Aplikasi Penunjang peliharaan

Persiapan Sebelum mengadopsi

Pada saat ini kamu bisa menemukan Kucing dimana-mana, di tempat tinggal, lingkungan perkantoran dan bahkan objek visual seperti Televisi. Mempunyai predikat sebagai binatang yang paling populer di dunia, hewan ini ternyata memiliki sejarah yang panjang hingga bisa seperti saat ini, dan berikut adalah Sejarah Kucing :

Sejarah Kucing

  • Permulaan, Bermula dari Afrika

Banyak para pakar peneliti mengungkapkan hasil penelitiannya dan mengungkapkan bahwa spesies pertama kali berasal dari Afrika, pada saat itu warga setempat menggunakannya sebagai alat untuk menangkap kutu,

Sejarah Kucing dimulai sekitar 4000 tahun yang lalu, Hewan menggemaskan ini selain di pakai untuk mencari kutu, juga di pakai untuk mengurangi penyakit dari hama tikus yang beredar, serta di gunakan untuk melindungi tanaman dari hama yang ada.

  • Hewan ini mulai banyak berkeliaran

Spesies ini pada saat sangat populer di Mesir, bahkan di anggap sebagai hewan yang sangat suci disana, di buktikan dengan salah satu tokok dari mesir yang memilih Spesies ini sebagai teman hidup dan pelindungnya.

Namun, Setelah dinasti Mesir runtuh, hewan satu ini menjadi lebih populer di banyak tempat, yang awalnya hanya di miliki oleh orang kaya, setelah dinasti mesir runtuh, hewan satu ini juga mulai masuk ke negara-negara Asia seperti India dan jepang, dan fase ini pula yang menandakan fase breed sudah dimulai dimana lahir beberapa ras Siam dan juga Burma.

  • Perjalanan menuju Eropa

Eropa mulai mengenal hewan satu ini ketika para pedagang dari mesir mulai memperkenalkan hewan satu ini dengan julukan pembasmi hama hidup yang sangat bisa di andalkan dan menggemaskan. Selama bertahun tahun sejak pertama kali binatang ini di kenalkan di Eropa, popularitasnya kian tumbuh setiap waktu.

Sejarah Binatang ini kemudian dimulai mengenal sisi gelap ketika Tragedi Black Death muncul pada tahun 1348, dimana banyak orang disana sakit terkena hama dan menuduh spesies bulu ini adalah dalang di baliknya, dengan landasan takhayul tersebut Hewan satu ini di musnahkan dari Eropa pada saat itu, walau tanpa mereka sadari, Hama yang datang adalah karena populasi tikus meningkat drastis dan populasi Binatang sebagai pembasmi hama tidak bisa menyainginya. Selama Black Death hewan satu ini tidak bisa berbuat banyak, popularitasnya kembali pulih ketika pengetahuan semakin maju, dan pada tahun 1600-an binatang satu ini kembali menjadi favorit bagi para pecinta binatang.

  • Kini ia juga terkenal di Amerika

Pada abad ke 15 dan 16, hewan satu ini sangat di sambut baik untuk membasmi hama yang ada serta penyakit yang di bawa oleh para hama tersebut, dan ada sejarah menyebutkan bahwa Christopher Columbus juga membawa hewan satu ini ke dalam kapalnya ketika hendak menemukan Amerika.

  • Kucing Hari Ini

Bagi masyarakat Modern, hewan satu ini merupakan bagian yang sangat penting, badan statistika menyebutkan bahwa ada setengah miliar hewan ini dari berbagai macam ras yang ada di dunia, jadi ketika kamu melihat bagaimana orang mesir menghormati Binatang ini, sebenarnya paradigma itu tidak berubah hingga saat ini, walau Black Death sempat menghancurkan popularitas hewan satu ini, buktinya hewan ini tetap menjadi bagian penting bagi umat manusia.


Organisasi di Indonesia & Dunia

Banyak sekali organisasi pedigreed untuk hewan satu ini, di indonesia sendiri ada ICA, CFA dan FiFe, masing masing dari organisasi ini mengeluarkan sertifikat Pedigreed sebagai tanda bahwa jenis ras yang di pelihara adalah ras murni. Bukti mengatakan bahwa pada saat ini 99% ras yang ada bukanlah ras resmi.

CFA dengan ideologinya mungkin percaya bahwa setiap hewan harus mendapatkan kesetaraan, namun organisasi lainnya seringkali berpendapat bahwa kemurnian ras harus di lestarikan, dan ini adalah alasan mengapa hewan ini mempunyai sertifikat silsilah yang cukup rumit di bandingkan dengan hewan lainnya.

