Jenis Burung Hantu – Burung Hantu merupakan hewan dari kingdom Animalia, Phylym Chordata, kelas Aves dan Clade Afroaves, kombinasi tersebut membuat burung satu ini menjadi memiliki banyak sekali spesies dan tersebesar dihampir seluruh negara.

Dari banyaknya Jenis burung Hantu, informasi yang kami dapatkan setidaknya ada sekitar 200 lebih spesies yang hingga saat ini berada dalam populasi yang cukup banyak, namun dalam artikel ini kami tidak akan membahas semuanya karena yang akan dibahas adalah hanya jenis burung hantu yang populer dan memiliki wajah sangat mengesankan sehingga bisa jadi acuan kalian ketika ingin memelihara jenis burung satu ini.

1. Long Eared Owl (Burung Hantu Kuping Panjang)

Jenis yang pertama dibahas adalah Long Eared Owl yang memiliki ciri khas utama pada telinganya, jenis satu ini memiliki ukuran tubuh yang sedang dan memiliki habitat asli pada kawasan Amerika Utara, Banyak sumber mengatakan walaupun jenis satu ini sangatlah terkenal namun ternyata si kuping panjang ini memiliki populasi yang tidaklah banyak.

Jenis kuping panjang sangat senang bertengger di pohon seperti pohon willow dan pohon mesquiters pada musm dingin, mereka juga termasuk hewan yang hidup berkelompok dan jumlah kelompoknya ada pada kisaran lusinan sehingga ketika musim dingin datang, satu pohon saja bisa dihinggapi hingga lusinan burung yang bertengger diantara bebatangan.

Habitat :

  • Kebun Kopi
  • Pohon lebat untuk bertengger
  • Hutan dengan padang rumput yang luas
  • Perkebunan di tepi sungat
  • Sangat menghindari hutan yang sangat luas tanpa rerumputan

Seperti yang habitatnya yang dicantumkan diatas, burung satu ini memanglah sangat langka di Indonesia karena suhu yang ia perlukan tidak cocok dengan negara tropis seperti Indonesia, namun di negaranya, ini adalah peta penyebaran dari si burung hantu kuping panjang :

Selain memiliki penampilan yang menarik, spesies satu ini ternyata juga memiliki suara yang cukup menawan, suaranya juga seringkali dinilai mampu mengusir hama dan beberapa serangga sehingga bisa kamu setel guna mengusir hewan lain yang tidak di inginkan untuk datang kerumah, dan berikut adalah suara jenis burung hantu Long Eared Owl :

DOWNLOAD SUARA LONG EARED OWL
(Download suara burung hantu kuping panjang)

2. Barn Owl (Serak Jawa)

Barn Owl terkenal dengan nama Serak Jawa di Indonesia, Barn Owl sendiri memiliki nama lain disetiap negara, hal tersebut karena burung hantu berwajah hati ini memang sangatlah populer dan penyebarannya merupakan yang paling luas dibandingkan dengan jenis lainnya.

Dibeberapa negara burung satu ini dikenal sebagai burung yang menakutkan dan karenanya banyak juga yang menyebut serak jawa ini sebagai burung kematian, di amerika sendiri banyak sekali mitos yang tersambung dengan serak jawa dimana banyak diantaranya yang rumahnya disinggahi oleh orang ini akan mendapatkan kesialan atau akan ditinggal oleh orang yang disayangi.

Wajah dari barn owl yang sangat menarik bagi sebagian masyarakat indonesia ini merupakan peluang bagi beberapa produsen film di negri paman sam, salah satu yang sangat mengikuti peluang adalah film harry potter dimana pada film ini banya sekali barn owl berkeliaran.

Habitat :

  • Hutan
  • Perkebunan
  • Kota Tebing
  • Negara Daratan rendah
  • Tanah pertanian
  • Rawa
  • Padang rumput
  • Gurun

DOWNLOAD SUARA SERAK JAWA (BARN OWL)

3. Spectacled Owl

Jenis yang satu ini sangatlah menyukai daratan tinggi yang mempunyai intensitas hujan lebat serta sangat menyukai habitat yang dipenuhi oleh hutan hutan tua. Seperti layaknya hewan nocturnall lainnya burung hantu satu ini akan mencari makan dan aktif dimalam hari, yang hebatnya adalah walaupun mereka berukuran kecil, namun nyatanya mereka bisa memangsa hewan yang ukurannya lebih besar darinya, termasuk sloth berujung tiga.

