarna orange namun tidak terdapat gradasi halus yang menyebabkan warna mereka yang patah dan sangat menarik.

Burung satu ini juga dikenal sangatlah aktif dan bisa menjadi gacor hingga ngerol jika kamu memperhatikan nutrisi makanannya dan juga merawatnya dengan benar.

18. Lovebird Muka Merah

Lovebird muka merah ( Agapornis pullarius )

Lovebird muka merah merupakan jenis lovebird yang berasal dari afrika, mereka sangatlah senang untuk hidup berkelompok karena bisa dikatakan ukuran mereka sangatlah kecil yang hanya mencapai 15cm saja, selain itu warna mereka juga sangatlah mencolok untuk para predator sehingga dalam habitat aslinya mereka sangatlah suka berkelompok.

Untuk masalah warna, jenis muka merah didominasi oleh hijau polos yang sangat terang, dikatakan bahwa semakin banyak dan bersih pola hijau sebagai mahal pula.

Yang menjadi unik dari jenis satu ini adalah pada bagian mukanya yang berwarna merah diantara dominasi hijau yang sangat pekat, populasi jenis satu ini cukup jarang sehingga harganya cukup tinggi, kenapa populasinya cukup jarang? hal tersebut karena jenis muka merah masih kurang peminat di Indonesia.

19. Lovebird berkerah hitam ( Agapornis swindernianus )

Lovebird berkerah hitam ( Agapornis swindernianus )

Kalau burung muka merah memiliki ukuran kecil yang hanya 15cm, yang satu ini atau jenis berkerah hitam ukurannya lebih kecil loh karena hanya sekitaran 13,5cm saja, burung lovebird berkerah hitam juga seringkali dikenal sebagai ras swindern yang mana tubuh mereka didominasi oleh warna hijau dengan leher yang berwarna coklat.

Mata dari jenis satu ini berwarna kuning dengan tingkat kebesaran yang biasa saja, sangat berbeda dengan jenis lovebird kebanyakan, untuk perihal paruh, mereka memiliki paruh berawarna hitam kelam sehingga sangat kontras dengan bagian tubuh lainnya dari burung satu ini.

20. Lovebird madagaskar ( Agapornis canus )

Lovebird madagaskar ( Agapornis canus )

Jika berbicara masalah ukuran dari jenis burung lovebird, bisa dibilang bahwa lovebird madagaskar adalah yang paling terkecil dibandingkan jenis lainnya karena maksimal dari berat tubuhnya hanyalah 36gram saja dengan panjang yang hanya mencapai 13cm.

Kombinasi warna dari burung sangat ini sangatlah cantik dimana tubuhnya didominasi oleh warna hijau pucat dan di penuhi oleh warna putih pada bagian leher hingga kepalanya, ketika dewasa warna putihnya akan berubah menjadi abu-abu pucat.

Ketika merka sudah memasuki usia yang cukup dewasa, warna pada bagian punggungnya akan kerap berubah menjadi hijau gelap serta pada bagian kepala dan juga dada burungnya yang akan berubah menjadi pucat pada setiap bagiannya.

21. Lovebird abisinia ( Agapornis taranta )

Lovebird abisinia ( Agapornis taranta )

Burung Lovebird abisinia merupakan burung yang berasal dari negara Etiophia dan juga Eritrea, ciri utama dari jenis satu ini adalah pada bagian paruhnya yang berawrna merah pekat dengan mata yang berwarna hitam pekat, yang unik pada burung satu ini adalah pada bagian kepalanya yang berawarna merah satu warna dengan warna paruhnya.

Ukuran dari burung satu ini juga dikatakan cukup besar dimana bisa mencapai hingga 16cm, di Indonesia sendiri burung ini cukup terkenal karena pada burung jantan, mereka memiliki dahi dan juga cincin pada bagian kelopak matanya.

Habitat aseli dari burung satu ini berada pada pegunungan dan juga daratan tinggi sehingga mereka tidak cocok untuk dipelihata di cuaca yang panas seperti Indonesia.

22. Lovebird Pipi Hitam ( Agapornis nigrigenis )

Lovebird pipi hitam ( Agapornis nigrigenis )

Jenis Lovebird pipi hitam adalah lovebird yang berasal dari negara zambia barat, mereka memiliki ciri utama pada warna kepalanya yang penuh dengan warna hitam, hal tersebut pula yang membuat jenis satu ini dikatakan sebagai burung pipi hitam.

Mata dari jenis satu ini berwarna hitam dengan cicin besar bewarna putih disekelilingnya, leher mereka berwarna orange dengan gradasi kuning menjadi hijau sangatlah indah karena ketika dilihat gradasinya sangat halus.