Saya disini akan mengambil acuan dari sudut pandang CFA, karena CFA merupakan organisasi resmi internasional yang juga mempunyai lisensi terhadap 42 ras yang ada saat ini.


Jenis-Jenis Ras Kucing Klasifikasi CFA

  1. Abyssinian
  2. American Bobtail
  3. American Curl
  4. American Shorthair
  5. American Wirehair
  6. Balinese / Javanese
  7. Bengal
  8. Birman
  9. Bombay
  10. British Shorthair
  11. Burmese
  12. Burmilla
  13. Chartreux
  14. Colorpoint Shorthair
  15. Cornish Rex
  16. Devon Rex
  17. Egyptian Mau
  18. European Burmese
  19. Exotic
  20. Havana Brown
  21. Japanese Bobtail
  22. Korat
  23. LaPerm
  24. Maine Coon
  25. Manx
  26. Persian
  27. Ragamuffin
  28. Ragdoll
  29. Russian Blue
  30. Scottissh Fold
  31. Selkirk Rex
  32. Siamese
  33. Siberian
  34. Singapura
  35. Somali
  36. Sphynx
  37. Toninese
  38. Turkish Van

Bonus :

  1. Angora
  2. Indonesian Domestic Cat

Cara Merawat Yang baik

Ini adalah bagian yang paling di cari oleh banyak pecinta hewan, bagaimana merawatnya dan bagaimana memulainya. Ketakutan akan komitmen memelihara binatang seringkali membuat para cat lovers mengurungkan niat untuk mengadopsi hewan satu ini. Menurut kami kamu tidak perlu takut karena akan sangat menyenangkan dan tidak merepotkan sama sekali.

Untuk mempermudah kalian mempelajari segala sesuatunya ketika hendak ingin melihara hewan satu ini, kami sudah merangkumnya untuk kamu disini :

10 Tips dan Cara merawat Kucing

  1. Hewan satu ini terlahir sebagai hewan yang mandiri, namun mereka tidak bisa menjaga dan mengurus hidupnya sendiri, jadi kalian harus pastikan sebelum mengadopsi hewan satu ini kalian mempunyai ruang dan waktu yang cukup untuk hewan lucu ini.
  2. Pastikan bahwa kamu tidak mengurungnya, hal ini merupakan kesalahan yang sering terjadi, mengurung hewan satu ini hanya membuat potensinya membuat mood kita naik menjadi tertutup.
  3. Periksa diri kamu, apakah kamu memiliki Alergi terhadap bulu binatang atau tidak, banyak dari cat lovers menelantarkan hewan peliharaannya karena ia tidak tau bahwa memiliki alergi, maka pastikan dulu bahwa diri kamu siap agar tidak ada binatang yang terterlantarkan.
  4. Sebelum kamu membawa binatang ini kerumah, periksa jadwal imunisasi, imunisasi sangat penting bagi dirinya karena bisa mencegah penyakit yang datang di kemudian hari.
  5. Belanja perlengkapan tempat makan dan Kotak kotoran (Litterbox), kamu harus menyiapkan kedua hal ini, jangan di anggap remeh, tempat makan bisa menentukan tingkat keborosan kamu dalam memberi pakan, dan litterbox guna mengajarkan hewan satu ini untuk buang air pada tempatnya.
  6. Beli Mainan untuknya adalah tips yang ke6, sejatinya kitten sangat suka bermain, dan bermain akan membuatnya tumbuh sebagai binatang yang baik dan penurut.
  7. Jika kamu tidak menginginkan sofa kesayangan kamu rusak, atau kamu tidak ingin tas mahal kamu rusak, lakukan pemotongan kuku secara rutin dan teratur.
  8. Jika yang kamu adopsi adalah kitten, kamu harus memiliki Catnip, alat ini sangat berguna untuk menyuap makanan ketika sang binatang kehilangan nafsu makan.
  9. Siapkan Pakan kering, pakan basah, vitamin dan alat mandi adalah pilihan yang sangat tepat karena ini akan membuatnya menjadi keluarga yang sangat kamu perhatikan.
  10. Jangan kasar atau memukul. Sejatinya hewan satu ini termasuk hewan yang suka mengambek, jadi jangan ajarkan kekerasan atau nantinya ia akan menjauh dari kamu.