Kingdom:Animalia
Phylum:Chordata
Class:Aves
Order:Strigiformes
Family:Strigidae
Genus:Pulsatrix
Species:P. perspicillata

Source Frowm Wikipedia

Burung yang satu ini jika dilihat memiliki wajah yang sangat sangat, merupakan salah satu jenis yang sangat menarik jika dipelihara karena bisa membuat seseorang takut dan akan terasa unik.

4. Oriental Bay Owl

Jenis burung hantu yang ke-empat Oriental Bay owl memiliki nama lain yaitu Phodilus Badius adalah salah satu spesies dari owl yang masuk dalam klasifikasi sama seperti barn owl, sama seperti semua burung hantu, untuk jenis oriental bay owl juga merupakan hewan nokturnal sesungguhnya dan tersebar diseluruh kawasan asia tenggara.

Jenis burung hantu Oriental Bay Owl memanglah sangat mesankan dengan wajah berbentuk hatinya, namun yang patut sangat disayangkan adalah spesies ini sudah punah selama abad ke-20.

5. Eastern screech owl

Eastern screech owl Bisa banyak ditemukan pada bagian wilayah timur negara amerika, jenis satu ini di negara asalnya seringkali muncul ditengah kota yang teduh dimana banyak manusia lalu lalang namun tidak menyadari bahwa ternyata disekitarnya terdapat sarang burung hati yang berada pada lubang-lubang yang tersedia pada pohon kota atau lubang perkotaan.

Suara dari jenis ini dikenal sangat soft dan juga yang merupakan salah satu ciri dari Eastern screech owl adalah dimana mereka sangat menonjolkan unsur whinnies, untuk masa berburu jenis satu ini cukup berbeda dengan yang lain karena mereka sudah mulai aktif ketika senja datang.

Habitat :

  1. Hutan
  2. Kawasan pertanian
  3. Pohon rindang
  4. Pinggiran kota
  5. Tempat yang sunyi
  6. Kawasan hutan tropis asia

Download Suara Jenis burung hantu Eastern Screech Owl

6. Snowy Owl

Snowy Owl merupakan jenis yang paling saya suka karena mempunyai pola warna yang sangat menarik serta postur tubuh yang sangatlah tegak, jika dilihat dengan seksama dari jarak yang sedang, burung satu ini bahkan bisa dikatakan sebagai burung hias karena tampilannya yang memang paling menonjol dibandingkan dengan jenis burung pada umumnya.

Jenis burung hantu snowy ini bisa ditemukan pada kutub utara, beberapa negara eropa dan juga asia, mereka dinamakan sebagai snowy karena pola warnanya memang menyerupai salju yang terlihat seperti bintik bintik, yang menarik lainnya adalah jenis ini merupakan jenis paling besar serta terberat.

Ketika musim dingin tiba spesies satu ini akan melakukan kamuflase, ketika berada pada musim panas mereka akan nomaden dan akan menetap pada tempat yang daerahnya terdapat banyak tikus kecil.

Habitat :

  1. Pantai
  2. Rawa-rawa
  3. Negara dengan musim dingin
  4. Dimusim panas berkembang biak di tundra
  5. Bukit pasir

7. Eurasian eagle owl

Jika jenis snowy merupakan yang terberat di Dunia, Eurasian eagle merupakan yang paling terbesar di Dunia, mereka juga memiliki nama lain Burung hantu kelabu besar atau strix nebulosa yang diberikan karena tubuhnya yang sangatlah panjang.

Sebagai predator paling atas dari rantai makanan, jenis ini sebenarya tidak memiliki predator yang mau memangsanya, bahkan elang pun enggan melakukan konflik langsung kepada jenis burung ini, di alam liar dan habitatnya mereka bisa hidup dengan kurun waktu hingga 20 tahun sedangkan ketika dalam penangkaran masa hidupnya bisa mencapai hingga 60 tahun.

Burung yang berada pada kawasan amerika dan asia ini sangat senang untuk memakan mamalia kecil, tikus, kelinci hingga landak, bahkan ketika didalam krisis mereka juga memakan rubah dewasa.

