Ikan air tawar merupakan salah satu sumber protein bagi manusia. meskipun sebenarnya ikan laut lebih terkenal dengan kekayaan gizinya, bukan berarti ikan air tawar ini kalah populer dari ikan laut, Harga yang jauh lebih ekonomis serta gizi yang tak kalah unggul dari ikan laut membuat ikan air tawar ini selalu digemari oleh banyak orang.

Nah, ikan air tawar ini ada banyak jenisnya lho yang umum dikonsumsi oleh orang indonesia, sehingga kamu bisa memiliki banyak pilihan ikan untuk di olah dan disajikan untuk keluarga dirumah. Yuukks.. kita simak, infobianatang.com akan memberi tahu ikan apa saja sih yang umum dan menjadi konsumsi favorit bagi masyarakat indonesia?

Jenis Ikan Air Tawar di Indonesia

1. Ikan Mujair

jenis ikan air tawar mujair

Ikan Mujair merupakan ikan yang biasa di konsumsi, penyebaran alami ikan ini ialah di perairan Afrika dan Indonesia. Ikan ini pertama kali ditemukan oleh seseorang yang bernama Pak Mujair di muara sungai serang pantai selatan Blitar Jawa Timur pada tahun 1939. Meski cerita ini masih menjadi misteri, bagaimana ikan itu bisa sampai ke muara terpencil di selatan Blitar, penamaan mujair disematkan untuk mengenang sang penemu ikan ini.

Ciri fisik ikan ini bisa dilihat dari bentuk badannya yang pipih dengan warna hitam, warna keabu-abuan atau warna kuning. Untuk ukuran panjang maksimum ikan ini bisa mencapai sekitar 40 cm.

Ikan Mujair ini terkenal dengan gizinya yang kaya akan fosfor. Cara mengolah ikan mujair ini cukup mudah lho, biasanya di pesmol bumbu kuning atau bahkan hanya di goreng kering yang dimakan dengan sambal terasi.

2. Ikan Lele

jenis ikan air tawar lele

Ikan lele ini termasuk ke dalam marga Clarias, yang dimana marga ini dikenali dengan ciri fisik tubuh yang licin memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung serta sirip anus yang juga memanjang yang terkadang menyatu dengan sirip ekor, bisa di bilang ikan ini mirip dengan sidat namun pendek.

Ikan lele ini selain memiliki tubuh panjang nan licin, namun untuk tulang kepalanya ternyata cukup keras dengan bola mata yang kecil serta mulut yang lebar terletak di ujung moncong. Ada 4 pasang sungut peraba yang sangat berguna bagi lele ketika bergerak di perairan yang gelap.

Nah, ternyata sangat banyak lho masyarakat Indonesia yang sering mengkonsumsi lele untuk hidangan makannya. Umumnya ikan lele ini di hidangkan dengan di goreng kering dengan sambel, namun terkadang ada juga yang memasaknya dengan cara di pepes atau bahkan dibakar dengan bumbu kecap.

3. Ikan Gurame

Ikan Gurame merupakan salah satu ikan populer untuk dikonsumsi di Indonesia. Harga dari ikan ini cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar konsumsi lainnya. Di restoran biasanya harga dari ikan ini di patok dari ukurannya, untuk ukuran yang besar dapat dinikmati beramai-ramai hingga 4-6 orang.

jenisikan air tawar gurame

Gurame ini memiliki ciri fisik pada bentuk tubuhnya yang pipih melebar, sisik yang lebar dan rapat. Ikan gurame ini memiliki daging yang padat dan tebal. Duri yang berukuran besar hanya terdapat pada tengah badannya saja, sehingga memudahkan untuk memilahnya.

Salah satu resep yang cukup populer untuk mengolah ikan ini ialah gurame asam manis, di lengkapi dengan potongan nanas dan saus tomatnya yang banyak. Sungguh nikmat yang luar biasa, apalagi jika bisa dinikmati bersama keluarga di rumah atau sama kerabat.

4. Ikan Mas

jenis ikan hias air tawar mas

Ikan yang satu ini sebenarnya ada juga yang di kategorikan sebagai ikan hias, namun ada juga yang untuk di konsumsi. Bentuk tubuh yang tegak pipih dengan sisik yang normal serta sirip memanjang menjadi ciri khas dari ikan mas. Tekstur ikan mas ini lembut yang membuatnya sangat cocok jika di olah menjadi pepes ikan mas atau bahkan gulai kepala ikan mas.

Namun, Anda perlu hati-hati ketika mengkonsumsi ikan mas ini, meskipun rasanya gurih dan lezat, Kamu harus teliti dalam memisahkan duri-duri yang halus serta banyak pada lapisan dagingnya.

5. Ikan Patin

jenis ikan air tawar patin

Ikan patin merupakan salah satu ikan air tawar yang masih satu keluarga dengan ikan lele. Tekstur badannya yang hampir mirip dengan ikan lele membuat daging dari ikan ini juga terasa lembut.

Ikan patin memiliki lemak tak jenuh mencapai 50% dari total seluruh nilai gizi yang terkandung di dalam ikan ini. Selain itu, ikan ini juga mengandung DHA serta Omega 3 yang tinggi menjadikannya sangat cocok jika di konsumsi oleh anak-anak, ibu hamil dan orang tua.