Kriteria Makanan yang baik

Makanan Hewan ini harus di perhatikan guna pertumbuhan yang terus maju dan mencegah penyakit. Berikut kami sudah rangkum, kriteria makanan yang baik :

  1. Mengandung banyak komposisi protein dari bahan daging, ikan atau unggas
  2. Terdapat Taurine dan essential amino acid
  3. Terdapat Vitamins, Minerals, Enzymes dan Fatty Acids
  4. Tidak mengantung banyak karbonhidat

Sebenarnya komposisi di atas sudah banyak ada di premium cat food pasaran, jadi kamu tidak perlu memilih pusing makanan terbaik. 


Permasalahan di Indonesia

Di Indonesia banyak sekali kucing domestik yang tidak terurus dan harus berakhir hidup dijalan dengan mengeok tempat sampah, ini sangat kami sayangkan karena menurut kamu semua binatang sudah seharusnya mendapatan perhatian yang sama tanpa melihat ras, bulu dan apapun itu, karena seharusnya setiap binatang harus dirawat dan dijaga karena mereka juga termasuk ciptaan seperti kita.

Besarnya ras domestik di Indonesia terjadi karena minimnya kesadaran masyarakat untuk membawa hewan ini me dinas hewan untuk dilakukan sterilisasi sehingga populasinya kian meningkat seakan datangnya waktu. Kami melihat sebenarnya pihak pihak dari pemerintah sebenarnya sudah mencoba menanggulanginya dengan seringkali menggandeng para organisasi guna menjalankan program bagi siapapun yang membawa ras domestik luar ke dinas akan diberikan imbalan atau konspensasi.

Besarnya populasi yang sangat tidak bisa dibendung ini membuat banyaknya putaran ekosistem rantai makanan sedikit terganggu, yang parahnya adalah banyak sekali jenis binatang ini justru malah tidak meninggalkan sisi karnivoranya dan malah menjadi hewan yang mengais tempat sampah, ini yang sangat disayangkan karena seperti yang kita ketahui makanan yang buruk bisa membawa pencemaran lingkungan yang lebih massive.

Kami cukup bersyukur sekarang ini banyak sekali masyarakat indonesia mulai sadar akan berbagi terhadap binatang peliharaan, contohnya dikawasan tanjung barat jakarta selatan, disana dipagi hari dan siang hari, beberapa masyarakat yang hendak berangkat dan pulang kerja seringkali meninggalkan dry food dijalan guna memberi makan hewan liar, namun apakah itu sebuah solusi? nyatanya 

Kami cukup bersyukur sekarang ini banyak sekali masyarakat indonesia mulai sadar akan berbagi terhadap binatang peliharaan, contohnya dikawasan tanjung barat jakarta selatan, disana dipagi hari dan siang hari, beberapa masyarakat yang hendak berangkat dan pulang kerja seringkali meninggalkan dry food dijalan guna memberi makan hewan liar, namun apakah itu sebuah solusi? nyatanya itu hanyalah solusi jangka pendek guna mengurangi binatang kelaparan yang berada dijalanan.

Kami disini bukan tidak setuju kucing berada banyak dijalanan dan hidup tanpa pemilik, namun yang kami tidak setuju adalah jika ada banyak hewan yang mengalami kelaparan dijalan, oleh karena itu kami sangat mendukung adanya program sterilisasi hewan gratis dari pemerintah.

Apakah kamu tahu populasi ras resmi hanya 1% dari total kucing didunia?

Jika kamu mengumpulkan seluruh kucing yang ada didunia dan kamu membaginya menjadi dua kategori yaitu pedigree (yang memiliki silsilah dan darah ras keturunan resmi) dan non-pedigreee (yang tidak memiliki sertifikat dan bukti serta genetiknya yang sudah tercampur) rasionya adalah 1%:99%, jadi bisa dibilang bahwa ada banyak sekali binatang yang melakukan kawin siang atau ditinggal oleh pemiliknya sehingga melakukan perkawinan sembarangan ras. Sungguh angka yang sangat mengejutkan .

Semua ras memiliki kodratnya yang sama dan harus dipelihara dengan baik, namun yang menyedihkan adalah bahwa kucing non pedigree yang dibiarkan dijalan juga cukup besar karena ada banyak sekali seseorang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu ini adalah tugas bersama kita untuk berbagi kehidupan bersama binatang.

Beberapa organisasi sudah memasukan kelas domestik kedalam beberapa perlombaan, ini sangatlah penting dan bagus karena dengan adanya kegiatan ini, seluurh binatang jenis ini bisa mendapatkan kesempatan yang sama dalam hal hitung