8. Tawny Owl Atau Brown Owl

Tawny Owl Merupakan jenis burung hantu yang memiliki postur tubuh kekar, mereka banyak ditemui dikawasan hutan pada daerah Eurasia. Ciri yang paling nampak dari jenis burung ini adalah dimana pada bagia bawahnya terdapat beberapa warna pucat yang dikombinasikan dengan warna garis yang gelap.

Mereka tinggal dengan membuat sarang, sarang mereka biasanya terdapat dilubang pohon karena ditempat tersebut mereka bisa melindungi telur dan anak-anaknya dari pemangsa atau predator. Spesies ini tidak bermigrasi seperti kebanyakan jenis lainnya, mereka sangatlah teritorial dan hal tersebut yang membuat beberapa burung muda menjadi kelaparan karena mereka tidak mendapatkan tempat untuk tinggal.

Jenis satu ini juga termasuk dalam jenis nokturnal yang akan merenggut mangsanya dari atas pohon dan langsung memangsa dalam keadaan utuh. Mereka biasanya memangsa makanannya ketika saat malam karena mereka memiliki retina yang cukup sensitif.

Kingdom:Animalia
Phylum:Chordata
Class:Aves
Order:Strigiformes
Family:Strigidae
Genus:Strix
Species:S. aluco

Source : Wikipedia

9. Great gray owl

Great grey owl juga termasuk dalam burung hantu yang memiliki ukuran besar, mereka banyak berada pada penggununan tinggi eropa. Tubuhnya jika dilihat secara sekilas akan menampilkan ukuran yang sangatlah besar, namun siapa sangka bahwa hal tersebut adalah ilusi belaka, Mereka terlihat besar karena ternyata yang membuatnya besar adalah bulunya yang sangat tebal sedangkan tubuh aslinya tidak begitu besar, sama seperti kucing ragdoll dan kucing persia.

Spesies ini bisa melakukan pemburuan pada siang dan juga malam hari, ketika musim panas datang mereka menggeser waktu makan siangnya menjadi pada waktu fajar atau ketika senja datang, spesies ini juga biasanya melakukan pemburuan dengan cara diam, mendengarkan pergerakan calon makanan dan langsung menukin dari atas ketinggian ketika melihat lawannya ada pada posisi yang lemah.

Makanan Jenis Burung hantu Great Gray Owl :

  1. Mamalia Kecil
  2. Katak
  3. Musang
  4. Burung kecik
  5. Tikus
  6. Tupai

Di Indonesia sendiri jenis ini sepertinya tidak bisa ditemukan, alasan utamanya adalah karena iklim hidupnya tidak cocok yang mana mereka membutuhkan cuaca yang dingin sedangkan di Indonesia cuaca cenderun panas khas tropis.

Download Suara Burung Hantu Great Gray Owl :

10. Great horned owl

Great Horned owl merupakan jenis burung hantu yang mudah untuk ditemukan di hampir seluruh kawasan amerika utara dan juga di beberapa kawasan Amerika selatan, mereka adalah jenis burung yang cukup besar jika di bandingkan dengan jenis lainnya.

Spesies ini memiliki keunikan dimana mereka hanya akan memakan makanan yang bervariasi pada sepanjang hidupnya, dan berikut adalah makanan dari hewan jenis satu ini :

  1. Elang
  2. Ular
  3. Sigung
  4. Kelinci
  5. Kadal
  6. Katak
  7. Serangga
  8. Tikus
  9. Tupai

Mereka mencari makan pada malam hari dan ketika cuaca sedang tidak baik mereka makan pada saat senja, cara mereka makan adalah dengan cara mengawasi mangsanya dari ketinggian dan langsung menerkam mangsanya ketika mereka melihat bahwa keadaan mangsanya sedang dalam kondisi lemah dan tanpa perlindungan.

Download Suara Burung Hantu Great horned owl

11. Northern pygmy-owl

Burung Hantu dengan nama Northern Pygmy owl ini memiliki ukuran yang sangatlah kecil, mereka sangat aktif di siang hari, mereka juga termasuk burung dengan kemampuan terbang rendah yang sangat cepat dan biasanya mereka terbang tidak untuk tempat yang jauh melainkan hanya dari satu pohon ke pohon lainnya saja.

Walaupun seperti yang kita lihat dalam gambar spesies ini memiliki ukuran yang sangat kecil, namun ternyata mereka merupakan pemburu yang sangat agresif dan bisa memangsa musuhnya dengan sangat cepat dengan cara menirukan suara dari calon mangsaannya.