Olahan ikan patin biasanya di jadikan sebagai sup ikan yang lezat yang tentunya bermanfaat bagi anak balita. Atau jika anda ingin mendapatkan sensasi rasa yang lebih, anda bisa mengolahnya menjadi gulai ikan patin.

6. Ikan Bawal

jenis ikan air tawar bawal

Ikan Bawal memiliki warna campuran antara hitam dan oranye, yang membuat ikan berbentuk pipih dan lebar ini nampak berbeda dari ikan lainnya. Harganya juga cukup terjangkau.

Ikan yang memiliki bentuk tubuh seperti ikan piranha ternyata menjadi salah satu favorit hidangan untuk di konsumsi. Ikan Bawal memiliki warna campura antara warna hitam dan oranye, bentuk tubuh yang pipih dan lebar ini nampak berbeda dari ikan konsumsi yang lainnya.

Ikan ini di banderol dengan harga yang cukup terjangkau juga. dimana kamu bisa menemukan ikan ini di pasar ikan atau bahkan penjual di sekitaran rumah kamu.

Ikan bawal ini memiliki daging yang cukup tebal dengan duri halus yang terletak pada dagingnya. Jadi seperti halnya ikan mas, kamu harus hati-hati ketika mengkonsumsi ikan ini . Kamu bisa menikmati ikan bawal ini dengan di masak tumis bumbu tauco dengan irisan cabai yang cukup banyak atau di bakar dengan bumbu kecap.

7. Ikan Nila

Ikan nila merupakan ikan yang mirip dengan ikan mujair, ukuran tubuh yang di miliki ikan ini masuk ke kategori sedang yang mencapai panjang maksimal 30 cm serta memiliki warna hitam keabuan.

jenis ikan air tawar nila

Ikan nila ini mempunyai fakta unik setalah kawin yang dimana induk betina memiliki kebiasaan mengulum telur-telur yang telah dibuahi di dalam rongga mulutnya, perilaku ini disebut dengan mouth breeder.

8. Ikan Belut

jenis ikan air tawar belut

Belut sawah atau lindung adalah sejenis ikan dari suku synbranchidae dan ordo Synbranchiiformes yang mempunyai nilai ekonomi serta ekologi. Ikan ini biasa di konsumsi dengan dimasak dengan saus pedas asam atau hanya di goreng renyah sebagai makana ringan.

Secara ekologi, belut dapat dijadikan indikator pencemaran lingkungan karena hewan ini mudah untuk beradaptasi. Lenyapnya belut di satu lingkungan bisa berarti adanya kerusakan lingkungan yang parah telah terjadi.

Belut merupakan salah satu predator ganas di lingkungan sawah dan rawa, Makanannya ialah ikan kecil, cacing dan krustasea. Ikan ini merupakan hewan nokturnal atau biasa aktif di malam hari. belut dapat mengambil oksigen secara langsung ke permukaan air dan mampu hidup lama tanpa air, dengan catatan lingkungannya tetap basah.

Fakta menariknya ialah belut ini merupakan jenis ikan yang bisa berubah kelamin atau hermaprodit yaitu dimasa muda belut berjenis kelamin betina, namun ketika menginjak masa berikutnya yaitu masa tua maka belut ini akan berubah menjadi berjenis kelamin jantan.

9. Ikan Gabus

jenis ikan air tawar toman

Habitat dari ikan gabus ialah di sungai, rawa dan danau, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang cukup besar dimana panjangnya saja bisa mencapai 1 meter. Ikan ini memiliki kepala yang mirip dengan ular yang dimana di daerah barat menyebut ikan ini dengan nama snakehead.

berbeda dengan ikan jenis lainnya, ikan gabus mampu bernafas langsung di udara, yang membuatnya bisa bertahan cukup lama jika di daratan. Ikan gabus biasanya di awetkan dengan cara diasinkan dan dikeringkan. Harga dari ikan ini ternyata cukup mahal lho, yaaa itu sebanding dengan rasa yang nikmat serta berdaging tebal.

10. Ikan Sidat

jenis ikan air tawar sidat

Jika dilihat dari bentuknya, sepintas ikan ini hampir mirip dengan belut. Namus ternyata mereka berdua memiliki perbedaan, bentuk ekor dan kepala sidat cenderung lebih pipih dan melebar dan untuk belut memiliki bentuk ekor serta kepala yang meruncing.

Ikan sidat ini menjadi komoditi ekspor dengan nilai jual yang tinggi dikarenakan kebutuhan pasar yang semakin meningkat. Salah satunya ialah negara Jepang.

Salah satu olahan ikan sidat di Jepang ialah unagi nigir, dimana ikan ini dipanggang dan dihidangkan dengan nasi yang dibungkus nori atau bisa dibilang rumput laut. Jangan lupa dengan saus kabayaki serta taburan wijennya, ya!

Nah, itulah beberapa jenis ikan air tawar yang umum di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ayooo ikan yang mana yang belum kamu coba ? comment di bawah yaa …