Harga Vaksin Kucing (Infobinatang.com) – Dengan memiliki sifat yang lucu, serta jinak dan juga sifatnya yang menggemaskan, kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorite bagi Anda pecinta hewan ataupun binatang untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Kucing juga terkenal dengan memiliki daya intelegensi atau daya pintar yang tinggi sehingga dapat diberikan pelatihan yang baik sesuai juga dengan keinginan pemiliknya.

Seperti halnya Anda, seekor kucing juga bisa sakit, dengan penularan virus ataupun bakteri yang ada disekitar kucing tersebut. Agar terhindar dari segala macam jenis penyakit dan juga virus hal itu bisa dicegah dengan pemberian vaksin terhadap kucing tersebut. Setiap kucing tentu memiliki jenis dan membutuhkan vaksin yang berbeda pula, hal itu juga dapat mempengaruhi harga vaksin kucing tersebut.

Proses pemberian vaksin kepada kucing sama halnya seperti proses pemberian vaksin kepada manusia ataupun balita. Tujuan dengan pemberian vaksin kucing tersebut adalah untuk memberikan peningkatan kekebalan pada tubuh yang dialami terhadap kucing tersebut. Pemberian vaksin kepada kucing juga harus selalu memperhatikan jenis dan juga usia kucing tersebut, beberapa ini contoh yang tepat dalam proses pemberian vaksin kepada kucing menurut usia kucing:

Macam-Macam Vaksin Pada Kucing

  • Untuk usia kucing 8 sampai 10 minggu, dapat diberikan vaksin kucing dengan vaksin tricat atau juga tetracat yang dicampurkan dengan obat cacing.
  • Untuk usia kucing 12 sampai 14 minggu, biasanya dapat diberikan vaksin kucing dengan vaksin tricat ataupun tetracat yaitu diulang supaya tubuh pada kucing menjadi lebih kebal dari virus-virus yang mematikan.
  • Untuk usia kucing yang sudah 20 minggu, dapat diberikan vaksin rabies.
  • Sedangkan untuk kucing yang berusia sudah di atas 24 minggu, dapat diberikan vaksin kucing dengan vaksin tricat ataupun vaksin tetracat yang dicampurkan dengan vaksin rabies, vaksin tersebut untuk kucing yang sebelumnya belum pernah diberikan vaksin sama sekali semenjak lahir.

Mengenai harga sebuah vaksin kucing itu sendiri tentu tergantung dari jenis vaksin yang akan diberikan dan juga jenis kucing itu sendiri. Untuk harga vaksin kucingyang paling murah berkisar antara Rp 30 ribu itu untuk jenis vaksin rabies. Sedangkan untuk jenis vaksin yang ditawarkan paling mahal bisa mencapai hingga Rp 200 ribu untuk setiap sekali vaksin yaitu vaksin tetracat. Jadi kenalilah dulu jenis vaksin apa yang sedang dibutuhkan oleh kucing Anda, kemudian baru bisa untuk melakukan tindakan pemberian vaksin kepada kucing Anda.

Setelah Anda melakukan pemberian vaksin terhadap kucing Anda, sebaiknya dalam waktu 1 minggu jangan mandikan dulu kucing Anda tersebut. Jika selama 1-2 hari setelah proses vaksinasi, kucing Anda terlihat kurus, lesu, ataupun tidak memiliki nafsu makan, Anda tidak perlu khawatir akan hal itu, karena hal itu hanya merupakan efek biasa yang dialami pada kucing setelah proses pemberian vaksinasi. Anda hanya perlu memberikan makanan dan juga minuman yang cukup untuk kucing Anda tersebut, dan juga biarkan kucing Anda beristirahat dengan cukup di tempat yang hangat dan juga nyaman, jangan juga membawa pergi kucing Anda ke tempat yang jauh dalam waktu yang lama.

Harga Vaksin Kucing

Harga vaksin kucing bervariasi dan berbeda-beda tergantung dengan jenis vaksin apa yang kucing Anda butuhkan, seperti:

  • Vaksin tricat, harganya antara Rp 80 ribu hingga Rp 150 ribu tergantung merk dari vaksin itu.
  • Vaksin rabies, Rp 30 ribu hingga Rp 100 ribu.
  • Vaksin tetracat, Rp 170 sampai Rp 200 ribu.
harga Vaksin Kucing