Si burung kecil ini memiliki waktu berburu paling aktif pada saat fajar dan juga senja, mereka mengawasi mangsanya dengan bertengger lalu langsung menukik dengan kecepatan tinggi ketika melihat mangsanya sedang lewat.

Makanan Northern pygmy-owl :

  1. Tupai Kecil
  2. Tikus
  3. Jangkrik
  4. Belalang
  5. Kumbang

Walaupun ukurannya kecil, ternyata predator bukanlah ancaman terbesar mereka, melainkan 3 faktor tersebut yaitu Cuaca yang panas dan juga ubanisasi.

Download suara Northern pygmy-owl Song

12. Burrowing owls (Burung Hantu Burrow)

Dinegara asalnya burung satu ini juga dikenal sebagai burung pelolong, alasan utamanya adalah karena spesies satu ini sangatlah ramah dan akan mengangguk ketika ada seseorang yang lewat dihadapannya, sehingga banyak juga orang diameria memelihara jenis ini, alasannya tidak lain dan tidak bukan karena keramahan yang dimiliki oleh Burrowing owl.

Spesies satu ini melakukan pemburuan paling sering pada sore hingga malam hari, namun ketika musim kawin datang, mereka juga seringkali melakukan pemburuan pada waktu siang hari, mereka melakukan pemburuan biasanya dengan mencengkram mangsa dengan cakar dan menyergapnya ketika sedang terbang.

Makanan Burrowing Owl :

  1. Ulat
  2. Kalajengking
  3. Kumbang
  4. Kodok
  5. Kadal
  6. Ular
  7. Burung Kecil

Download Suara Burrowing Owl :

13. Northern saw-whet owl

Pada awalnya jantan yang sudah memasuki umur dewasa akan membawakan makanan kesarang untuk anak anak jenis burung ini, lalu betinanya lah yang akan memberikan makan sehingga bisa dikatakan bahwa kehidupan dari jenis satu ini adalah gotong royong untuk anaknya, setidaknya hingga anaknya berusia hingga 4 minggu.

Mereka melakukan perburuan pada malam hari dengan cara melakukan tenggeran pada tempat yang rendah dan lalu memangsa ketika mereka melihatnya.

Download suara Northern saw-whet owl

14. Striped owl

Jenis burung hantu ini memiliki ciri utama pada corak warnanya yang memperlihatkan pola garis-garis disepanjang tubuhnya, mereka juga memiliki ciri khas dengan telinga penuh humbah yang panjang, untuk ukuran sayap, mereka memiliki ukuran sayap yang sangat pendek dan berbentuk bulat.

Warna mereka pada bagian atasnya dipenuhi dengan warna kayu manis denan garis yang cukup tebal, pada bagian bawahya terdapat pola kuning pucat dengan garis yang sedikit kehitaman, mereka adalah hewan asli negara amerika selatan dan juga amerika bagian tengah.

15. Tawny fish owl

Jenis burung hantu tawny fish ini adalah spesies yang dikenal sebagai jenis khas strigidae yang berasal dari negara nepal, juga bangladesh, vietnam dan juga china jenis satu ini juga memiliki jalur penyebaran yang cukup luas bahkan hingga ke indonesia dan oleh karena hal tersebut ia masuk dalam daftar merah IUCN.

16. Western screech owl

Burung satu ini memiliki tampilan yang tidak begitu mencolok ketika berada ditempat umum karena tampilannya selayaknya burung burung lain pada umumnya, mereka sangat senang untuk tinggal dikawasan pantai tenggara alaska hingga beberapa tempat yang dipenuhi oleh gurun.

Pemburuan dari jenis ini hampir sama dengan jenis lainnya yang mana dilakukan dengan cara mengintai dari ketinggian dan akan langsung menyergap ketika ada mangsa yang lewat, waktu bermangsa dari jenis ini ada pada waktu senja hingga malam hari yang berarti bahwa spesies ini tidak sepenuhnya nocturnal.

Diatas adalah peta penyebaran dari jenis burung satu ini.

Download Suara Western screech owl

17. Spotted wood owl

Burung ini membutuhkan hutan tua untuk dijadikan tempat tinggalnya, mereka menjadi pusat kontroversi karena hal tersebut. Mereka memiliki bulu yang lembut dengan motif yang menyamar dengan motif pohon tua, mereka termasuk burung hantu yang sangatlah berisik.