Harga kucing munchkin di Indonesia cukuplah mahal dibangingkan dengan kucing ras lain, asalan utamanya adalah karena di Indonesia sangat sedikit sekali cattery yang mengembangkan kucing munchkin sehingga dengan demand yang cukup tinggi, supply tidak mumpuni maka teori ekonomi bekerja disini.

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada beberapa organisasi seperti CFA, ICA, FIFe yan mengeluarkan sertifikat trah ini. Kucing Munchkin sendiri adalah kucing yang memiliki ukuran sedang, persis sama ukurannya dengan indonesian domestik cat atau kucing kampung, ciri khas utama dari kucing munchkin adalah kakinya yang sangat pendek serta memiliki badan yang sangat gempal seperti halnya wels corgis dan juga dachshunds.

Trah ini sebenarnya merupakan idola banyak masyarakat indonesia, dan kami merangkum 7 fakta unik kucing munchkin :

  1. Mereka Pendek dan Manis
    Kamu tidak akan mendapatkan kegemasan yang sama ketika bermain dengan ras ini, jika dilihat sekilas, kelainan genetik pada kakinya justru membawanya kepada penampilan yang jauh lebih mempesona, kaki belakangnya lebih panjang dari kaki depan juga membuatnya terlihat lucu sedang berjalan
  2. Kucing Kontroversial
    Tahukah kamu bahwa ras ini sempat ditolak untuk dikembang biakkan karena dianggap mendukung memperbanyak ras dengan ciri cacat fisik, namun CFA pada tahun 1995 mendobrak hal tersebut dengan meregistrasi kucing ini, sehingga kini banyak organisasi yang mengakui trah ini.
  3. Mereka membutuhkan tempat yang sangat bersih
    Mereka adalah ras dengan cacat fisik pada gen dominan autosom, gen yang mempengaruhi tulang ini juga mempengaruhi bagaimana imun mereka bekerja, jadi trah ini sangat membutuhkan tempat yang bersih untuk singgah.
  4. Sejarah yang sangat panjang
    Kucing kaki pendek ini sangatlah populer pada tahun 1930an, tapi baru di registrasi pada tahun 1995, melewati beberapa perang yang justru mengakibatkan kepunahan, fakta unik adalah kucing yang sangat tidak dikembangkan malah berhasil selamat.
  5. Lompatan mereka sangat pendek
    Kucing sangatlah bergantung kepada kakinya untuk menghasilkan lompatan yang tinggi, kucing ras ini karena memiliki autosom yang kurang baik sehingga memiliki tulang yang pendek, sayangnya tulang mereka yang pendek tidak bisa menciptakan gaya pegas guna melompat sehingga lompatannya sangatlah pendek.
  6. Sangat suka di elus
    Mereka merupakan jenis yang sangat suka dielus dan dimanja, jika kamu tidak memiliki waktu yang banyak untuk bermain dan berbagi waktu, sepertinya trah ini bukanlah trah yang cocok untuk dijadikan peliharaan atau sahabat, karena yang dibutuhkan oleh trah ini sesungguhnya adalah waktu dan perhatian.
  7. Jika dilihat-lihat mereka seperti kelinci
    Kakinya yang pendek dan lebih panjang bagian belakang membuatnya sangat mirip seperti kelinci, sangat lucu dikarenakan kelinci merupakan hewan dengan paras paling lucu, di tambah dengan sikap kucing ini yang sangat menggemaskan, sehingga kombinasinya sangatlah menarik.

Selain karena faktor ekonomi, ke tujuh fakta diatas merupakan fakta yang sangat menarik, yang membuat harga kucing munchkin sekarang kian mahal dibandingkan dengan ras jenis lain di Indonesia.


Lokasi Beli Kucing Munchkin

Lokasi beli kucing munchkin bisa dibilang cukuplah sulit, hanya ada beberapa cattery saja yang sudah memiliki sertifikat untuk mengembang biakan trah ini, kamu bisa melakukan cek dan reviewnya melalui website langsung dari organisasi internasional seperti :

Melalui Caterry resmi kamu bisa mendapatkan kucing jenis ras ini, mungkin harga adopsinya cukup mahal, namun kamu akan puas karena secara genetik, ras yang dijual oleh cattery adalah ras resmi yang memiliki silsilah jelas dan tidak tercampur dengan ras lainnya.

Harga Kucing Munchkin Kitten

Kucing kitten memang biasanya memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kucing adult, hal tersebut sama halnya dengan trah munchkin ini, trah munchkin dengan segala kelucuan dan keanehan tubuhnya memiliki harga yang cukup tinggi di Indonesia.

Berikut adalah tabel Harga Kucing Munchkin Kitten

UmurJenis BuluPedigreeHarga
KittenExoticNon-PedRp4.000.000 – Rp7.000.000
KittenMediumNon-PedRp2.000.000 – Rp5.000.000
KittenLong-HairNon-PedRp3.000.000 – Rp6.000.000
KittenExoticPedigreeRp15.000.000 – Rp20.000.000
KittenMediumPedigreeRp10.000.000 – Rp13.000.000
KittenLong-HairPedigreeRp.13.000.000 – Rp17.000.000

Harga Kucing Munchkin Adult

Harga kucing munchkin adult memanglah tidak semahal yang kitten, namun ketika kamu mengadopsi adult, kamu harus menerima konskuensinya bahwa nantinya mereka akan sulit untuk menjalani perintah karena tidak dididik sejak masih kitten.

Berikut adalah tabel Harga Kucing Munchkin Adult

UmurJenis BuluPedigreeHarga
AdultExoticNon-PedRp3.000.000 – Rp6.000.000
AdultMediumNon-PedRp2.000.000 – Rp5.000.000
AdultLong-HairNon-PedRp3.000.000 – Rp6.000.000
AdultExoticPedigreeRp13.000.000 – Rp17.000.000
AdultMediumPedigreeRp9.000.000 – Rp12.000.000
AdultLong-HairPedigreeRp12.000.000 – Rp16.000.000

Selain umur, faktor lainnya yang dapat mempengaruhi harga kucing munchkin adalah kesehatan dan juga daya tarik sifatnya serta silsilahnya, kesehatan yang baik pastinya akan memakan harga adopsi yang cukup mahal, sedangkan silsilah yang jelas dan mempunyai keturunan juara dalam kontes juga bisa menaikan harga kucing hingga berkali-kali lipat.

Banyak faktor sebenarnya yang dapat mempengaruhi harga kucing, jadi kamu harus jeli ketika hendak membeli agar tidak ditipu atau bisa berkomunikasi dengan baik ketike berhadapan dengan cattery, sehingga bisa mendapatkan harga yang terbaik.

harga kucing munchkin

Video Lucu :