Sugar glider merupakan salah satu satwa endemic yang berasal dari wilayah timur Indonesia, yakni Papua. Nama sugar glider diperoleh dari kegemarannya memakan makanan yang manis (sugar: gula, glider: pesawat ringan tanpa mesin). Memang hewan ini merupakan binatang pengerat dengan kemampuan yang unik, yakni bisa terbang. Karena memiliki semacam jubah yang dapat membuatnya melayang. Adapun untuk jenis dan harga sugar glider cukup bervariasi.

Sebagai perkenalan, hewan ini merupakan hewan marsupial yang berarti memiliki kantung, seperti kangguru atau koala. Sedangkan pada habitat aslinya, hewan ini merupakan hewan nocturnal yang berarti mencari mangsa atau pakan pada malam hari. Sehingga sugar glider adalah hewan marsupial-nocturnal. Bentuknya mirip dengan tupai namun ukurannya lebih kecil. Gigi dan kukunya juga cukup tajam karena ia merupakan hewan pengerat dan hidup dengan memanjat pepohonan.

Dari hari ke hari sugar glider sudah memiliki banyak peminat, karena hewan ini mungil dan tingkahnya menggemaskan. Jika kita sudah dapat bonding dengan hewan ini maka ia akan selalu menempel pada tubuh kita karena ia sudah mengenali bau kita seperti saudaranya sendiri. Hewan ini juga sering disebut dengan pocket pet karena ukurannya yang masuk ke kantong saku.

Tak hanya itu, sudah ada banyak komunitas pecinta sugar glider yang dapat kita temui di dunia maya maupun dunia nyata. Sehingga tak heran jika sugar glider sering diburu dan dikhawatirkan akan menjadi langka. Oleh karena itu jika berniat memeliharanya, kita harus bisa melestarikan nya juga. Berikut ini adalah jenis dan kisaran harga sugar glider:

  • Classic grey.
Harga Sugar Glider

Jenis sugar glider Classic Grey adalah yang paling sering ditemukan di Indonesia terutama di Papua. Ciri-ciri dari Classic Grey adalah tentu saja warna bulu abu-abu dengan sedikit corak garis hitam yang melintang di bagian kepala sampai ekor. Classic Grey juga dikenal lebih bersahabat jika dibandingkan dengan jenis sugar glider lainnya. Harganya pun cukup murah, sehingga banyak peminatnya. Hanya berkisar 100 hingga 250 ribu.

  • Albino.

Sesuai dengan namanya, sugar glider ini berwarna putih dengan warna mata yang merah karena tidak memiliki pigmen di tubuhnya. Jenis ini jarang ditemukan di pasaran dan harganya pun cukup mahal yakni antara 10 hingga 15 juta.

  • Leucistic.

Ciri-ciri sugar glider mirip dengan sugar glider Albino hanya saja warna matanya adalah hitam, sedangkan sugar glider Albino berwarna merah. Kisaran harganya hampir sama dengan sugar glider Albino.

  • White Face.
Harga Sugar Glider

Jenis sugar glider ini mirip sekali dengan Classic Grey hanya saja warna bulunya lebih terang daripada Classic Grey, serta bulu pada area wajah yang lebih cerah. Harga dari sugar glider ini antara 3 hingga 6 juta rupiah.

  • White tip.
Harga Sugar Glider

Mirip dengan Classic Grey juga hanya saja bagian ujung ekornya berwarna putih, sesuai dengan namanya. Harganya pun lebih mahal, yakni berkisar antara 5 hingga 8 juta rupiah.

  • Mosaic.

Jenis sugar glider yang sering diperjualbelikan adalah sugar glider Mosaic. Secara fisik, jenis ini seperti perpaduan antara jenis Leucistic dan White Face. Dengan warna dominan bulu berwarna putih keabu-abuan yang cerah dan menjadi salah satu jenis yang sering dipelihara, terutama di luar negeri. Harga sugar gliderMosaic berkisar antara 6 hingga 8 juta rupiah. Harga dari sugar glider yang terdapat di artikel ini tidaklah mutlak, dapat berubah-ubah sesuai kondisi pasar dan wilayah masing-masing.