Jenis Hamster – Hamster merupakan jenis hewan pengerat yang termasuk kedalam subfamili Cricetinae yang terbagi ke dalam 18 spesies yang diklarifikasikan kedalam 7 genus diseluhur dunia. Fostur badan yang mungil membuat hewan ini mudah dibawa untuk kemana-mana serta tidak membutuhkan kandang yang terlalu besar untuk merawatnya.

Habitat hamster di utara terletak mulai dari Eropa tengah, Siberia, Mongolia, Tiongkok utara hingga ke Korea. Serta di bagian selatan membentang mulai dari Suriah sampai pakistan.

Dari habitat negara-negara yang disebutkan diatas, hamster ini hidup di tempat seperti pebatasan padang pasir, bukit pasir yang divegetasi, bukit-bukit di kaki gunung, semak-semak di dataran rendah dan berbatu serta padang rumput yang luas.

Sebaran geografi menggambarkan kelompok dari hewan ini, misalnya untuk hamster eropa yang ditemukan di Eropa tengah, siberia dan tiongkok barat laut. Sedangkan hamster Syria yang dikenal dengan hamster emas hanya ditemukan di kota kecil Suriah barat laut.

7 Jenis Hamster yang ada di dunia

Nah, setelah kita bahas asal usulnya di atas, mari kita simak jenis-jenis hamster dibawah ini untuk mengetahui karakteristik serta ciri-cirinya.

1. Hamster Roborovski White Face

Hamster jenis ini merupakan jenis yang paling kecil serta memiliki karakter yang cukup lincah jika dibandingkan dengan jenis hamster yang lainnya, serta memiliki corak tubuh yang tidak begitu banyak.

jenis hamster roborovski white face

selain itu jenis ini juga memiliki karakter yang cenderung penakut jika didekati, kemapuan berlarinya yang cukup cepat membuatnya sulit untuk di ajak berteman. Ketika kamu memegang hamster jenis ini, dia akan sering meloncat serta akan kabur menjauh dan mencari tempat persembunyian.

2. Hamster Syirian Long Hair

jenis hamster syrian long hair

Hamster Syrian merupakan jenis hamster terbesar dari jenis-jenis yang lainnya. Jenis ini memiliki corak warna yang lebih banyak jika kamu bandingkan dengan jenis roborovski.

Meskipun merupakan jenis yang paling besar, namun dia memiliki karakter yang lebih kalem, jinak serta bersahabat dikarenakan dia tidak bisa berlari secepat roborovski.

Untuk pemula yang ingin memelihara hamster, jenis ini akan lebih baik kamu pilih dikarenakan karakternya yang jinak, mudah dipegang serta jarang mengigit. Namun dikarenakan tubuhnya yang lebih besar, maka kotorannya pun akan lebih banyak dan bau dari jenis yang lainnya.

3. Hamster Winter White

jenis hamster winter white

Hamster Winter White ialah jenis lainnya yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan campbell. Jenis ini memiliki perbedaan pada bentuk kepala yang lebih bulat dibandingkan hamster campbell namun memiliki bulu yang tidak terlalu wool seperti hamster campbell.

Jenis ini memiliki keunikan pada bulunya, yakni bisa berubah warna di setiap musim. Perubahan warna ini dipengaruhi oleh adanya perubahan pigmen rambut serta hormon prolaktin dan genetik. Misalnya pada musim panas, bulu hamster winter white akan mengalami perubahan dari warna abu-abu ke cokelat tua atau mungkin ke warna coklat yang pucat.

4. Hamster Campbell

Jenis hamster campbell

Campbell merupakan jenis hamster yang paling banyak dikembang biakan serta di jual dipasaran. Jenis hamster ini sangat beragam yang memiliki warna-warna yang cerah seperti jenis campbell panda, satin, dove argente dan jenis campbell lainnya.

Jenis ini memiliki karakteristik yang paling agresif jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Jika dia merasa terancam maka dia akan berontak, menggigit serta berlari untuk mencari perlindungan.

5. Hamster Hybrid

jenis hamster hybrid

Jenis Hybrid bukanlah jenis hamster yang murni, jenis ini merupakan anakan dari hasil persilangan antara hamster campbell dengan hamster winter white. Sebenarnya, hasil persilangan kedua jenis ini sangatlah ditentang terutama di daerah barat dikarenakan akan menghilangkan keaslian dari sub spesies hamster campbell dan winter white.