23. Lovebird nyasa ( Agapornis lilianae )

Lovebird nyasa ( Agapornis lilianae )

Seperti kebanyakan burung lovebird berparuh merah lainnya, jenis satu ini juga berasal dari benua afrika atau lebih tepatnya negara zambia, malawi dan juga zimbabwe, ukuran mereka juga dikatakan sangatlah kecil karena hanya 13cm saja.

Burung yang juga disebut sebagai ras fischer ini memiliki ciri utama pada lehernya yang berwarna orange dan juga sayapnya yang berwarna hijau kelam dengan badan yang berwarna hijau muda, mata dari jenis burung ini juga berwarna hitam dengan cicin putih besar yang hadir diantaranya.

24. Lovebird muka salem ( Agapornis roseicollis )

Lovebird muka salem ( Agapornis roseicollis )

Ras burung lovebird muka salem merupakan ras lovebird yang sangatlah banyak di Indonesia, mereka juga dikatakan merupakan ras asli yang hadir tanpa persilangan genetik oleh manusia, ukuran dari burung satu ini juga cukup besar karena bisa mencapai panjang hingga 18cm.

Jenis muka salem memiliki bulu yang didominasi oleh warna hijau dengan bagian belakang yang berwarna biru, muka mereka diwarnai dengan warna salem yang sangat menawan.

25. Lovebird fisher ( Agapornis fischeri )

Lovebird fisher ( Agapornis fischeri )

Jenis burung lovebird fischer adalah jenis burung yang pertama kali diemukan pada abad ke 19, namanya juga berasal dari penemunya pada saat itu yaitu Gustav Fishcher, mereka adalah ras asli yang sangat banyak di Indonesia.

Fakta Burung Lovebird

Nah kawan, gimana? bagus bagus banget kan jenis-jenis lovebirdnya, setelah mengetahui perbedaan burung ini dari segi warna dan genetik, dibawah ini adalah fakta-fakta menarik tentang lovebirds yang harus kamu ketahui, berikut adalah kumpulan fakta-faktanya :

1. Memiliki satu pasangan untuk seumur Hidup

Burung satu ini merupakan tipe hewan monogami yang mana akan mencapai tingkat kematangan dari seksualnya ketika sudah berusia sekitar 10 bulan, nah dari waktu 10 bulan ini, burung cinta akan mencari pasangannya dan akan terus berlangsung hingga mereka berdua mati, dalam banyak kasus, ketika pasangannya mati, yang tersisa akan menyusul tidak lama kemudian, wah setia banget ya guys, pantas dinamakan lovebirds.

2. Pinus satu sama lain

Ini yang sempat disebut dalam point ke1 dimana ketika pasangannya mati, burung cinta ini akan menjadi depresi, sulit untuk makan yang pada akhirnya akan berdampak kepada kesehatan yang kian memburuh hingga pada akhirnya ikut untuk mati.

3. Mereka romantis

Semua jenis lovebird biasanya akan melakukan ini dimana mereka akan memberikan makanan kepada pasangannya sebagai tanda kasih sayang, waduh ternyata burung satu ini ga cuma setia ya, tapi juga romantis, ga kayak kelinci yang playboy hehe.

4. Ada banyak jenis Lovebird

Nah ini pastinya kalian sudah sangat tau ya, jenis mereka sangatlah banyak dimana mayoritas datag dari hutan dan sabana yang ada di afrika dan juga madagaskar.

5. Coklat adalah racun

Coklat memiliki banyak zat yang mana zat tersebut bisa menjadi racun bagi burung satu ini, ketika kamu memaksanya memakan coklat, pada awalnya reaksi yang akan terlihat adalah burung ini akan menjadi lemas lalu kehilangan kesadaran, reaksinya sangat cepat, berbeda dengan kucing yang juga tidak bisa memakan coklat namun hanya berdampak pada pencernaan saja.

6. Lovebird dapat membawa zoonosis

Ini yang harus kamu perhatikan, burung lovebird adalah burung yang bisa membawa penyakit zoonosis yang bisa menyerang manusia, mereka biasanya membawa bakteri ragi atau yang dalam bahasa latin adalah Cryptococcus neoformans yang dapat menginfeksi manusia.

7. Beberapa jenis lovebird terancam punah

Ini merupakan berita yang cukup menyedihkan karena ternyata beberapa jenis burung lovebird dikatakan sedang mengalami krisis populasi di habitatnya dan juga di penangkaran seperti jenis Agapornis Nigrigenis.