Karakteristik utama dari burung adalah bulu dan sayap, tidak ada binatang lain di dunia yang memiliki bulu seperti burung, yang terpenting lainnya adalah tulang yang berlubang. Binatang ini sama seperti halnya reptil, mereka bertelur, yang membedakannya adalah mereka berdarah panas, sama persis seperti Mamalia.

Apa itu Bulu?

Bulu merupakan gabungan dari banyak keratin, keratin sendiri adalah bahan dimana kuku kita berasal, di tengah yang namanya rachis, terdapat rongga polos yang memiliki banyak cabang dimana landasan bulu itu menancap, dan para cabang inilah yang menyebabkan burung bisa terbang karena memiliki struktur yang sangat ringan.

Bagaimana Hewan ini Terbang?

Burung bisa terbang dengan cara mengepekan sayap yang ia miliki dan memanipulasi tekanan udara yang mereka miliki untuk menciptakan daya angkat yang terletak di bawah dari sayapnya. Konsep ini sama seperti halnya pesawat terbang, oleh karna itu Elang Peregrine bisa terbang dengan sangat cepat hingga 100 mil perjam.

Organ terpenting bagi hewan ini adalah sayap, karna ini merupakan organ utama yang bisa memberikan kehangatan dan juga bisa membuatnya terbang.

Tidak Semua Burung bisa terbang

Meskipun yang utama dari hewan ini adalah agar bisa terbang dan menjadikannya unik dibandingkan binatang lain, namun faktanya tidak semua jenis dari binatang ini bisa terbang, beberapa jenis dari hewan ini tidak bisa untuk terbang seperti Kiwi dan burung unta serta Penguin.

Jenis-Jenis :