6. Hamster Cina

jenis hamster cina

Hamster Cina merupaka jenis hamster yang cukup sulit di temui di Indonesia. Hamster jenis ini malah lebih banyak di miliki oleh negara-negara di bagian barat seperti Amerika dan Inggris.

Hamster ini merupakan hamster yang berasal dari daratan Cina utara serta mongolia. Menurut beberapa sumber hamster ini termasuk ke dalam golongan yang mini yang sangat mudah untuk dijinakan, ramah serta bersahabat.

7. Hamster Eropa

Jenis hamster eropa

Jenis yang memiliki nama latin Ciritetus Critetus ialah jenis yang sangat umum di kenal sebagai European Hamster atau Hamster Eropa. Jenis yang memiliki bulut perut yang hitam adalah satu-satunya spesies dari genus Cricetus.

Di wilayah Eropa yang membentang dari Belgia ke pegunungan Altai dan Sungai Yenisey di Rusia. Mereka menganggap hewan ini sebagai hama tanah untuk pertanian, banyak orang-orang disana yang memasang perangkap untuk hamster ini dan bahkan sekarang statusnya sudah terancam punah.

5 Tips merawat Hamster

Nah, jika kamu ingin memelihara atau bahkan sedang memelihara hamster, Infobinatang.com akan memberikan 5 tips merawat hamster agar tetap sehat, kandang yang bersih dan nyaman.

1. Rutin mengganti serbuk kayu

Serbuk kayu memilki khasiat yang baik untuk disimpan didalam kandang hamster kamu. Selain berperan sebagai alas tidur dan penghangat, serbuk kayu juga bisa sebagai penyerap urin hamster. Maka serbuk kayu ini setidaknya harus diganti 3 hari sekali dan tidak boleh dibiarkan basah yang nantinya bisa menjadi sumber penyakit bagi hewan ini.

Namun sebelum mengganti serbuk kayu, kamu harus mencuci kandang serta semua benda yang ada didalam kandang terlebih dahulu. Setelah itu, keringkan kandang dan barulah diisi dengan serbuk kayu kembali.

2. Rutin mengganti air minum

Selain serbuk kayu, air minum untuk hewan ini juga harus sering diganti agar tetap bersih dan juga segar. Ketersediaan air minum yang cukup bisa membuat hamster lebih hydrated serta nyaman.

Selain mengganti air minum, pastikan juga tempat minumnya dicuci juga ya serta pastikan untuk menyimpan tempat minumnya ini pada tempat yang mudah di jangkau hamster dan pastikan juga bebas dari bocor.

3. Berilah makanan yang baik

makanan hamster

Kamu bisa membeli makanan untuk hamster di petshop yang sekantongnya terdiri dari biji-bijian yang sangat disukai hewan ini. Selain itu, kamu juga dapat memberikan makanan berupa snack yang mengandung sedikit kacang-kacangan, wortel, almond atau bahkan roti gandum.

Ingat, ada beberapa makanan yang sama sekali tidak boleh diberikan kepada hamster seperti makanan manis, asin, jeruk, almond serta kentang mentah.

4. Jangan memandikan dengan air

Hamster merupakan hewan yang sangat rentan terhadap kelembabab, maka memandikan hamster dengan air sangatlah tidak disarankan. Namun, hamster juga peliharaan yang harus dimandikan.

Pasir mandi untuk hamster menjadi solusi kamu jika kamu ingin memandikan hewan ini. Pasir mandi memiliki butiran yang halus dan lembut serta beraroma yang segar.

Kalian dapat memandikannya dengan cara menuangkan pasir mandi pada sebuah wadah dan membiarkan hewan menggemaskan ini bermain di atas pasir selama beberapa menit. 

5. Jangan menjemur di bawah sinar matahari

Pada dasarnya, hamster adalah hewan nokturnal atau hewan yang aktif di malam hari. Pada siang hari mereka lebih banyak meluangkan waktu untuk tidur, maka sebaiknya hewan ini tidak di jemur atau terkena paparan matahan serta sangat disarankan jika menempatkannya pada tempat yang teduh.